Alasan Menggunakan Motion Graphic di Era Digital

Pernah nggak melihat video yang disajikan dengan gambar atau huruf bergerak? Biasanya video seperti itu bisa membuat tema serius jadi lebih menarik.

Salah satu jenis yang biasa memakai teknik itu adalah motion graphic

Kini kamu bisa melihat motion graphic dengan mudah, salah satunya di dalam video di kereta, sebelum penayangan film di bioskop dan lainnya.

Sebenarnya, apa itu motion graphic?

Motion graphic adalah rangkaian desain dengan basis media visual dan mencantumkan berbagai komponen di dalamnya, seperti tipografi, ilustrasi, dan banyak efek visual atau efek suara.

Biasanya motion graphic digunakan untuk memberikan informasi dengan cara penyampaian yang unik, mudah dimengerti dan tidak cepat bosan. 

Tak heran kini banyak sekali orang yang tertarik untuk mempelajari cara membuat motion graphic, baik yang basic hingga yang profesional sekalipun.

Alasan Menggunakan Motion Graphic

Dengan munculnya berbagai motion graphic, tentunya cara berkomunikasi jauh lebih unik dan tidak membosankan. Motion graphic ini menggabungkan komunikasi visual dengan penceritaan melalui gerak dan juga suara. 

Apakah motion graphic sama dengan animasi kartun? Bisa dibilang motion graphic adalah video yang dianimasikan dan biasanya bisa berbentuk animasi 2D, 3D dan juga GIF. 

Saat ini banyak sekali motion graphic yang diambil dari gaya animasi 2D minimalis dengan paduan warna menarik.

Oleh karena itu, kini banyak orang yang menggunakannya untuk company profile agar terlihat menarik. Tak hanya itu, banyak youtubers juga menggunakannya untuk thumbnail yang lebih menarik.

Berikut alasan mengapa kamu harus menggunakan motion graphic:

  • Kemungkinan Tak Terbatas: Motion Graphic memiliki kemungkinan yang tak terbatas dan cocok bagi kamu yang memiliki kreativitas tinggi. Dengan bantuan animasi, maka kamu bisa membuat hewan berbicara, gedung perkotaan berubah bentuk, tanaman menari-nari dan juga kemungkinan naratif lainnya. Motion graphic akan membuat hal yang sepertinya tidak mungkin menjadi mungkin.
  • Mudah Diingat: Saking beragamnya motion graphics, kamu bisa menyajikannya dengan banyak gaya. Misalnya kamu bisa mengambil desain yang sederhana sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah diingat. Dengan desain yang sederhana, maka kamu bisa menyajikan data yang rumit menjadi lebih mudah dimengerti.
  • Biaya yang Efisien: Berbeda dengan video live action, video dengan motion graphic jauh lebih murah. Dari segi teknisnya saja, live action video membutuhkan sumber daya dan peralatan yang banyak sedangkan motion graphics bisa dikerjakan di dalam ruangan.
  • Fleksibel: Berbeda dengan gambar film yang tidak bisa diubah-ubah kecuali warnanya, aset motion graphic dibuat dari 0 dan bisa diubah dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Biasanya kemudahan ini sangat berguna untuk rebranding atau membuat marketing kit yang dibutuhkan.
  • Efektif: Motion graphic dibuat dengan durasi 30 detik hingga 3 menit. Biasanya hasilnya dipasang di sosial media. Terbukti bahwa kamu menggunakan video motion graphic, maka brand awareness bisa lebih ditingkatkan. 

Cara Membuat Motion Graphic untuk Pemula

Tidak ada kata telat untuk mempelajari hal baru seperti motion graphic. Bagi kamu yang ingin belajar cara membuat motion graphic, kamu bisa melihat berbagai caranya di youtube atau website.

Banyak orang yang berbagi cara membuat motion graphic untuk pemula. Bagi kamu yang ingin belajar cara membuat motion graphic dengan Adobe After Effects, kamu bisa mengunjungi website kreativv ID. 

Tunggu apa lagi? Mulai belajar motion graphic dan hasilkan video yang lebih unik dan mudah dimengerti.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *