Bukan Gaya-gayaan, Ini Fungsi Antena Truk Area Tambang

Jika Anda mengunjungi area penambangan dan menyaksikan suasana di sana, Anda akan menemukan berbagai hal. Salah satunya adalah kondisi mobil yang melintas atau parkir di area tersebut. Mobil-mobil dilengkapi dengan antena yang sangat tinggi yang tertanam di dalam tubuh. Ada juga bendera di ujung antena.

Benarkah antena tinggi digunakan untuk menangkap sinyal? Mari kita lihat fungsi antena sebagai berikut.

The Buggy Whip

Jika antena tinggi menjawab untuk mengambil sinyal, Anda salah. Ternyata antena tersebut sangat erat terkait satu sama lain dalam hal keamanan tambang. Ternyata antena itu punya nama, Buggy Whip. Antena terdiri dari tiang serat dengan bendera reflektif di ujungnya. Fungsi utamanya adalah sebagai penanda sehingga mobil yang dipasang oleh Buggy Whip dapat dilihat oleh pengemudi besar seperti truk penambangan penambangan.

Antena tiang atau cambuk kereta memiliki ketinggian rata-rata sekitar 3 meter, sejauh mungkin untuk mencocokkan ketinggian dashboard untuk kendaraan berat. Karena visibilitas operator alat berat sangat terbatas, terutama di lantai sekitar bumper alat berat. Jika ada mobil di depan truk sampah dan mobil itu tidak dilengkapi dengan cambuk kereta, sudah pasti mobil itu dapat dengan mudah ditabrak oleh truk.

Lihat Juga: Mobil truk kontainer

Penggunaan cambuk kereta tercermin dalam banyak kasus di mana mobil ditabrak oleh truk besar. Beberapa kasus bahkan menelan korban jiwa karena ternyata ada penumpang dan pengemudi di dalam mobil.

Untuk meningkatkan visibilitas, bendera biasanya dibuat dengan bentuk yang mencolok dan terbuat dari bahan reflektif yang dapat memantulkan cahaya. Beberapa bahkan dapat menyala dalam gelap, yang sangat efektif dalam kondisi cahaya rendah.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *