5 Es Khas Nusantara Penghilang Dahaga

Negara Indonesia merupakan negara yang berada di belahan bumi bagian tengah. Wilayah Indonesia tersebut berada di wilayah equator atau khatulistiwa yang memiliki iklim tropis dengan suhu rata rata antara 200 C hingga 300 C. Sehingga suhu udara di wilayah Indonesia cenderung hangat hingga panas untuk musim kemarau.

Sebagian besar masyarakat yang beraktivitas di wilayah tropis, apalagi ketika musim kemarau, akan lebih mudah haus hingga mengalami dehidrasi karena tingginya suhu udara. Ketika aktivitas padat dan cuaca terik, sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air yang cukup untuk menyeimbangkan suhu dan cairan dalam tubuh. Konsumsi air yang dianjurkan adalah air yang dingin sehingga suhu tubuh tetap terjaga.

Selain dengan minum air putih yang dingin, biasanya orang-orang meminum es untuk menghilangkan haus dikala cuaca terik. Es yang umum diminum biasanya es teh, es jeruk, ataupun softdrink. Terlebih lagi saat ini sudah banyak tempat jual mesin pendingin yang bisa menjaga suhu dingin minuman sehingga lebih efisien di tengah cuaca yang terik.

Selain jenis minuman tersebut, sebenarnya masyarakat Indonesia juga cukup kreatif untuk membuat berbagai varian es yang enak dan segar. Berikut ini adalah beberapa es tradisional dari Indonesia yang menyegarkan:

Es Dawet

Es dawet merupakan jenis minuman yang banyak tersebar di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Es dawet memakai bahan dawet sebagai bahan utamanya. Dawet sendiri terbuat dari tepung beras ataupun tepung ketan. Penyajian es dawet adalah dicampurkan dengan gula merah cair, santan, dan tentunya es baik es batu maupun es serut. Es dawet mempunyai rasa yang manis-gurih dan menyegarkan.

Es Cendol

Sekilas mirip dengan es dawet, namun es cendol pada dasarnya berbeda dari es dawet. Minuman yang menyegarkan ini berasal dari wiloayah Sunda. Es cendol hampir sama dengan dawet memakai cendol sebagai bahan utamanya. Cendol walaupun terlihat mirip dengan dawet, namun memiliki bahan dasar yang berbeda. Bahan dasar dari cendol adalah tepung hunkwe. Untuk penyajiannya, es cendol sama seperti penyajian es dawet yang menggunakan es, gula merah cair, dan santan.

Es Tebu

Minuman ini merupakan salah satu minuman yang khas Nusantara. Es tebu terbuat dari tebu yang diekstrak dan dipres untuk diambil sarinya. Sari dari tebu ini ditambahkan es sehingga menjadi es sari tebu. Es sari tebu memiliki banyak manfaat diantara membantu untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit hingga mengurangi dehidrasi. Es Sari Tebu ini mempunyai rasa yang manis alami dari sari tebu itu sendiri.

Es Lahang

Lahang merupakan minuman segar khas Nusantara karena bisa ditemukan hampir di semua wilayah Indonesia. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lahang mempunyai kualitas yang sama dengan minuman isotonik. Minuman tradisional Nusantara ini terbuat dari nira, yaitu air hasil dari sadapan pohon aren. Penyadapan air aren ini tidak bisa sembarangan karena bila salah air yang dihasilkan bukan nira namun bisa menjadi cuka atau tuak. Penyajian es lahang biasanya cukup dengan menambahkan es pada air nira tersebut. Lahang sendiri tanpa ditambahkan es sudah cukup menyegarkan. Lahang memiliki cita rasa yang manis dan segar.

Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan minuman menyegarkan khas dari kota Jakarta. Es selendang mayang seperti es pada umumnya mempunyai rasa yang manis dan tentunya menyegarkan. Dalam penyajiannya es selendang mayang memadukan es batu ditambahkan dengan kue kenyal yang berwarna-warni yang terbuat dari tepung hunkwe. Selanjutnya ditambahkan santan dan sirup gula yang manis.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *