Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual Tapi Tetep Enak Dan Gampang

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual Tapi Tetep Enak Dan Gampang simak sampai selesai agar kalian dapat memahami dan juga mempraktekkannya sendiri

Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual Tapi Tetep Enak Dan Gampang

Para pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Cold Brew. Tapi, tahukah Anda, bagaimana cara membuat kopi dingin? Cara membuat makanan dingin bukanlah kopi panas dengan tambahan es, melainkan kopi yang diseduh menggunakan air dingin. Cara membuat makanan dingin ini hanya menggunakan alat sederhana secara manual.

Padahal, konsep dasar air dingin adalah mencampurkan air dingin atau air suhu ruangan dengan bubuk kopi kasar, kemudian diamkan selama 12 jam lalu disaring. Konsentrasi kopi yang diperoleh dapat diberikan sebagai minuman hangat atau dingin. Untuk mempertahankan rasa yang maksimal, simpan konsentrat kopi dalam wadah kaca tertutup di lemari es dan konsumsi selama kurang dari dua minggu. Penasaran ingin punya rumah? Mari kita lihat prosesnya!

Dalam metode ini, kopi dingin yang kami coba dibuat dari teko kopi Hario Mizudashi berukuran 1.150 ml. Selain prosesnya yang sangat mudah, menggunakan alat tersebut juga bisa dilakukan oleh yang masih bisa belajar membuat kopi, ukuran alatnya bisa digunakan untuk 5 gelas. Berikut langkah-langkah membuat kopi dingin.

Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual Tapi Tetep Enak Dan Gampang

  • lebokake kopi sing wis digiling dadi saringan (ayak) Mizudashi. Pasang saringan menyang pot / botol kaca
  • Tuang banyu adhem utawa banyu suhu ruangan udakara 500 gram. Rasio sing umum ditindakake yaiku 1: 7 (1 gram kopi dadi 7 gram banyu), nanging sampeyan bisa nggunakake rasio
  • miturut sampeyan. Rasio iki bakal ngeruhi kopi kerapatan. Banyu luwih akeh tinimbang kopi, mula bakal dakwujudake.
  • Aduk alon-alon supaya kopi lan banyu dicampur kanthi rapi. aja entuk obyek sing landhep kanggo nglakoake supaya ora ngrusak saringan.
  • Tutup pot Mizudashi. Banjur lebokake ing kulkas. Wektu sing cocog kanggo ‘rendhem’ kopi umume 8 jam – 12 jam, nanging suwene adhem iki gumantung karo rasa saben wong.
  • Sawise udakara 8 jam, jupuk pot kopi Hario Mizudashi saka kulkas. Copot saringan, yen sampeyan pengin ngliwati saringan ing pot sawise ekstraksi, rasane bakal kuwat banget lan uga pait.
  • kopi adhem bisa dinikmati.

Kalian Ingin Mempunyai Mesin Pembuat Kopi Yang Berkualitas Terbaik Bisa Cek Berikut Ini yaa : Mesin Pembuat Kopi

Tips tambahan!

  • Anda juga dapat menambahkan udara atau susu dengan perbandingan 1: 3 (1/4 untuk konsentrat kopi dan 3/4 untuk air atau susu). Rasio ini tidak mutlak, jadi Anda bisa mengatur rasio sesuai selera Anda.
  • Untuk hasil seduh yang maksimal, pilihlah kopi yang masih segar (kurang lebih 2 minggu setelah tanggal penyangraian) dan giling kopi sebelum diseduh. Ingat, tekstur lingkungan, tidak terlalu diperlukan. Selain itu, pilihlah kopi yang sangat asam, termasuk kopi dari Toraja atau Bali. Sebaiknya jangan menggunakan kopi dengan rasa sedikit asam karena akibat menyeduh kopi dengan caranya sendiri yang dingin, rasa asamnya banyak berkurang

Baca Juga : Kegunaan dan Fungsi Jalur Guiding Block Difabel

sekian dari saya mengenai Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual Tapi Tetep Enak Dan Gampang semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk dicoba ya teman teman caranya cukup mudah ikuti saja cara caranya di atas sekian dan trima kasih.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *