10 EVENT BERTEMA ANIME YANG WAJIB KAMU DATANGI DI JEPANG

Jepang terkenal dengan industri anime yang terkenal di seluruh dunia. Karena itulah berbagai acara bertema anime sering diadakan. Acara ini adalah tempat bagi pecinta anime, manga, kolektor action figure, dan juga tempat berkumpulnya cosplayer dari Jepang dan luar Jepang. Acara ini juga dapat menarik wisatawan dari luar Jepang. Apa saja sih acaranya? Yuk lihat!

1. Tokyo Comic Con

Tokyo diyakini akan mengadakan Comic Con untuk pertama kalinya pada 2016. Acara ini, yang merupakan jembatan bagi komik Amerika dan Jepang, mampu menarik banyak pengunjung. Pada 2017, Tokyo Comic Con mengundang Stan Lee untuk hadir sebagai bintang tamu. Kehadiran Stan Lee membuat pencipta manga dari negeri Sakura sangat senang. Karena kebanyakan dari mereka mengidolakannya. Bahkan, Ryouma Tekuchi, yang memerankan Shinnosuke di Kamen Rider Drive, mengidolakan Stan Lee dan diberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab dengannya. Acara ini, yang diadakan setiap bulan Desember, diadakan di Makuhari Messe, Chiba. Tempat ini juga menyelenggarakan berbagai acara besar seperti Tokyo Game Show. Pada 2017, Tokyo Comic Con berhasil menarik lebih dari 50.000 pengunjung.

2. Jump Festa

Nama acara manga tahunan ini diambil dari majalah mingguan Shonen Jump yang diterbitkan oleh Shueisha Inc. Acara ini telah diselenggarakan sejak 1999 dan sejauh ini telah mampu menarik banyak pengunjung setiap tahun. Jump Festa adalah tempat untuk memperkenalkan film, manga, game, dan beberapa merchandise anime khas. Karena tiket masuknya gratis, tentu saja ini kabar baik bagi pecinta anime dan manga. Rangkaian acara Jump Festa tidak hanya ada di sana. Ada Super Stage Jump di mana acara ini adalah tempat bagi pencipta manga dan juga suara (pengisi suara) untuk berinteraksi dengan penggemar. Selain itu, ada Pulau Hiburan Jump sehingga penggemar dapat mengambil foto dengan karakter dari Shonen Jump seperti Luffy, Naruto, dan lainnya. Di sini, pengunjung juga dapat bermain video game. Jump Festa tidak selalu tentang Shonen Jump. Di Maker Booth, beberapa nama besar di dunia game dan mainan juga berpartisipasi seperti Capcom, Square Enix, Bandai, Warner Entertainment, dan Nintendo.

3. Comic Market (Comiket)

Acara ini, yang diadakan dua kali setahun di Tokyo Big Sight, adalah salah satu acara terbesar bagi pecinta anime dan manga. Komite Pasar Komik sebagai panitia juga sangat terbuka untuk pencipta novel dan manga doujinshi untuk memamerkan karya mereka. Karena tiket masuknya gratis, jangan heran jika acara ini mampu menarik 500.000 pengunjung, termasuk para gadis. Selain manga, acara ini juga menghadirkan stan untuk pecinta video game, tokoh aksi, dan pemburu barang dagangan.

4. Wonder Festival

WonFes adalah program yang sempurna untuk penggemar action figure bertema anime. Acara, yang diadakan setiap musim panas dan musim dingin, juga merupakan tempat bagi para cosplayer untuk memamerkan kostum unik mereka. WonFes Biasanya dibagi menjadi dua zona, pencipta independen dan pemukul industri. Bagi para hipster, pembuat zona bebas adalah tempat yang tepat bagi Anda yang penasaran dengan tokoh aksi anti-arus utama. Di sini Anda juga bisa mengobrol dengan sang pembuat juga lho. Sayangnya, acara ini hanya berlangsung setiap hari. Tiketnya juga agak mahal di ¥ 2.500 (sekitar Rp325.000). Dapatkan informasi lengkap atau beli tiket untuk acara ini, Anda dapat mengunjungi situs web resmi.

5. Nipponbashi Street Festa

Nipponbashi Street Festa adalah salah satu acara yang mewakili budaya otaku di Jepang. Acara yang diadakan di Osaka adalah acara tahunan terbesar yang pernah diadakan di daerah Kansai. Selama satu hari di bulan Maret, jalan-jalan di daerah Den-Den City akan ditutup dan diubah menjadi tempat berkumpul bagi para cosplayer dan pecinta manga dan anime. Kota Den-Den mirip dengan Akihabara di Tokyo. Acara, yang telah diadakan sejak 2005, terbuka untuk umum dan tiket masuk gratis. Tidak heran setiap tahun 250.000 pengunjung akan membanjiri Kota Den-Den. Nipponbashi Street Festa juga menghadirkan berbagai stan seperti barang dagangan dan makanan.

6. Anime Japan

Penggemar anime Jepang terbesar sebagai acara anime terbesar di dunia. Meskipun baru dimulai pada tahun 2014, Anime Jepang mampu menarik pengunjung hingga 100.000 orang. Dengan menjalankan misi “All about anime is here”, Anime Jepang tidak mau kalah dengan acara serupa lainnya. Anime Jepang mempercayakan Tokyo Big Sight sebagai venue. Anime Jepang dihadiri oleh berbagai studio anime terkenal seperti Aniplex, Bandai Visual, Production I.G., Sunrise, Tezuka Productions, Toei Animation, dan juga penerbit manga seperti Kadokawa, Shogakukan, Shueisha, dan juga Kodansha. Selain itu, ada berbagai stan seperti makanan dan barang dagangan. Selain itu, pada acara ini ada juga Family Anime Festival, lokakarya, serta pertunjukan panggung dari band dan cosplayer.

7. Toyako Manga Anime Festa

Berlokasi di pantai, acara ini tentu berbeda dengan acara lainnya. Pemandian Air Panas Toyako, Hokkaido, diubah menjadi tempat yang dapat memikat penggemar anime dan manga. Hokkaido adalah satu-satunya area yang menyelenggarakan acara anime yang sebagian besar di luar ruangan. Tidak heran acara ini diadakan pada bulan Juni, yang merupakan puncak musim panas di Jepang. Acara ini menghadirkan mangaka, seniman anisong, dan juga suara dari berbagai judul. Fans juga dimanjakan dengan parade cosplay dan pertunjukan panggung. Selain itu, ada outlet makanan untuk para pemburu kuliner, barang dagangan untuk oleh-oleh, dan doujinshi bagi mereka yang menyukai karya indie. Toyako Manga Anime Festa juga menghadirkan pameran itasha, sebuah mobil yang menghadirkan karakter anime.

8. World Cosplay Summit

Acara cosplay terbesar di dunia yang diadakan di Nagoya benar-benar berbeda dari acara lainnya. Semua cosplayer yang dipilih dari berbagai negara akan bersaing dalam acara yang dimulai pada tahun 2003. Bahkan, acara ini mendapat dukungan dari Kementerian Luar Negeri Jepang, Kementerian Pertahanan, Kementerian Infrastruktur dan Transportasi, dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri . Selain kompetisi, WCS juga menjadi tempat bagi cosplayer lain untuk memamerkan kostum mereka.

9. Kyoto International Anime Manga Fair

Acara dua hari adalah salah satu acara terbesar yang diadakan di Kyoto. Terletak di Miyako Messe, KYOMAF adalah tempat untuk memamerkan sampel manga dan anime terbaru dan mainan prototipe yang akan dirilis. Acara panggung juga menampilkan bintang tamu seperti sutradara anime, pencipta manga, dan pengisi suara. Seperti acara lainnya, KYOMAF juga menghadirkan berbagai stan seperti makanan dan barang dagangan. Salah satu stan yang menarik adalah Chara Café di mana Anda dapat menikmati makanan barat bergaya Jepang. Karena terletak di Museum Manga Internasional Kyoto, acara ini juga cocok untuk dikunjungi anak-anak sambil melihat karya seniman manga dari Kyoto serta manga dan anime legendaris yang telah hadir di Jepang.

10. Animate Girls Festival

Acara pertama yang diadakan pada tahun 2010 adalah menargetkan otaku perempuan. Namun, bukan berarti acara ini ditutup untuk anak laki-laki. AGF mampu menarik 85.000 pengunjung wanita pada 2017. Diadakan di distrik Ikeburo, acara ini menghadirkan stan seperti barang dagangan, manga, dan permainan. Namun, Anda perlu mengingat karena targetnya adalah para gadis, beberapa genre yang dihadirkan adalah Yaoi. Penyelenggara AGF juga bekerja sama dengan toko-toko lokal di sekitar lokasi untuk menjual barang dagangan dan juga makanan spesial Ikeburo. AGF biasanya diadakan setiap bulan November.

Untuk informasi terkait lainnya, silahkan kunjungi jalan jalan ke Jepang murah

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *