Cara Membuat Cakwe Goreng Renyah

cara membuat cakwe goreng renyah

Hello teman teman semuanya pada artikel kali ini saya mau membagikan kepada kalian bagaimana cara membuat cakwe goreng renyah yang bisa kalian buat juga dirumah kalian masing-masing.

Tetapi sebelum ke pembahasan utama tersebut, saya ingin terlebih dahulu membahas sedikit latar dari cakwe goreng ini teman, barangkali pembahasannya bisa buat kalian jadi tahu lebih dalam mengenai cakwe.

Tidak perlu lagi berlama lama dengan pembukaan serta basa basinya, kita langsung saja masuk ke pembahasan dari yang berkaitan dengan cakwe ini.

Cakwe

cara membuat cakwe goreng renyah

Jika kalian tahu apa itu cakwe, maka ini adalah salah satu jajanan tepung yang biasa kita makan dengan sambal. Sebenarnya tau ga sih kalian, cakwe ini bukan dari Indonesia lho, melainkan dari china.

Jajanan yang berasal dari China ini, banyak di antaranya diyakini berasal dari tragedi sejarah yang mengerikan. Chakwe ini sebenarnya mungkin populer karena digunakan sebagai bentuk atau simbol utama dalam protes orang-orang zaman dahulu terhadap pemerintah atau kerajaan yang berkuasa saat itu.

Pada zaman dahulu, lebih tepatnya pada masa Dinasti Song, sebuah tragedi terjadi antara Jenderal Yue Fei dan Menteri Qin Hui. Tragedi ini berawal dari perselisihan antara Yue Fei, seorang jenderal legendaris dengan banyak prestasi, dan Qin Hui, yang saat itu menjadi perdana menteri.

Akibatnya, Qin Hui memanipulasi banyak menteri menjadi tuduhan palsu terhadap Yue Fei, yang mencoreng reputasinya. Akibat dakwaan tersebut, Jenderal Yue Fei dijatuhi hukuman mati, namun banyak orang tidak menerimanya dan menyalahkan Qin Hui atas insiden dan tragedi tersebut.

Sehari setelah acara, tak lama kemudian muncul seorang pria yang memasak gorengan bernama Qin Hui, dan makanan tersebut menjadi begitu populer di masyarakat sehingga menjadi simbol protes Qin Hui.

Cara Membuat Cakwe Goreng Renyah

cara membuat cakwe goreng renyah

Setelah tadi saya sudah selesai membahas latar serta beberapa hal yang berkaitan dengan cakwe goreng, saat ini saya akan membahas bagaimana cara membuat cakwe goreng renyah.

Pastinya pembahasan yang kali ini sudah ditunggu tunggu oleh kalian bukan ? hehe, kalau begitu tanpa perlu berlama lagi dengan basa basi atau sejenisnya, kita langsung masuk ke pembahasan dari cara membuat cakwe goreng renyah.

bahan:

  • 250 ml air
  • Jumlah minyak yang benar
  • 2 sendok teh ragi instan
  • 250 gr tepung protein sedang
  • 50 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok makan garam halus
  • 1 sendok makan gula
  • 1/2 sendok makan baking powder
  • 1 bawang putih

Langkah-langkah cara melakukannya:

  1. Pada langkah pertama ini, Anda bisa mencampur ragi dengan air dan juga menyiapkan bahan-bahannya.
  2. Teman-teman kemudian melanjutkan untuk mencampur semua bahan kering dengan bawang putih, lalu dilanjutkan dengan menuangkan larutan ragi yang telah disiapkan oleh teman-teman sebelumnya.
  3. Setelah itu aduk terus hingga membentuk pasta yang halus, lalu diamkan dan terus tutup dengan kain apapun selama kurang lebih 12-15 menit.
  4. Anda kemudian dapat melanjutkan menguleni dan menguleni adonan lagi, kencangkan hingga sedikit membulat. Setelah dibulatkan, diamkan selama 6-7 jam, tutup dengan kain apa saja, agar adonan mengembang.
  5. Kemudian, siapkan brankar atau papan amplas Anda dan taburi sedikit dengan tepung. Setelah itu kalian bisa giling sampai ketebalan 1/2 cm saja.
  6. Langkah selanjutnya, adonan yang sudah digiling dipotong-potong dengan ukuran kurang lebih 2×10 cm.
  7. Kemudian taburi adonan dengan tepung lagi lalu uleni adonan dengan adonan lain dengan cara menekan perlahan dan meremas bagian tengahnya dengan sumpit atau sumpit kecil, hal ini akan membuat adonan sedikit menggumpal.
  8. Setelah itu, buat adonan yang baru saja Anda uleni agak kencang.
  9. Anda kemudian bisa menggoreng adonan dengan kencang hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan, disini Anda juga bisa menggunakan alat mesin deep fryer untuk mendapatkan hasil lebih baik.
  10. Saat warna cokelat keemasan muncul, keluarkan adonan dan sajikan dengan saus favorit Anda.

Demikianlah untuk artikel postingan kali ini yang membahas cara membuat cakwe goreng renyah yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat bagi kalian yang sedang tertarik ataupun membutuhkan pembahasan terkait.

Sampai jumpa lagi teman sekalian di postingan lain, see you guys !.

Ayo Berbagi Tips