Berapa Harga Kambing Aqiqah Bandung?

Harga Kambing Aqiqah Bandung – jika berbicara mengenai hewan sembelihan, kambing atau domba menjadi salah satu hewan yang paling banyak dicari, baik ketika ibadah kurban maupun aqiqah. Jika ibadah qurban masih ada pilihan apakah sapi atau kambing, namun tidak dengan aqiqah yang diutamakan menyembelih kambing. Atas dasar itulah, mengapa permintaan hewan kambing ini setiap saat selalu banyak, tidak terkecuali di Bandung dan sekitarnya. 

Harga kambing pun juga cukup stabil dari waktu ke waktu, namun biasanya akan mengalami kenaikan yang signifikan ketika menjelas idhul adha. Hal tersebut karena permintaan meningkat, maka berimbas pada harganya. Harga tersebut untuk kambing jantan, sementara kambing betina biasanya tetap stabil.

Sementara aqiqah boleh menyembelih kambing jantan maupun betina, dengan demikian ketika menjelang idul qurban dan anjuran aqiqah tiba, maka bisa menyembelih kambing betina agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Harga Kambing Aqiqah Bandung

Jika anda pergi pasar kambing, maka anda akan menemukan berbagai jenis kambing dengan berbagai kondisi dan ukuran. Nah, banyaknya kambing tersebut juga mempunyai harga masing-masing yang disesuaikan kondisi kambing.

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa kambing itu mempunyai harga yang berbeda-beda dan diantaranya ialah sebagai berikut.

1.      Ukuran Kambing

Salah hal yang membedakan harga kambing aqiqah Bandung ialah ukuran kambing. Kalau ini jelas ya, semakin besar ukurannya, maka harganya pun juga semakin mahal. ukuran kambing ini meliputi panjang, tinggi dan berat kambing.

Semakin besar ukurannya, daging yang dihasilkan juga akan semakin banyak sehingga bisa diolah dalam banyak porsi. Wajar ya jika dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi.

2.      Jenis Kelamin Kambing

Selain ukuran kambing, harga kambing aqiqah Bandung juga dipengaruhi jenis kelaminnya. Jika jantan, maka harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan yang betina. Secara proporsi badan pun, kambing jantan ini memang lebih tinggi dan panjang. Mungkin itu juga yang mempengaruhi mengapa harga kambing jantan lebih mahal.

Untungnya, aqiqah ini diperbolehkan menyembelih kambing jantan atau betina. Jadi anda bisa memilih jenis kambing ini yang mana disesuaikann dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

3.      Penampilan Kambing

Jika kedua pertimbangan di atas, kita bisa tahu secara mudah dan jelas dalam memberikan penilaian, maka tidak dengan penampilan ini. Karena subjektif masing-masing yang melihatnya. Percaya atau tidak penampilan ini juga mempengaruhi harga kambing loh.

Misalnya ada kambing sama-sama ukurannya besar dan berjenis kelamin jantan, namun keduanya mempunyai penampilan yang berbeda, satunya bulunya halus, matanya awas dan bersih sementara satunya kumal, bahkan dibulunya ada kotoran yang mongering, maka harganya pun juga berbeda.

Itulah beberapa hal yang membuat harga kambing satu dengan yang lainnya itu berbeda. Memang dianjurkan untuk membeli kambing ke peternak langsung daripada dipasar. Di pasar memang banyak pilihannya hanya saja biasanya harga lebih mahal dan potensi diberikan kambing kurang baik pun juga besar, kecuali jika anda membawa teman yang ahli kambing.

Jika anda  ingin harga kambing aqiqah Bandung yang murah, maka kami sarankan untuk datang ke jasa layanan aqiqah yang terpercaya dan profesional, biasanya mereka mempunyai peternakan kambing sendiri yang tentunya memenuhi syarat syar’i dan sehat. biasanya disana juga tersedia berbagai macam pilihan kambing dengan berbagai ukuran dan jenis kelamin yang bisa disesuaikan dengan budget anda.

baca juga domba aqiqah cimahi terbesar

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *