3 Jenis SEO dan Cara Kerjanya

Bagi para pebisnis yang menggunakan website sebagai alat periklanan online, perlu mengetahui apa itu teknik SEO. Ada 3 jenis SEO yang sangat bermanfaat untuk strategi pencarian organik yang sukses dan penentuan posisi situs web di mesin pencari. Ketiganya adalah SEO on-page (on-page), SEO teknis (technical), dan SEO off-page (off-page).

Anda harus terlebih dahulu memahami banyak jenis SEO sebelum menggunakan atau menerapkan berbagai teknik SEO di website bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan organisasi dan pelaksanaan rencana pengoptimalan situs web Anda, menerapkan strategi pemasaran digital, dan yang terpenting, membuat situs web Anda mudah ditemukan oleh pelanggan.

3 Jenis SEO dan Cara Kerjanya

Anda dapat melihat penjelasan dari ketiganya dan mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja SEO di artikel ini. Anda juga akan mengetahui mengapa SEO sangat penting untuk strategi pemasaran digital dan Anda juga akan menemukan jenis alat atau alat SEO yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja situs web untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

1. SEO On Page

SEO on page, atau SEO di halaman situs web itu, terkait dengan konten yang Anda buat. Ini termasuk strategi apa yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan setiap halaman.

Semua faktor SEO pada halaman akan membantu mesin pencari merayapi topik konten di situs web Anda. Kemudian jadikan website Anda sebagai sumber informasi yang berharga untuk mendapatkan banyak pengunjung untuk berkunjung. Dalam hal ini tentu saja traffic website meningkat.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi SEO On Page Antara lain:

  • Riset kata kunci.

Anda perlu menemukan kata kunci terbaik untuk ditargetkan pada halaman konten situs web. Untuk melakukan ini, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana melakukan penelitian kata kunci, menggunakan kata kunci ekor pendek dan panjang, dan menggunakan alat penelitian kata kunci.

  • Buat konten.

Pastikan Anda hanya mempublikasikan konten berkualitas tinggi dan SEO friendly dengan fokus utama pada kata kunci yang ditargetkan.

  • Optimasi kata kunci

Mereka menempatkan semua kata kunci yang ditargetkan dalam satu bagian strategis dan juga menggunakan tag meta SEO terbaik

2. SEO Teknis

Dalam jenis SEO teknis ini, hubungannya dengan elemen non-konten di situs web. Ini mencakup berbagai strategi yang dapat memperkuat pondasi dan struktur situs. Dengan memaksimalkan SEO teknis, keterbacaan situs web bahkan lebih tinggi saat merayapi mesin pencari.

Mengapa penting untuk dijelajahi oleh robot mesin pencari? Karena itu berarti keterbacaan situs web Anda dapat dinilai baik. Hal ini tentunya akan mampu memberikan user experience yang baik bagi para penontonnya juga. Karena pengalaman pengguna yang baik sangat penting dan memiliki pengaruh kuat pada semua lalu lintas dan keterlibatan web.

Berbagai jenis SEO yang termasuk dalam kategori ini berkaitan dengan kecepatan situs web, ramah seluler atau tidak, pengindeksan, bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman pertama Google, data terstruktur, arsitektur situs web, dan keamanan.

Cara termudah untuk memeriksa cara kerja SEO teknis ini adalah dengan menggunakan alat audit SEO. Biasanya Anda tinggal memasukkan link situs Anda. Anda kemudian akan menerima laporan lengkap tentang status elemen teknis situs web Anda. Bahkan, Anda bisa mendapatkan petunjuk lengkap tentang cara mengatasi masalah yang ditemukan.

3. SEO Off Page

SEO Off-page membantu situs web Anda mengarahkan pengunjung ke situs web lain dengan menyediakan tautan yang relevan dan meningkatkan penjualan. Dalam hal ini juga termasuk strategi untuk membangun reputasi dan otoritas situs.

Menerapkan teknik SEO off page yang baik juga menjadi faktor penentu peringkat halaman Google. Pada saat yang sama, ini dapat membantu mesin pencari dalam menentukan apakah situs web yang Anda lihat memiliki tingkat konversi yang optimal atau tidak. Karena ada banyak situs web terkemuka lainnya yang menautkan ke situs web Anda. Yang mengatakan, situs web perusahaan Anda juga dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

Secara umum, SEO off page selalu dikaitkan dengan backlink terbaik. Anda mungkin bertanya-tanya apa Manfaat backlink ini? Pada dasarnya, Anda perlu memastikan bahwa sebagian besar tautan atau tautan balik yang mengarah ke situs Anda berasal dari situs otoritatif yang relevan dan, jika memungkinkan, adalah tautan balik dofollow. Ini adalah bagaimana Anda dapat mengelabui mesin telusur agar percaya bahwa situs Anda berguna, dapat dipercaya, dan informatif bagi pengguna. Ada banyak cara untuk membangun reputasi situs seperti yang dikutip oleh situs Dooplan, misalnya menggunakan taktik posting tamu atau dengan menerapkan strategi Cara link building yang berkualitas. / Dy

Baca Juga: Berikut Adalah 6 Faktor yang Mempengaruhi Bounce Rate

Ayo Berbagi Tips