5 Langkah Memulai Blog Niche

langkah sukses blogging adalah blog yang terlalu fokus terhadap suatu topik. dengan kata lain, seluruh konten yang diterbitkan terhadap blog niche secara langsung mengenai bersama topik khusus yang udah dipilih.

Blog niche merupakan langkah blogger menarik pembaca, beroleh penghasilan, serta membangun kredibilitas di blogosphere.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengawali blog niche Anda sendiri.

  1. Pilih topik yang Anda sukai.

Seorang blogger niche perlu menulis mengenai topik yang khusus. Itu berarti Anda perlu punyai gairah dan pemahaman terhadap topik tersebut.

Meskipun tetap dimungkinkan untuk sesekali mengangkat topik yang lebih luas, pembaca setia bakal berkunjung ke blog Anda untuk membaca niche khusus yang udah Anda pilih.

Untuk jadi sukses, seorang blogger perlu memberi tambahan apa yang dicari pembaca. Menyimpang terlalu jauh berasal dari niche cuma bakal membawa dampak pembaca mencari daerah lain yang mampu memenuhi kebutuhan mereka.

  1. Pilih topik yang Anda kuasai dan bersedia untuk konsisten memperdalamnya.

Agar sukses dan tidak kehabisan bahan tulisan, blogger niche perlu paham banyak mengenai topik yang mereka pilih.

Tidak cuma itu, di dunia yang cepat beralih ini, isu aktual atas suatu niche kemungkinan saja termasuk ikut berubah.

Itu sebab, tak sekedar punyai pengetahuan, seorang blogger niche termasuk perlu nikmati dan bersedia memperdalam pengetahuannya.

  1. Pilih topik sempit dan tetap fokus.

Niche berarti fokus. Itu berarti Anda perlu memilih topik khusus dan tetap berpegang terhadap itu, agar mampu memposisikan blog Anda sebagai blog niche yang sesungguhnya.

Sebagai contoh, alih-alih blogging mengenai topik yang luas seperti mobil, Anda mampu memilih topik niche seperti mobil Ford Mustang.

  1. Waspadalah terhadap pergantian tren.

Jika dambakan membawa dampak blog yang sukses didalam jangka panjang, Anda pasti tidak dambakan memilih topik yang ‘hot’ hari ini namun tiba-tiba menghilang lusa.

Misalnya, memilih menulis blog niche mengenai acara televisi khusus sekilas nampak masuk akal. Namun, apa yang berjalan jika acara tersebut tiba-tiba berhenti tayang?

Kemungkinan besar, pembaca lama-kelamaan bakal menyusut dan selanjutnya blog pun mati.

Jadi pastikan memilih niche yang ‘evergreen’ atau tahan lama.

  1. Melakukan penelitian kata kunci dan memilih ‘long tail keyword’.

‘Long tail search engine optimization’ terjalin bersama mengfungsikan kata kunci yang terlalu khusus untuk menjaring pembaca yang tertarget.

Akan cukup sukar bersaing bersama blog besar dan situs situs bersama modal besar. Kesulitan ini bakal meliputi kuantitas posting serta upaya optimasi mesin pencari.

Sebagai contoh, bakal cukup sukar bersaing bersama situs besar untuk kata kunci (keyword) lazim seperti ‘kesehatan’.

Namun, jika Anda memilih frase kata kunci yang terlalu bertarget yang erat kaitannya bersama konten niche blog Anda, seperti ‘kesehatan ibu hamil’, maka persaingan bakal lebih longgar dan Anda mampu menarik pengunjung yang tertarget.

Itu sebab, luangkan saat untuk melakukan penelitian kata kunci dan mengoptimalkan konten blog Anda cocok kata kunci yang Anda pilih.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *