Cara Memasak Udang Asam Manis Pedas yang Simple

Cara Memasak Udang Asam Manis Pedas

Halo teman – teman kali ini saya akan membagikan cara memasak udang asam manis pedas yang simple dan sederhana. Saya juga akan membahas beberapa hal seputar udang asam manis pedas.

Cara Memasak Udang Asam Manis Pedas

Udang Asam Manis Pedas

Udang asam manis pedas merupakan makanan berbahan dasar udang yang dipadukan dengan kuah asam pedas manis. Bisa dibilang makanan ini merupakan perpaduan antara udang pedas manis dan udang asam manis.

Rasanya juga unik, perpaduan antara saus pedas, asam dan manis serta rasa gurih dari udang yang sedikit manis. Tentu saja karena rasa ini, makanan ini dinikmati oleh banyak orang

Bukan hanya karena rasa pedas manis asamnya yang memikat banyak orang. Kandungan gizi makanan ini juga tidak main-main. Nutrisi termasuk omega-3, omega-6, protein, kalori, dan mineral seperti kalsium, yodium, magnesium, seng, dan fosfor.

Kandungan nutrisinya memiliki banyak manfaat. Diantaranya, meningkatkan performa tubuh, menjaga jantung, meregenerasi dan memelihara otot, melancarkan peredaran darah serta sebagai antioksidan.

Tapi satu hal yang perlu diingat juga. Meski kaya nutrisi, udang tinggi kolesterol. Jadi sebaiknya Anda tidak makan hidangan ini setiap hari. Tidak hanya udang tapi juga seafood lainnya.

Makanan ini bisa Anda temukan di restoran atau tempat makan bertema seafood, namun jika Anda ingin lebih menikmatinya, lebih baik Anda menikmatinya di warung atau resto pinggir pantai.

Makanan ini hanya bisa dicicipi dengan nasi putih. Tapi lebih enak lagi kalau ditambah menu lain seperti tempe tahu goreng dan tumis kangkung. Atau jika rasanya masih kurang enak, Anda bisa menambahkan lebih banyak sambal terasi atau sambal goreng.

Cara memasak Udang Asam Manis Pedas

Cara memmasak udang asam manis pedas hampir sama dengan membuat udang manis pedas. Anda juga tidak memerlukan keahlian atau teknik memasak khusus untuk melakukan ini.

Yang utama adalah membersihkan udang. Kita perlu memastikan tidak ada kotoran atau bagian tajam seperti kepala, kaki, ekor dan kulit yang tertinggal. Kemudian, dalam pemilihan bahan baku, pastikan juga udang dan bahan lainnya masih segar, tidak busuk atau kadaluarsa dan sesuai standar.

Sebelum melanjutkan ke resep, terlebih dahulu kita harus menyiapkan peralatan memasaknya. Yang kita butuhkan adalah penggorengan untuk menumis bumbu dan memasak udang, wadah seperti baskom untuk menaruh bahan, talenan dan pisau untuk memotong bahan, jika sudah bisa lihat resepnya dibawah ini

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Udang segar (1/4 kg)
  • Keruk nipis (1 buah)
  • Bawang bombay, cincang kasar (1 buah)
  • Siung bawang putih, cincang halus (3 siung)
  • Helai daun bawang (2 helai)
  • Cabai merah keriting (3 buah)
  • Cabai rawit (4 buah)
  • Saus tomat ( sendok makan)
  • Saus pedas (1 sendok makan)
  • Saori saus tiram (sendok makan)
  • Garam (1/2 sendok teh)
  • Gula pasir (1/2 sendok teh)
  • Penyedap rasa (secukupnya)
  • Merica bubuk (1 sendok teh)

Cara membuat :

  1. Bersihkan udang dari kotoran dan bagian tajam seperti kaki, kepala, kulit, ekor, lakukan di bawah air mengalir.
  2. Tempatkan udang dalam mangkuk dan rendam dalam air jeruk nipis selama sekitar 10 menit, lalu bilas.
  3. Cincang cabai rawit dan cabai merah, sisihkan, lalu tumis bawang bombay hingga harum, bila tercium bau harum, masukkan bawang putih dan semua cabai, lalu tambahkan sedikit air dan aduk – aduk
  4. Setelah itu, masukkan komponen utama saus seperti garam, gula, aroma, merica, saus tomat, saori dan saus pedas, aduk hingga tercampur rata.
  5. Jika sudah meresap ke dalam udang, campurkan dengan bumbu hingga benar-benar terserap oleh udang.
  6. Setelah 5 menit setelah menambahkan udang, tambahkan daun bawang cincang dan aduk sampai matang.
  7. Setelah matang cek rasa, jika sudah pas angkat dan sajikan di piring saji, udang asam manis siap disantap.

Nah, itu tadi adalah cara memasak udang asam manis pedas yang simple dan saatnya kalian coba sendiri dirumah. Kalian juga bisa mengunjungi Resep Udang Pedas Manis Saus Tiram yang Istimewa kalian tertarik untuk membuat masakkan yang serupa.

Baiklah cukup sampai disini dulu untuk artikel “Cara Memasak Udang Asam Manis Pedas yang Simple”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *