Cara Agar Sayuran Tetap Segar di Kulkas

Mengapa sayuran lebih cepat rusak daripada makanan lain? Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan. Itu sebabnya kami akan menunjukkan cara agar sayuran tetap segar di kulkas

cara agar sayuran tetap segar di kulkas
cara agar sayuran tetap segar

Cara Agar Sayuran Tetap Segar di Kulkas

Jika Anda menyimpannya dengan benar, sayuran dapat tetap segar dan terjaga bahkan setelah lebih dari seminggu di lemari es. Nah, berikut ini kami berikan cara sayuran agar tetap segar di kulkas kalian.

Pisahkan buah dan sayuran

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan sebelumnya adalah selalu memisahkan penyimpanan buah dan sayuran.

Banyak buah menghasilkan gas etilen, senyawa yang bertindak sebagai hormon pematangan.

Oleh karena itu, jika didekatkan dengan sayuran akan terpengaruh sehingga menyebabkan sayuran cepat matang dan busuk sebelum digunakan. dan jika kalian pengen tau cara membuat arang dari kayu sederhana maka cek artikel kami

Beberapa buah yang menghasilkan gas adalah pisang, alpukat, dan buah persik. Jadi, pastikan Anda memisahkannya dari sayuran, oke?

Gunakan metode persiapan makanan

Food prep atau persiapan makanan adalah cara menyimpan makanan, termasuk sayuran, agar dapat digunakan secara optimal. Saat menyiapkan sayuran, biasanya dibagi menurut jenisnya.

Teknik ini mengharuskan sayuran tetap bersih dan siap dimasak. Dimana tujuan dari penyiapan makanan adalah untuk mempermudah dan mempersingkat waktu memasak.

Saat menggunakan metode ini, cuci bersih semua sayuran dan keringkan sampai benar-benar kering. Butuh waktu lama, tapi waktu penyimpanan sayuran bisa lebih dari 1. menjadi

Letakkan sapu tangan atau kain di setiap wadah sayuran

Sekarang sayuran sudah kering, saatnya untuk memasukkannya ke dalam wadah yang sesuai. Sayuran ditempatkan dalam wadah terpisah agar tidak busuk.

Tip lain untuk membantu sayuran bertahan lebih lama dan tetap segar adalah dengan meletakkan saputangan atau kain tipis di atas sayuran sebelum menutup wadah. Kain dan kain menyerap kelebihan air.

Tisu dan handuk ini biasanya basah dalam 2 hingga 3 hari. Jadi pastikan untuk menggantinya secara teratur. Jika kelembapannya pas, sayuran tidak mudah busuk dan bisa bertahan lebih lama.

Taruh di tempat khusus sayur

Meskipun tempat khusus untuk sayuran mungkin terbatas, pastikan untuk menempatkannya di sana. Ini karena suhu lemari es dalam kisaran ini paling baik untuk sayuran.

Jika diletakkan di sisi lain lemari es, dikhawatirkan akan merusak sayuran. Bahkan beberapa sayuran dapat dibekukan jika ditempatkan terlalu tinggi

Periksa sayuran secara teratur

Bahkan jika disimpan dengan hati-hati, mereka harus diperiksa secara teratur. Hal ini berguna untuk melihat mana yang perlu dikonsumsi.

Tips cara agar sayuran tetap segar di kulkas

Tidak semua sayuran bisa disimpan di lemari es.

Ada beberapa sayuran yang bisa disimpan di lemari es. Salah satunya adalah tomat. Karena suhu dingin justru dapat menghambat proses pematangan buah tomat. Hal yang sama berlaku untuk daun kemangi jika disimpan di lemari es, karena mudah layu dan tidak segar.

Susun sayuran sesuai dengan variasi masing-masing.

Pada umumnya lemari es memiliki 3-4 kompartemen penyimpanan. Gunakan setiap rak untuk menyimpannya sesuai dengan jenisnya masing-masing. Misalnya, di rak bawah untuk menyimpan sayuran berdaun hijau seperti sawi, kangkung dan bayam. Karena rak bagian bawah memiliki suhu yang cenderung stabil. Penyimpanan sayuran yang diurutkan membuat kontrol harian lebih mudah bagi Anda.

Sekian Artikel kami semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan cek juga artikel dari kami cara membuat arang dari kayu sederhana dan jika ada salah mohon maaf

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *