Cara Membuat Espresso

Cara Membuat Espresso

Espresso adalah salah satu minuman favorit di dunia, kopi ini terkenal dengan kopi yang tidak disaring tetapi tidak memiliki bubuk kopi. karena kopi jenis ini sangat populer di kalangan pecinta kopi.

Kopi ini pertama kali dikembangkan di negara-negara Eropa seperti Italia. Cara membuat kopi ini sangat mudah, kami hanya memilih beberapa biji kopi panggang yang telah berubah menjadi coklat tua, setelah itu mereka ditumbuk lebih halus dari biji kopi biasa. . Terutama hal terpenting dalam membuat kopi espresso adalah proses pembuatannya, karena harus menggunakan mesin uap listrik untuk membuat kopi espresso berkualitas tinggi dan lezat.

Cara Membuat Espresso

Bahan bahan yang digunakan

1. Biji kopi pilihan segar

2. Air mineral

Alat

1. grinder kopi atau mesin kopi

2. Cangkir kopi

3. Portafilter

4. Mesin kopi manual atau semi otomatis

Cara Membuat Kopi Espresso Menggunakan Mesin Kopi

1. Jenis biji kopi seperti toraja, Aceh Gayo Wamena. Untuk membuatnya harus direkomendasikan menggunakan biji kopi segar, bukan dalam bentuk bubuk. Sehingga rasa seduhan kopi enak dan segar. Untuk mengetahui biji kopi mana yang segar atau tidak, lihat dari tanggal sangrai bahwa biji kopi baru akan lebih segar, dan yang terbaik adalah biji kopi yang ada sekitar 7-11 hari setelah dipanggang.

2. Cobalah mencari biji-bijian berkualitas untuk membuat kopi yang rasanya enak maka kita tahu cara memanggang biji kopi dengan metode pembuatan bir. jika biji kopi diseduh dengan metode yang tepat, maka akan semakin menikmati rasa yang dihasilkan dari biji kopi itu.

3. Siapkan air mineral untuk mengetahui hasil maksimalnya, yaitu dengan menggunakan filter air sehingga kita bisa mendapatkan kadar air yang tepat.

4. Massal biji kopi menjadi penggiling kemudian digiling sesuai dengan jumlah dan kehalusannya. jumlah biji yang akan digunakan untuk segelas espresso adalah antara 7-13 gram.

5. Siapkan portafilter sebelum kita harus ingat bahwa portafilter harus hangat dan steril.

6. Masukkan biji kopi ke dalam portafilter. Kemudian lakukan tamping untuk meratakan kopi di portafilter untuk memastikan ampas kopi merata dan merata. ini adalah hasil stamping.

19. Bilas bagian yang mengeluarkan cairan espresso sebelum melakukan proses menyeduh atau ekstraksi kopi lakukan pembilasan dari cairan espresso.

20. Pastikan suhu air dalam kondisi yang diinginkan. suhu air yang digunakan berkisar antara 90-97c. untuk segelas air yang digunakan sekitar 25-36gram.

21. Pastikan coffemug dipanaskan dengan waktu lama, ekstraksi selama yang kita inginkan, tidak harus 20-40 detik. jika waktunya terlalu cepat maka rasanya asam dan tidak enak. oleh karena itu untuk tingkat penyempurnaan kopi dibuat lebih halus sesuai dengan selera masing-masing.

22. Espresso yang akan keluar terdiri dari crema di lapisan atas dan kopi cair di bawahnya

Fakta Unik dari Kopi Espresso

Dibuat Dengan Mesin Khusus

Espresso hanya dibuat menggunakan mesin khusus yang hampir bisa merebus air kecil dan uap ditekan ke dalam bubuk kopi yang telah dipadatkan. Ini juga membuat kopi espresso jauh lebih tebal daripada kopi yang diseduh dengan metode lain

Paling sempurna

Ristreeto adalah nama minuman kopi yang jauh lebih kuat dari espresso. itu karena 1 shot ristreto adalah 3/4 ons ekstraksi espresso pertama.

Cafe Latte

Salah satu minuman espresso yang paling terkenal adalah cafe latte. minuman ini dibuat dari satu suntikan espresso dicampur dengan 6-8 ton susu yang telah dipanaskan kemudian berbusa di atasnya

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *