5 Hal Penting dalam Menulis Artikel Konten Berita yang Menarik

Menulis artikel konten berita berbeda dengan menulis artikel konten lain. Artikel berita menyajikan informasi dengan fakta dan data yang mudah dipahami. Berikut beberapa hal penting dalam menulis artikel berita.

1. Judul yang Menarik

Ada ribuan artikel berita yang terbit setiap hari. Dengan memasukkan keyword tertentu di halaman pencarian, akan muncul judul artikel yang hampir sama. Pembaca akan memilih judul artikel yang menarik.

Sebagus apapun artikel, kalau judulnya tidak menarik maka pembaca akan melewatkan begitu saja. Judul yang menarik yaitu berisi kalimat penawaran, manfaat, dan membangkitkan perasaan pembaca. Tentu saja isi artikel harus sesuai dengan judul, jangan membohongi pembaca dengan judul yang bombastis.

2. Topik dan Tema Sedang Hangat Dibicarakan

Tidak sulit untuk menemukan topik yang sedang hangat dibicarakan. Penentuan topik dan tema bisa dilakukan dengan riset. Riset bisa dilakukan dengan menggunakan Google Trends, media sosial, situs berita terpercaya, dan lainnya.

3. Menggunakan Pedoman 5W+1H

Penulisan artikel berita tidak bisa sembarangan, tidak boleh mengarang atau membuat berita palsu. Isi artikel yang ditulis harus sesuai fakta yang ada. Gunakan pedoman 5W+1H, yaitu who, what, where, why, when, dan how dalam menulis artikel berita.

4. Didukung dengan Data Informasi Terpercaya

Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan riset. Ketiga cara ini saling melengkapi untuk memperoleh data informasi yang valid. Semua informasi baik data utama maupun tambahan secara lengkap dituangkan dalam artikel berita sehingga memberikan kualitas isi kepada pembaca.

5. Gaya Bahasa

Secara umum orang lebih tertarik dengan konten yang dibuat dengan gaya bahasa yang ringan. Artikel seperti ini juga mudah dimengerti dan dicerna. Tentunya, gaya bahasa artikel berita juga dipengaruhi oleh target pembaca.

Nah, tips artikel konten berita tersebut terlihat mudah untuk dilakukan. Butuh latihan secara konsisten untuk menghasilkan artikel yang menarik dan berkualitas. Untuk memenuhi konten berita, pemilik blog atau website berita bisa menggunakan jasa penulis artikel berita. Berita yang ditulis biasanya menggunakan bahasa semi formal dan mampu menarik banyak pembaca.  

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *