Beberapa Tips Belanja Online Supaya Aman Dan Tidak Tertipu

Perkembangan teknologi dan informasi di era sekarang ini semakin maju saja. Sekarang kamu tidak perlu ke luar rumah mendatangi toko untuk berbelanja. Untuk membeli barang yang diinginkan, kamu cukup dengan bermodalkan internet saja dan bisa langsung berbelanja di online shop. Dengan belanja online ini maka kamu akan dapat menghemat waktu dan juga tenaga. Jika kamu seseorang yang sibuk bekerja maka kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan sambil bekerja. Tetapi tidak hanya itu saja kelebihannya karena adanya beberapa online shop yang seringkali menawarkan barang dengan harga yang terjangkau dan juga bebas ongkos kirim. Dengan segala kemudahan tersebut sehingga tidak heran jika banyaknya orang yang lebih memilih membeli barang yang diinginkannya di online shop.

Tetapi sayangnya adanya beberapa online shop yang memiliki sisi negatif. Karena adanya online shop yang menjual barang yang tidak sesuai dengan gambarnya. Sebagai contoh mungkin saja warna barang yang dijual lebih gelap dari tampilan yang ada didalam gambar. Kasus seperti ini seringkali terjadi pada saat kamu membeli pakaian. Supaya kamu tetap aman belanja di online shop dan merasa tidak tertipu, maka ada baiknya mengikuti beberapa tips dibawah ini :

  • Memilih Online Shop Yang Meyakinkan

Pilihlah online shop yang memiliki reputasi baik atau yang memiliki rating paling tinggi. Pasalnya penjual tersebut dapat dipastikan akan menawarkan barang yang berkualitas sehingga tidak akan mengecewakan.

  • Melihat Review Pembeli

Untuk bisa mengetahui sebuah barang berkualitas atau tidaknya maka kamu wajib membaca review pembeli atau testimony pembeli. Dari komentar komentar pembeli yang sebelumnya, kamu dapat mengetahui sebuah barang berkualitas atau tidak. Apakah pembeli yang sebelumnya sangat puas dengan sebuah produk atau memiliki keluhan terhadap barang yang dibelinya.

  • Memperhatikan Dengan Jelas Model Yang Ada Didalam Gambar

Sebagai contoh jika kamu akan membeli sebuah baju, maka pilihlah model baju yang sesuai dengan bentuk tubuhmu. Sebelum memilih baju di online shop, pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui model baju yang akan pas dengan bentuk tubuhmu. Jika adanya model baju tertentu yang kamu sukai, maka jangan lupa memperhatikan apakah model baju tersebut akan cocok kamu gunakan nantinya.

  • Tidak Lupa Mempertimbangkan Ukurannya

Tidak hanya model baju saja yang harus kamu perhatikan karena ukurannya juga harus diperhatikan. Kamu harus mengetahui dengan benar berapa ukuran baju yang pas untuk tubuhmu. Jika diperlukan buatlah tentang detail ukuran bajumu secara lengkap lalu simpan dengan baik supaya nantinya baju yang dibeli ukurannya pas.

  • Membaca Keterangan Bahan

Kamu harus mengetahui bahan pakaian apa yang kamu suka, hal ini sangat penting sekali jika kamu memiliki alergi terhadap bahan pakaian tertentu. Jika kamu merasa bingung dengan bahan pakaian yang kelihatannya bagus tetapi tidak tahu apakah aslinya bagus atau tidak, maka cobalah kamu mencari tahu tentang bahan tersebut di internet atau coba melihatnya di Mall.

Itulah 5 tips belanja secara online supaya tetap aman dan tidak tertipu. Selain itu masih ada tips lainnya yaitu dengan mengecek persyaratannya. Adanya beberapa pesyaratan yang harus kamu cek meliputi apakah ada jaminan pengembalian barang jika tidak sesuai, berapa lama barang akan sampai di rumah, bagaimana cara pembayarannya, dan yang lainnya.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *