10 Macam Alat Kesehatan & Fungsinya

10 macam alat kesehatan dan fungsinya

10 alat kesehatan dan fungsinya – Alat kesehatan atau alat medis merupakan salah satu sarana pusat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan klinik yang tidak dapat terpisahkan. Bahkan alat kesehatan memberikan peranan sangat penting untuk kesembuhan pasien yang sakit. Nah, tahkah anda, apa saja alat – alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit ?

10 Macam Alat Kesehatan Dan Fungsinya

1# Infus Set

Ketika seorang pasien dirawat di rumah sakit atau klinik, selalu akan dipasang infus untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh pasien baik berupa obat ataupun cairan elektrolit. Alat yang digunakan untuk memasukkan cairan infus tersebut dinamakan infus set.

2# Stetoskop

Tentu anda akan mengetahui seorang dokter mengenakan kalung di lehernya yang digunakan untuk memeriksa pasien. Bahkan kita identikkan seorang yang menggunakan alat ini dipanggil dokter. Itulah stetoskop, yaitu alat akustik yang digunakan dokter saat pemeriksaan awal untuk mendengarkan detak jantung dan suara yang terdapat di dalam tubuh.

3# Alat Suntik

Dalam bahasa medis disebut dengan syringe disposable. Yaitu alat kesehatan yang digunakan untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh darah. Alat ini dilengkapi dengan jarum untuk dapat menembus kulit dan sampai pada pembuluh darah.

4# Sarung Tangan

Sarung tangan karet termasuk alat kesehatan yang sering digunakan oleh tenaga medis ketika memeriksa pasien, mengambil sample darah pasien, dan juga melakukan tindakan operasi serta yang lainnya.

5# Tabung Oksigen

Alat Oksigenasi merupakan salah satu jenis alat Emergency yang terdapat di rumah sakit. Salah satu alat oksigenasi yaitu tabung oksigen yang berfungsi untuk menyimpan oksigen untuk kebutuhan pasien yang membutuhkan.

6# Defibrillator

Tahukah anda apa itu defibrillator ? Defibrillator adalah sebuah alat medis yang berfungsi untuk mengembalikan aritma jantung saat terjadi fibrilasi ventrikel. Yaitu kondisi dimana jantung berdetak cepat dan acak, sehingga tidak dapat memompa darah.

7# Pasien monitor

Alat ini biasanya terdapat di ruang ICU atau NICU dimana kondisi kesehatan seorang pasien harus diawasi dengan ketat. Oleh sebab itu alat ini digunakan,  pasien monitor adalah sebuah monitor yang dapat menampilkan parameter kesehatan pasien secara real time.

8# Mesin Anestesi

Seseorang yang pernah menjalani operasi besar tentu pernah melihat alat ini. Mesin Anestesi adalah alat kesehatan yang digunakan untuk menghilangkan kesadaran pasien ketika akan menjalani operasi / pembedahan.

9# Tongue Spatel

Diberi nama tongue yaitu ada hubunganya dengan lidah. Alat ini berfungsi untuk menekan lidah ketika dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap mulut pasien atau laring.

10# Lampu Periksa

Sebetulnya mirip dengan lampu biasa, hanya saja terdapat beberapa mekanisme khusus yang berfungsi untuk mempermudah penggunaan. Lampu periksa berfungsi untuk memberikan penerangan ketika dokter sedang memeriksa bagian tubuh pasien.

Itulah 10 alat kesehatan dan fungsi yang bisa kami kemukakan di kesempatan kali ini. Tentunya masih ada ratusan hingga ribuan alat kesehatan lainnya yang bisa kita temukan di rumah sakit dan klinik. Dan untuk anda yang kebetulan sedang membutuhkan alat kesehatan untuk kebutuhan rumah sakit dan klinik, anda bisa mencari produknya di toko atau distributor alat keseatan online, silahkan akses www.gloryamedica.com

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *