Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Pedas Manis

Cilok adalah jajanan ringan yang rasanya kental dan gurih dengan kuah kacangnya. Pada artikel kali ini kami memberikan resep cara membuat cilok bumbu kacang pedas manis yang enak dan nikmat.

Dan jangan lupa cilok disantap dengan sambal kacang pedas manis yang semakin nikmat disantap bersama teman-temanmu.

cara membuat cilok bumbu kacang pedas manis

cara membuat cilok bumbu kacang pedas manis

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Pedas Manis

Sejarah singkat Cilok
Cilok adalah singkatan dari aci kang dicolok dan merupakan salah satu jajanan khas jawa barat yang banyak disukai. Selain harga silase yang relatif murah, rasa asin dari cilok ini benar-benar bisa membuat Anda makan jajanan yang satu ini sepanjang waktu. Biasanya hanya dengan Rp 5.000, kamu bisa membeli cilok banyak-banyak sampai kamu bisa menikmati ciloknya sampai bosan. Meski sudah sering makan cilok, tahukah kamu dari mana asal jajanan cilok ini?

Dibalik Nama Cilok
Cilok adalah singkatan dari Aci Kang dicolok. Dalam bahasa Sunda, ACI terbuat dari pati yang menjadi bahan utama beberapa jajanan Bandung, dan cilok juga menggunakan bahan ini.

Biasanya cilok juga disajikan dengan sambal kacang, kecap dan sambal. Kemudian tentunya cara memakannya dimasukan ke dalam stik sesuai namanya yang dicolokkan ke stop kontak. Padahal, jika dilihat sepintas, cilok ini hampir mirip dengan bakso, namun bahan utamanya yang membedakan kedua masakan tersebut.

Jenis Cilok
Jenis cilok yang ada di cilok ini juga sangat beragam, meski bahan utama yang digunakan masih sama yaitu tepung aci. Satu hal yang membedakan adalah isi ciloknya. Beberapa jenis cilok menggunakan telur atau daging cincang sebagai isiannya. Dan cek juga artikel kami cara membuat cilok lembut dan empuk

Namun, ada juga beberapa pedagang cilok yang tidak menggunakan topping pada ciloknya. Itu saja yang membuat ciloci berbeda. Namun pada dasarnya semua cilok memiliki tekstur yang lembut dan keras, sehingga anak-anak dan orang dewasa menyukainya.

Bahan saus kacang pedas manis

  • Kamu membutuhkan tepung sagu. – 1/2 kg
  • Siapkan tepung. – 1/4 kg
  • Siapkan telur. -1 buah
  • Buat Royco. – 1 bungkus
  • Gula dibutuhkan. – 1 sendok makan
  • Gunakan garam. – 1/2 sdt
  • Siapkan minyak goreng.
  • Air dibutuhkan.
  • Siapkan bumbu halus.
  • Gunakan kacang.
  • Siapkan bawang putih – 2 pcs.
  • cabai diperlukan. – 5 buah
  • Cabai rawit diperlukan. -10 menyala
  • Gunakan daun jeruk. – 3 lembar

Langkah demi langkah masak Cilok dengan bumbu kacang pedas manis

  1. Langkah pertama masukkan tepung sagu, tepung terigu, telur, royco dan 2 sendok makan minyak goreng ke dalam kolam.
  2. Bawa air untuk direbus. Setelah air mendidih, tuang air rebusan sedikit demi sedikit ke dalam baskom berisi sagu sambil diaduk rata.
  3. Buat adonan bulat kecil. Kemudian rebus dalam air mendidih dan tambahkan 2 sendok makan minyak agar cilok tidak lengket. Bila cilok mengapung, berarti cilok sudah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Haluskan cabai dan bawang putih dan masak sampai aromanya matang.
  5. Haluskan (mixer) kacang tanah dan 1/2 gelas air. Lalu tuang ke dalam panci, tumis cabai dan bawang bombay tadi. Tambahkan gula, royco dan garam untuk memasak. Koreksi jika masih kurang.
  6. Jika bumbu diatas sudah matang. Campur cilok dengan bumbu dan aduk hingga merata.
  7. Cilok sambal kacang pedas manis siap disantap

Sekian Artikel buatan kami semoga artikel yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kita semua dan jika ada kesalahan di dalam artikel mohon maaf sebesar besarnya

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *