5 Masjid Tertua Di Dunia Yang Memukau

Buat kamu yang belum tahu masjid tertua di dunia maka pada artikel singkat ini akan kami sampaikan ulasan tentang masjid tertua di dunia.

Masjid adalah tempat ibadah bagi umat Islam. Selain itu, masjid juga merupakan pusat dari komunitas kehidupan Muslim, kegiatan hari raya Islam, studi agama Islam, ceramah, dan mempelajari Al-Quran sering dilakukan di masjid.

Bahkan dalam sejarah Islam, masjid memainkan peran penting dalam militer sosial, ekonomi dan bahkan. Anda bisa mengatakan masjid merupakan salah satu pilar utama Muslim menyebarkan pemahaman tentang Islam.

Sekarang, masjid ini banyak berdiri di banyak negara, terutama penduduk Muslim sebagai mayortitas contohnya di Indonesia. Nah, jutaan masjid di dunia, di sini adalah 5 masjid tertua di dunia. Ingin tahu? review berikut nya.

  • Masjid Quba

Masjid Quba memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi bagi umat Islam di seluruh dunia, karena masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad pada tahun 1 AH (622 AD).

Lokasi yang tepat terletak tenggara dari diarah 5 km dari kota Madinah. Masjid ini dibangun dengan bahan sederhana. Tapi dengan waktu seiringnya, masjid yang sama yang telah mengalami berbagai renovasi di Kerajaan Arab Saudi.

Berdasarkan buku “Sejarah Madinah Munawwarah” ditulis oleh Dr.Muhammad Ilyas Abdul Ghani, masjid menjalani renovasi besar pada tahun 1986. Anda bisa mengatakan Masjid Quba merupakan masjid tertua di dunia, sejak dibangun pada awal peradaban Islam.

  • Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan masjid tertua di dunia yang juga dibangun oleh Nabi S.A.W setelah Masjid Quba. Selain itu, masjid Nabawi juga merupakan masjid penting di kota Madinah di Arab Saudi.

Masjid Nabawi juga merupakan masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram Mekah. Selain masjid adalah makam Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

Lokasi ini tanggal masjid sekali ruang pengeringan milik dua bersaudara yatim piatu know Sahl dan ‘Amr bin Suhail yang kemudian dibeli oleh Nabi S.A.W membangun sebuah masjid dan tempat tinggal.

  • Masjid al-Qiblatain

Masjid ini juga terletak di kota Madinah adalah salah satu masjid tertua di dunia. Di masjid ini, juga, wahyu yang memerintahkan Nabi S.A.W untuk mengubah arah kiblat di Mekah, yang sebelumnya di Masjid Al-Aqsha, Jerusalem (Palestina).

Arti adalah sebuah masjid yang disebut Masjid Qiblatain dua kiblat, tapi sebelumnya masjid ini disebut Masjid Bani Salamah, karena dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Masjid ini berdiri di atas sebuah bukit kecil di utara Wabrah Harrah, Madinah. Pada jaman dulu tentu masjid masihlah belum modern, belum ada jam masjid digital, belum ada perlengkapan listriknya. Namun sekarang tentu berbeda.

  • Masjid Jawatha

Masjid ini terletak di desa Al-Kilabiyah, hanya 12 km Hofuf utara-timur, Al-Ahsa, Arab Saudi. Masjid Jawatha adalah masjid pertama yang dibangun di Provinsi Timur di Arab Saudi

Masjid ini dibangun dalam gerakan oleh 7 suku yang tinggal Bani Qais Abdul Settle itu. Hari ini, sebagian besar struktur bangunan hanya dalam reruntuhan, tapi masih digunakan oleh beberapa orang.

  • Masjid al-Haram

Masjid Agung merupakan masjid terbesar di dunia. Masjid ini telah direnovasi beberapa kali dan konstruksi tambahan. Selain masjid dianggap masjid paling suci di dunia, karena di sini ada Ka’bah adalah kiblat umat Islam di seluruh dunia.

Muslim percaya dan yakin bahwa Ka’bah adalah bangunan pertama yang dibangun di atas tanah ini dengan Adam, dilanjutkan dengan Abraham dan satu oleh Nabi Muhammad S.A.W.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *