Cara Bikin Abon Sapi Rumahan Praktis Abis

Pengen tau cara buat lauk untuk makan yang enak dan bisa disimpan lama serta sehat? Artikel ini akan membahas tentang cara bikin abon sapi rumahan yang enak dan mudah dipraktekan dirumah tentunya. Ada juga beberapa rangkuman manfaat daging sapi bagi kesehatan tubuh.

Cara Bikin Abon Sapi Rumahan

Abon merupakan produk olahan daging kering dengan tekstur ringan dan halus mirip seperti benang atau kapas. Awal mula abon diketahui berasal dari negeri Tiongkok, dan awal pembuatan nya digunakan sebagai pelengkap maupun isi dari berbagai hidangan seperti roti, bakpao, bubur, nasi dan juga sebagai makanan ringan. Resep kali ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat abon daging kering.

Alat Dan Bahan

Bahan Utama :

  • 300 gram daging sapi, potong-potong
  • 200 ml santan
  • Garam
  • Penyedap rasa sapi
  • 30 gram gula merah
  • 2 batang serai geprek
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus :

  • 1 cm jahe
  • 6 butir bawang merah
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 3 butir bawang putih
  • 1 cm kunyit

Alat

  • Kompor
  • Blender
  • Wajan
  • Garpu
  • Tissue
  • Wadah

Cara Membuat Abon Daging Sapi :

  1. Pertama, rebus terlebih dahulu daging bersamaan dengan serai, lengkuas dan daun salam sampai bertekstur empuk.
  2. Setelah cukup empuk, blender daging tanpa menggunakan air.
  3. Sambil menunggu proses blender daging, panaskan wajan dan tambahkan minyak kelapa secukupnya dengan api sedang.
  4. Setelah sudah panas, tumis bumbu halus bersamaan dengan daun jeruk sampai tercium bau harum.
  5. Setelah tercium bau harum, masukkan gula merah.
  6. Selanjutnya masukkan daging yang telah selesai di blender ke dalam wajan yang berisi bumbu halus tadi.
  7. Lalu, tambahkan santan secara perlahan.
  8. Aduk sampai merata, tambahkan pula garam, dan penyedap rasa.
  9. Masak dengan sabar sampai bumbu meresap dengan baik.
  10. Setelah bumbu meresap, goreng dengan minyak panas sampai berwarna kecoklatan.
  11. Kemudian angkat dan tiriskan.
  12. Ambil ulekan dan tekan daging yang sudah matang untuk menyaring minyak sisa penggorengan.
  13. Untuk memaksimalkan pengeringan dari minyak hasil penggorengan, bungkus dengan tissue kemudian peras.
  14. Setelah kering dan minyak berkurang, tumbuk dengan garpu agar lebih halus teksturnya.
  15. Masukan pada wadah yang tertutup dan abon sapi siap disimpan dan dinikmati.

Baca Juga : Resep Roti Bolu

Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membantu Mengatasi Anemia

Anemia adalah kondisi dimana terjadi penurunan jumlah pada sel darah merah yang selanjutnya akan berdampak pada berkurangnya kemampuan darah dalam membawa oksigen. Penyebab anemia yang paling umum biasanya karena kekurangan zat besi yang membuat penderitanya mengalami kelelahan dan kelemahan pada tubuhnya.

Seperti yang sudah dipaparkan pada bab sebelumnya, daging sapi memiliki kandungan zat besi yang cukup kaya sehingga efektif untuk meningkatkan produksi hemoglobin darah. Utamanya kandungan berbentuk zat besi heme. Zat besi ini membuat tubuh akan menyerap jauh lebih efisien daripada zat besi non heme, yang terdapat pada jenis zat besi dalam makanan nabati.

2. Mampu Meningkatkan Masa Otot

Selanjutnya, daging sapi juga dapat membantu meningkatkan massa otot karena adanya kandungan protein dalam daging sapi yang melimpah. Dengan itu, mengkonsumsi daging sapi cocok untuk otot. Protein nutrisi nya sendiri dapat digunakan tubuh untuk membantu memperbaiki dan membuat tulang, kulit, dan tulang yang rawan serta membantu membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Selain daripada itu, dari semua makronutrien, kehadiran protein yang melimpah dapat membuat kalian cepat kenyang sehingga akan menghindarkan kalian makan berlebih. hal ini sangat membantu dalam program diet yang mungkin sedang kalian lakukan untuk menjaga tubuh lebih sehat.

3. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berikutnya, daging sapi mengandung karnosin yang terbukti mujarab bagi tubuh, jumlahnya diperkirakan sekitar 50% yang lebih banyak dari unggas. Kandungan ini sendiri adalah asam amino yang lazim ditemukan di seluruh tubuh dan mempunyai peran penting untuk kesehatan manusia.

Kandungan karnosin juga berfungsi mengurangi bahaya dari proses yang disebut glikasi, yaitu yang bisa berpotensi menyebabkan aterosklerosis dan penyakit kronis karena memiliki sifat anti-glikosilasi. Selain itu, kandungan karnosin ini dapat juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

4. Membantu Meningkatkan Stamina

Kelebihan daging sapi selanjutnya yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh saat berolahraga. Hal tersebut karena daging sapi mengandung asam amino berupa karnosin yang mempunyai guna untuk membantu mendukung fungsi otot agar lebih maksimal. Sehingga dalam melakukan aktivitas pun menjadi lebih berkualitas.

Kadar karnosin dari daging sapi yang memang tinggi pada otot ini akan berdampak positif bagi tubuh, antara lain dapat membuat tubuh menjadi kuat karena karnosin dapat mengurangi kelelahan dan juga meningkatkan kinerja tubuh saat beraktivitas, khususnya saat sedang berolahraga.

5. Membantu Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi daging sapi juga dapat membantu menjaga berat badan meskipun juga memiliki kolesterol yang cukup tinggi. Hal tersebut di karena adanya senyawa asam linoleat terkonjugasi dan L-carnitine yang enurut penelitian mengonsumsi suplemen L-carnitine dapat membantu penurunan berat badan yang bisa lebih signifikan dari kelompok yang tidak mengonsumsi.

Disisi lain, asam linoleat sendiri dipercaya dapat membantu penurunan lemak dengan tetap memperhatikan porsi dan cara pengolahan yang tepat. Karena jika berlebihan akan berbahaya juga bagi tubuh manusia. Cocok sekali bagi yang sedang melakukan program untuk menurunkan berat badan.

6. Kaya Akan Mineral

Yang terakhir, daging sapi diketahui kaya akan kandungan mineral yang bisa membantu menghindarkan dari defisiensi mineral. Mineral itu sendiri memang sangat berguna untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih segar dan tidak lemas saat menjalankan aktivitas.

Inilah yang menjadikan manfaat daging sapi bisa diandalkan untuk kesehatan tubuh. Terlebih karena kalsiumnya juga bisa meningkatkan simpul saraf dan pembekuan darah, serta magnesium bisa menjaga tulang dan hati. Masih belum cukup sampai disitu, potasium juga bisa menjaga dan memaksimalkan membran sel tubuh.

Nah, begitulah cara bikin abon sapi rumahan serta beberapa rangkuman manfaat daging sapi bagi kesehatan tubuh. Cukup mudah untuk dilakukan dirumah kan? Semoga dapat memberikan pengetahuan yang baru serta manfaat bagi pembaca.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *