Makanan Pilihan Yang Kaya Akan Asam Folat


Jika Anda adalah pasangan suami yang sedang akan dikarunia buah hati. Dan sekarang masuk tahap kehamilan trimester pertama, seorang calon ibu pasti harus mengkonsumsi asam folat hingga akhir masa kandungan. saat hamil kamu akan disarankan oleh dokter untuk mengkonsumsi asupan asam folat sekitar lebih dari 400 (micrograms) mcd dalam sehari. Buat calon ibu yang belum tau asam folat, sedikit disini asam folat adalah pengembangan dari vitamin B yang mempunyai berbagai macam kelebihan yang akan dibahas di bawah.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa asam folat merupakan pengembangan dari vitamin B. Asam folat memiliki peran penting dalam memproduksi sel darah merah dan membantu tabung saraf bayi sang ibu yang berkembang ke otak dan sumsum tulang belakangnya. Dikutip dari sumber terpercaya, ahli gizi dan juga dokter. Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9.

Asam folat membantu tubuh melakukan banyak fungsi penting, termasuk biosintesis nukleotida dalam sel, sintesis dan perbaikan DNA, pembuatan sel darah merah dan pencegahan anemia.

Selain itu asam folat juga mendorong perkembangan Janin secara normal. Sebenarnya, asam folat kalsium, dan zat besi telah lama dianggap sebagai kandungan mujarab bagi kesehatan dan prenatal.

Kekurangan vitamin pada ibu hamil dapat memiliki dapat memiliki efek negatif yang signifikan terhadap perkembangan otak anak yang belum lahir. Dilansir dari situs babycenter beberapa orang memiliki variasi genetic yang dikenal sebagai mutasi metilenetetrahidrofolat. Reduktas (MTHFR)- yang membuatnya kesulitan dalam memproses asam folat pada tubuhnya.

Jika kamu bahwa kamu mengalami mutase ini, segera konsultasi dengan dokter untuk memastikan kamu tetap mendapatkan cukup asam folat. Ibu hamil yang menderita diabetes atau yang memakai obat antiseizure tertentu juga cenderung memiliki bayi dengan cacat tabung saraf. Jika anda calon ibu mengalami hal ini, segera konsul ke dokter sebelum mencoba berapa banyak asam folat yang harus anda minum. Asam folat juga terkandung di makanan yang bisa mudah anda temukan dan bisa dikonsumsi saat kehamilan. Makanan tersebut adalah.

Brokoli

Jika kamu yang sedang dalam masa kehamilan dan tidak menyukai sayuran yang satu ini, mulai sekarang cobalah untuk berlatih memakannya, karena brokoli mempunyai kandungan asam folat yang tinggi. Disarankan, menikmati brokoli untuk mentah atau dikukus dulu sebentar saja. Jika masih tidak termakan cobalah untuk memasukan nya di resep makanan yang kamu suka.

Buah Jeruk

Buah yang sangat mudah ditemukan ini bisa dibilang buah dengan kandungan asam folat yang sangat tinggi. Satu buah jeruk memiliki kandungan 50 mcg asam folat dan segelas juga buah jeruk tanpa air dan tambahan gula pastinya punya lebih banyak memiliki kandungan asam folat.

Bayam

Salah satu sayuran yang mempunyai banyak manfaat selain zat besi, pantaslah sedari kecil ibu kita tak jarang memberikan bayam yang sudah diolah menjadi lezat supaya bisa dimakan.

Selain zat besi bayam ternyata memiliki asam folat yang sangat baik untuk tubuh apalagi untuk bayi di kandungan ibu. Masaklah bayam untuk memenuhi kebutuhan anda.

Alpukat

Alpukat tak diragukan lagi sebagai sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil. Secangkir alpukat yang diiris mengandung 90mcg folat. Bukan hanya itu saja layaknya salmom, alpukat kaya akan akan asam lemak omega -3. Lemak sehat yang baik untuk jantung ibu dan perkembangan otaknya.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *