Cara Membuat Kerupuk Puli Dari Tepung Kanji

Kali ini kita akan membagi resep tentang cara membuat kerupuk puli dari tepung kanji. Cara membuatnya pun tidak gampang gampang susah tapi kalau salah mengolahnya rasanya akan hambar dan cenderung tidak enak.

Dibawah ini adalah cara membuat kerupuk puli dari tepung kanji.

Bahan :

  1. nasi.
  2. Siapkan Air untuk merendam – .
  3. Siapkan ketumbar bubuk – Sedikit.
  4. Kaldu ayam – .
  5. Siapkan Secukupny tepung kanji, – .
  6. bawang putih – 3 bh.
  7. Siapkan Garam – .

Cara membuat kerupuk puli dari tepung kanji :

  1. Pertama rendam nasi kurang lebih 3-4 jam, stlah empuk, tiriskan.
  2. Kemudian haluskan bawang putih dan garam.
  3. Setelah itu haluskan nasi bsa di uleg/d blender, masukkan dlm wadah.
  4. Lalu campur nasi halus dengan bawang putih uleg halus, ketumbar bubuk, kaldu ayam, dan tepung kanji, aduk terus smpai adonan kalis, bntuk sesuai selera, bsa lonjong ato bulat.
  5. Kemudian didihkan air, stlah mndidih masukkan adonan yg sudah di bentuk tadi, tunggu sampai mengapung, angkat dan biarkan dingin.
  6. Masukkan ke kulkas biar gak terlalu lengket kalo di Iris,.
  7. Kemudian iris tipis, dan tata di nampan, jemur smpai kering,.
  8. Baru di goreng,.

Tips menggoreng kerupuk agar tetap bisa mengembang

1. Pertama sebelum menggoreng kerupuk, pastikan kerupuk yang mau digoreng tidak basah ataupun lembap. Jika lembap, sebaiknya kerupuk dijemur terlebih dahulu di bawah terik sinar matahari sampai mengkering. Kerupuk yang lembap bisa membuatnya menjadi lempem atau bantat pada saat digoreng.

2. Untuk mendapatkan kerupuk yang mengembang, siapkan penggorengan atau wajan yang cekung. Tujuannya supaya kerupuk bisa tenggelam dalam minyak, dan matang merata saat digoreng.

3. Perhatikan pula pengaturan api, ya bun. Sebaiknya gunakanlah api sedang saja. Jangan sampai wajan dan minyak terlalu panas karena ini akan membuat kerupuk cepat gosong dan melempem.

4. Untuk menggoreng kerupuk yang tipis dan berukuran kecil seperti kerupuk aci, gorenglah sedikit-sedikit saja. Jangan terlalu banyak karena akan membuat suhu minyak turun dan kerupuk tidak bisa mengembang.

5. Sedangkan untuk kerupuk yang berukuran lebar seperti kerupuk udang, goreng satu persatu dengan sedikit ditekan di bagian tengahnya agar kerupuk tidak melengkung dan kerupuk bisa mengembang.

6. Jika kerupuk sudah matang, tiriskan di atas menggunakan kertas tisu. Kemudian tunggu kerupuk sampai dingin, baru dimasukkan ke dalam stoples. Jangan masukkan kerupuk masih panas dalam stoples karena akan membuatnya basah dan menjadi melempem.

Tips Makan Kerupuk yang Sehat untuk Tubuh

Kerupuk yang diproduksi oleh pabrik dan yang akan diarkan dalam bentuk matang mungkin cukup berisiko karena dengan cara menggorengnya, meski bisa dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Agar risiko yang ditimbulkan oleh kerupuk tidak akan terjadi kepada kita, Anda disarankan untuk membeli kerupuk mentah dan menggorengnya sendiri dengan minyak yang terbaik, misalnya dengan menggunakan minyak kelapa bukan minyak kelapa sawit.

Selain itu, untuk mendapatkan nutrisi, pilihlah kerupuk yang menggunakan bahan baku dari ikan atau udang. Kerupuk jenis ini masih memiliki kandungan protein yang bermanfaat untuk tubuh kita. Anda bisa mengonsumsi kerupuk udang atau kerupuk ikan ini sebagai pendamping makanan atau lauk.

Cara Menyimpan Kerupuk Agar Tidak Melempem

Cara pemenyimpan keripik supaya tidak melempem yang kedua ini tetap akan membutuhkan kemasan. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan keripik dari kemasan bawaannya. Kemudian gulung dengan rapi, lalu ikat dengan karet dan dimasukkan ke dalam freezer.

Beberapa jenis makanan, yang salah satunya seperti kerupuk, juga dapat  terasa lebih renyah apabila disimpan di dalam kulkas. Namun, pastikan juga supaya udara tidak bisa masuk dan kerupuk atau keripik tetap berada pada keadaan kering dan di dalam kemasan.

Tips pertama dan yang utama adalah pemilihan stoples Ladies. Dan harus memilih stoples yang rapat dan juga kedap udara. Semakin rapat akan semakin baik. Anda bisa pilih stoples putar, karena tidak memungkinkan kalau ada pergantian udara dari luar ke dalam. Jika tak ada kamu bisa menggunakan stoples apapun asalkan kualitasnya baik pada bagian tutupnya.

Selanjutnya kamu disarankan untuk memakai tisu atau kertas bungkus Ladies. Ini untuk mengusahakan stoples yang tidak rapat atau kurang rapat agar kerupuk tidak melempem. Caranya yaitu, gunting tisu atau kertas bungkus makanan sedikit lebih besar dari ukuran tutup dan juga bibir stoplesnya. Letakkan kertas pada bagian tutup stoples kemudian tutuplah stoples tersebut. Ini akan membantu mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan kerupuk anda mudah melempem.Anda juga bisa menggunakan mesin pres ini untuk mengepres.

Agar tak mudah melempem kamu juga sebaiknya tidak terlalu sering membuka dan menutup stoples. Jika kamu terlalu sering membuka dan menutup wadahnya, maka angin akan masuk dan membuat kerupuk anda menjadi melempem. Ambil secukupnya dan segera tutup stoples.

Nah, begitulah cara membuat kerupuk puli dari tepung kanji mudah bukan? kerupuk puli dari tepung kanji juga bisa dijadikan peluang usaha loh. jika anda mau usaha kerupuk puli dari tepung kanji maka anda bisa mengemas menggunakan mesin pres agar lebih cepat dan rapi.