Cara Membuat Briket Arang Batok kelapa

Pada artikel ini akan menjelaskan cara membuat briket batok kelapa, dan juga cara ini sangat mudah untuk diikuti dengan berbagai tipsnya, mari kita simak artikel dibawah ini.

Definisi Kelapa

cara membuat briket batok kelpa

Pohon kelapa merupakan pohon yang sangat cocok dibudidayakan di iklim tropis termasuk Indonesia. Pada penduduk – penduduk tropis buah kelapa memiliki kegunaan yang banyak sekali, sehingga buah kelapa sering sekali digunakan diindonesia.

Banyak sekali hal – hal yang ditawarkan oleh buah kelapa, salah satu hal yang menarik adalah buah kelapa untuk kehidupan manusia.

pohon kelapa yang baik akan menghasilkan buah kelapa yang baik juga. Kegunaan dari buah kelapa diantaranya sebagai minuman, sari/santan, minyak, dan dagingnya yang sangat juga untuk  dikonsumsi.

Buah kelapa yang masih muda selain bernilai ekonomi tinggi, daging buahnya memiliki komposisi gizi yang cukup baik, buah kelapa yang masih muda mengandung asam lemak dan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh.

Sedangkan air kelapa selain dikonsumsi sebagai minuman segar juga mengandung bermacam-macam mineral, vitamin, gula, serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Keunggulan Briket Batok Kelapa

Cara membuat briket batok kelapa ini memiliki banyak keunggulan yaitu :

  • Lebih murah dan ekonomis.
  • Tidak beresiko meledak atau terbakar seperti kompor minyak tanah dan kompor elpiji.
  • Panas tinggi sangat baik untuk melakukan pembakaran yang membutuhkan waktu lama.
  • Tidak mengeluarkan suara bising dan membuat peralatan masak tidak rusak.
  • Ramah lingkungan dan juga aman bagi kesehatan.
  • Sumber briket dari batok kelapa ini berlimpah.

Cara Membuat Briket Batok Kelapa

cara membuat briket batok kelapa
cara membuat briket batok kelapa
Baca juga artikel mengenai Cara Cara Membuat Bunga Dari Plastik dan Juga Botol Bekas

1. Proses pengarangan

Batok kelapa dibuat menjadi arang dengan cara pengarangan atau dibakar yaitu menggunakan tong kemudian dibakar serta ditutup sampai hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang. Pengarangan ini juga bisa dengan menggunakan proses pirolisis yaitu dimana batok kelapa dimasukkan dalam tangki dengan keadaan tertutup selanjutnya asap dikondensasikan sampai mendapatkan asap cair.

2. Proses penepungan

Arang yang telah dihasilkan melalui pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis kemudian disajikanmenggunakan bantuan mesin disk mill.

3. Proses pengayakan

Apabila sudah melalui proses penghancuran arang maka dilakukan pengayakan supaya bisa menghasilkan arang tempurung kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang batok kelapa ini diayak dengan menggunakan saringan ukuran 50 mesh.

4. Proses pencampuran media

Tepung batok kelapa ini lalu dicampur dengan menggunakan air dan lem kanji. Ketika proses pencampuran ini perlu ditambah dengan lem kanji secukupnya saja dari  tepung batok kelapa tadi.

5. Proses mencetak briket arang tempurung kelapa

Apabila semua bahan tadi telah tercampur dengan merata lalu lakukan proses pencetakan dengan menggunakan cetakan.

6. Proses pengeringan

Keringkan briket yang telah dicetak dengan menggunakan oven bersuhu 650 oC yang sangat panas selama kurang lebih 2 jam, pengeringan ini bisa menggunakan bantuan sinar matahari. Briket dari bahan batok kelapa ini pun siap dikemas dan dipasarkan.

Pembuatan briket dari bahan batok kelapa ini cukup dan simpel. Kemudian anda dapat mencoba cara membuat briket dari bahan batok kelapa. proses memasak menjadi lebih mudah jika mengguankan briket berbahan batok kelapa.

Memasak menggunakan briket batok kelapa juga akan meningkatkan kualitas rasa dengan menghasilkan cita rasa masakan yang enak sehingga menguntungkan bagi para penggunannya baik ibu rumah tangga, usaha warung makan, restaurant maupun industri.

gunakan peralatan pendukung untuk memudahkan kegiatan membuat briket semakin mudah dan sederhana. Dengan menggunakan mesin penepung serbaguna atau disk mill Peralatan yang sesuai untuk membantu membuat briket.

Itu dia cara membuat briket arang dari batok kelapa yang bisa kalian coba buat dirumah. Bahan – bahan yang sederhana dan juga langkah – langkah yang mudah, pasti kalian juga bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa repot.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua terutama bagi kalian yang sedang bagaimana cara membuat briket arang yang terbuat dari batok kelapa, dan kalian sudah tahu sekarang silahkan mencobanya.

Jangan lupa share artikel ini ke teman – teman, sahabat atau saudara ya, agar semakin banyak orang – orang yang mahir membuat briket arang batok kelapa diatas. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan resep – resep yang menarik lainnya…!!

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *