Cara Buat KuePastel Kering yang Enak dan Tahan Lama

Cara buat kue pastel kering, siapa pun sudah tidak asing terhadap camilan gurih dan lezat ini. Pastel merupakan jajanan pasar pastry kulit tipis yang berbentuk bulan sabit gembung lalu digoreng garing dan renyah dengan beraneka isian abon, bihun atau sayuran.

Terdapat berbagai cara membuat pastel yang bisa Anda kreasikan di rumah. Berbahan dasar dari campuran tepung terigu, telur, margarin dan lainnya. Cocok dinikmati ketika masih hangat dan dicocol saus sambal bersama ditemani secangkir teh atau kopi.

Sejarah Kue Pastel

cara buat kue pastel kering

Pastel dipercaya berasal dari Mediterania, Timur Tengah ada juga yang mengatakan dari India. Kue ini merupakan kue turunan dair empeda. Dulunya Empanada dibawa ke Amerika Latin oleh kolonial Spanyol, tapi dibeberapa negara isian pastel dibuat beraneka ragam disesuaikan bahan khas setiap tempat, seperti isian keju, daging, coklat, keju, bihun hingga abon.

Bermula di Eropa Selatan saat penyerbuan Bangsa Moor ke Eropa pada masa Perang Salib, lalu mengalami modifikasi sampai menjadi kue khas Eropa Selatan yang dinamakan Empanada yang artinya bungkus atau mantel dalam roti.

Pada akhirnya pastel menyebar hingga sampai di Indonesia dan resepnya pun menyesuaikan terhadap bahan yang mudah didapati pada masing-masing daerah. Terciptalah dengan cita rasa yang gurih sebab berisikan perpaduan antara sayuran, daging, dan adonan kulit pastry yang lembut.

Ingin tahu cara buat kue pastel kering yang renyah gurih dan tentunya enak sebagai camilan bagi keluarga? Yuk praktekkan langsung didapur rumah Anda, karena terbilang sangat mudah dibuat.

Resep-Resep Pastel Kering Isi Abon

1. Pastel Kering Isi Abon Ikan Pedas

Bahan-Bahan :

  • 260 gr Tepung terigu
  • 40 gr Maizena
  • 60 gr Blueband margarine
  • 1 btr Telur
  • 110 ml Air matang
  • 175 – 200 gr Abon Ikan Pedas

Cara Buat Kue Pastel Kering :

  1. Masukkan tepung terigu dan maizena pada wadah baskom, lalu tambahkan blueband dan telur, tuang air secara bertahap sambil diulenin sampai adonan kalis dan tidak lengket ditangan.
  2. Selanjutnya tutup adonan pakai plastik, supaya adonan tidak mengering pada saat diisi isian abon sebab waktu pengisian yang panjang. Bila tidak ditutup bisa mengakibatkan adonan mengering dan nantinya akan susah dibentuk.
  3. Ambil adonan sebesar kelereng untuk dipipihkan lalu isi dengan 1/2 sdt abon. Maksimalkan ketika proses bikin kulit dan isi abon ada jarak untuk merekatkan kulit. Abon yang mengotori bibir kulit akan sulit direkatkan dan beresiko pastel bocor saat digoreng.
  4. Goreng pastel abon jika semua sudah siap dalam minyak panas dalam wajan yang diberi dua lembar daun pandan.
  5. Masak hingga garing matang kecoklatan, angkat dan tiriskan. Pastel Abon siap disajikan, tahan disimpan di toples tertutup selama 1 bulan.

2. Pastel Kering Isi Abon Sapi

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1 butir telur yang sudah dikocok
  • garam secukupnya
  • 100 gram margarin
  • 200 gram abon sapi
  • minyak secukupnya

Cara Buat Kue Pastel Kering :

  1. Siapkan baskom bersih, masukan tepung terigu dan tepung sagu lalu aduk sampai tercampur sempurna.
  2. Tambahkan margarin, telur dan garam dan aduk hingga kalis merata
  3. Adonan yang sudah jadi lalu digiling menggunakan rolling pin sampai melebar pipih.
  4. Cetak lingkaran dengan tutup mulut gelas dan adonan bisa dilebarkan lagi atau diabiarkan begitu saja. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Taruh sedikit abon ditengah tiap adonan yang sudah dicetak.
  6. Tutup dan lipat abon yang sudah diisi abon dengan bagian pinggir diplintir kecil-kecil. Lakukan hal tersebut ke seluruh adonan.
  7. Siapkan wajan untuk menggoreng memakai api kecil didalam minyak panas.
  8. Goreng adonan sampai matang dan berubah warna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Pastel kering isi abon sapi siap dinikmati.

Seperti itulah cara buat kue pastel kering yang dapat Anda coba dirumah, mudah kan? Kunjungi resep menarik lainnya : Cara Membuat Pastel Mini Kering dan Gurihnya Sajian Khas Lebaran. Hidupkan kembali dapur Anda untuk membuat kudapan sehat bagi keluarga dan teman tersayang Anda dan semoga berhasil!