Persiapaan Sebelum Memulai Bisnis Studio Foto

Persiapaan Sebelum Memulai Bisnis Studio Foto

theplaceboston.com – Bisnis Studio Foto merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Tak heran jika saat ini banyak pelaku usaha studio foto yang semakin menjamur di berbagai kota Indonesia. Katakanlah studio foto bandung dan Surabaya, Anda dapat dengan mudah menemukan tempat studio foto di berbagai sudut kota tersebut.

Terlepas dari keuntungan bisnis ini, setiap akan memulai sebuah usaha, tentu saja Anda perlu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha tersebut, mulai dari modal, tempat produksi dll. Demikian dengan jenis bisnis studio foto, walupun mungkin tidak sebanyak kebutuhan jenis usaha lainnya, namun ada beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai usaha studio foto.

Sebagai bahan referensi bagi Anda yang berencana untuk membuka usaha studio foto, berikut ini adalah peralatan dan kebutuhan lainnya yang perlu Anda siapkan.

Kamera

Kamera adalah peralatan utama yang Anda butuhkan dalam memulai sebuah bisnis studio foto. Jika mungkin tidak memiliki banyak modal, Anda bisa membeli camera bekas dengan harga yang relatif lebih murah. Namun Anda harus mengerti kondisi barang atau camera yang akan dibeli.

Pilihlah kamera dengan kondisi yang masih bagus dan tentunya semua fitur di dalamnya masih berjalan dengan normal. Anda juga dapat membandingkan harga dan kualitas dari kamera yang ditawarkan dengan berbagai sumber situs jual beli yang ada di internet.

Baca Juga : Peluang Bisnis Menguntungkan di Sekitar Kampus yang Perlu Dicoba

Lampu-Lampu

Selain camera, lampu juga menjadi salah satu peralatan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha studio foto guna mendapatkan hasil yang memuaskan bagi para pelanggan anda.

Setidaknya Anda membutuhkan 1 lampu studio foto dan satu buah flash sebagai permulaan. Jika nanti bisnis Anda sudah mulai beroperasi dan menguntungkan, barulah menambah jumlah lampu-lampu sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa flash external dan Umbrella reflextor dapat dibeli di kota Anda. Jika sudah terbiasa berbelanja online, Anda juga bisa membelinya di situs jual beli favorit Anda, tentunya dengan cara selektif misalnya dengan membandingkan harga, melihat spesifikasi serta yang lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan 1 Lightstand di studio foto yang Anda miliki. Lightstand berfungsi untuk menopang lampu lainnya yang anda miliki.

Beberapa peralatan di atas adalah kebutuhan standar yang dapat anda penuhi sebelum memulai bisnis studio foto Anda. Jika bisnis Anda sudah mulai berkembang, tentu saja perlu melakukan upgrade perangkat yang ada atau dengan menambah lampu-lampu pendukung lainnya seperti first party.

Komputer

Setiap hasil jebretan dari camera Anda, tentu saja sebagai usaha studio foto profesional, Anda akan membutuhkan komputer untuk proses editing foto para pelanggan Anda. Tidak harus jenis komputer dengan spek tinggi, jika tidak memungkinkan, Anda bisa memakai komputer spesifikasi standar yang intinya dapat program Adobe Photoshop versi CS3 atau jenis tools photo editing lainnya.

Peralatan Cetak ?

Untuk mencetak hasil foto pelanggan, Anda membutuhkan foto printer. Namun karena harganya yang cukup mahal, untuk mengatasinya Anda dapat bekerja sama dengan studio foto lainnya yang lebih besar dan lengkap. Saat sudah ada tambahan modal, barulah Anda bisa membelinya sendiri untuk melengkapi bisnis studio foto Anda.

Latar Foto

Background foto sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha studio foto, foto latar bisa berwarna putih, biru, merah atau warna lainnya.

Lokasi atau Tempat Usaha

Ingatlah disini kita membahas bisnis studio foto bukan fotografer atau bisnis foto panggilan. Sehingga tempat usaha tentu saja Anda butuhkan sebagai lokasi untuk menjalankan bisnis tersebut. Kebutuhan ruangan sangat diperlukan sebagai tempat aktivitas usaha anda.

Setidaknya Anda membutuhkan 1 ruangan untuk proses pemotretan dan 1 ruangan sebagai tempat melayani para pelanggan. Jika bisnis sudah cukup besar, Anda dapat menambah banyak ruangan misalnya ruangan ganti pakaian dan ruangan khusus bagi pegawai untuk kebutuhan administrasi usaha dan yang lainnya.

Saat memilih lokasi usaha untuk studio foto, sebaiknya carilah tempat yang strategis dan mudah diakses agar usaha Anda dapat lebih mudah ditemukan.

Nah demikian yang dapat kami bagikan mengenai Persiapaan Sebelum Memulai Bisnis Studio Foto. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *