Perbedaan Teknik Informatika dan Manajemen Informatika

perbedaan-teknik-informatika-dan-manajemen-informatika
perbedaan-teknik-informatika-dan-manajemen-informatika

1. Teknik Informatika

Pada jurusan Teknik Informatika tentunya akan mempelajari tentang bagaimana mengembangkan computer vision, intelligence system, robotica, dan hal lainnya. Sehingga akan berkaitan dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang.

2. Manajemen Informatika

Untuk jurusan Manajemen Informatika nantinya akan mempelajari mengenai bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan melalui proses bisnis yang ada sekarang ini, sehingga suatu bisnis akan bisa dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.

Kelebihan Jurusan Manajemen Informatika

Jurusan ini pastinya memiliki kelebihan yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur atau patokan dalam memilih jurusan nantinya sebelum masa perkuliahan dimulai. Apa saja ya?

1. Jurusan ini tidak terlibat langsung pada hardware

Mahasiswa Manajemen Informatika nantinya justru akan terlibat lebih dalam pada bidang software daripada hardware. Meskipun demikian, ilmu pengetahuan tentang hardware juga wajib dikuasai meskipun hanya basicnya saja, untuk memudahkan sinkronisasi nantinya.

2. Tak berkutat dengan sistem, tapi juga belajar bisnis

Selain berbasis pada sistem yang berbasis komputer, jurusan yang satu ini juga sangat erat berhubungan dalam dunia bisnis dan manajemen. Maka dari itu, ilmu yang dimiliki jika akan kuliah di jurusan yang satu ini tentunya akan lebih kompleks, dan lengkap.

3. Belajar pula analis program

Tidak hanya membangun program, kuliah di jurusan Manajemen Informatika ini ternyata juga belajar dan fokus pada analisis program. Sehingga selain belajar teknik pemrograman, mahasiswa juga akan mempelajari analisis program sehingga membantu dalam memudahkan proses bisnis yang ada pada perusahaan tersebut.

4. Tidak hanya IPA, jurusan IPS juga bisa masuk jurusan ini

Kenyataannya, beberapa universitas masih memperbolehkan lulusan SMA IPS untuk bisa masuk ke jurusan Manajemen Informatika. Hal ini jelas berbeda dengan jurusan Teknik Informatika yang mengharuskan pendaftarnya dari lulusan SMA IPA.

5. Terdapat jenjang karier yang menggiurkan

Seiring dengan perkembangan zaman, yaitu di era digital, tentunya jurusan Manajemen Informatika menjadi salah satu jurusan yang dapat dikatakan populer dan menjadi primadona. Karena pada akhirnya nanti, perusahaan akan membutuhkan pengembangan sistem yang lebih efektif dan efisien, dan lulusan dari jurusan ini mampu mengakomodir hal tersebut.

Kekurangan Jurusan Manajemen Informatika

1. Ilmu teknik tidak terlalu mendalam

Sudah diketahui pada pembahasan di atas, bahwa Manajemen Informatika akan berfokus pada pengembangan dan segala yang berhubungan dan terkait dengan Sistem Informasi. Maka dari itu hal-hal yang berkaitan dengan teknik pemrograman justru menjadi fokus tambahan.

2. Tidak direkomendasikan untuk calon mahasiswa yang ingin menjadi programmer

Bila calon mahasiswa ingin bercita-cita menjadi seorang programmer maka lebih baik untuk memilih jurusan Teknik Informatika daripada Manajemen Informatika. Karena mata kuliah Manajemen Informatika rupanya tidak selalu berkaitan dengan programming.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *