Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat yang Nampol

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat

Halo teman-teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat kerupuk seblak kering bantat yang pedas, renyah, dan tentunya mudah diikuti.

Seblak adalah salah satu hidangan pedas yang paling populer di masyarakat Indonesia. Makanan khas Bandung ini juga sempat viral beberapa waktu lalu.

Nah, untuk informasi selengkapnya tentang cara membuat kerupuk seblak kering bantat, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Juga, pastikan untuk membaca artikel sampai akhir agar Anda tidak melewatkan hal-hal keren tentang kerupuk seblak kering bantat.

Kerupuk Seblak Kering


Bandung adalah kota dengan banyak makanan khas. Makanan khas Bandung ini terdiri dari beberapa masakan dan salah satunya disebut seblak.

Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dibuat dengan sayuran dan bumbu pedas spesial bersama dengan ayam, telur, daging sapi, atau mie. Kini seblak menjadi jalan yang populer bagi berbagai kalangan.

Seblak disajikan di restoran dan warung makan dan dijual oleh pedagang kaki lima di atas gerobak. Makanan ini memiliki rasa yang segar, pedas dan tersedia dalam beberapa varian dari segi rasa, topping, dan bisa juga dipadukan dengan jenis masakkan lainnya.

Saat ini ada dua cara membuat seblak, yaitu seblak kering dan seblak basah. Proses pembuatan seblak kering praktis sama dengan makanan olahan pedas pada umumnya. Contohnya termasuk basreng (bakso goreng), ceker goreng, makaroni, kerupuk pedas, mie pedas, dll.

Pada saat yang sama, seblak basah disiapkan dengan saus rempah yang lezat dengan aroma kencur yang khas. Di masa sekarang seblak sudah banyak variasinya, tidak hanya mie basah dan kerupuk saja, tetapi Anda bisa mengvariasikan sayap ayam, sosis, bakso, mie, tulang ayam, dan ceker.

Seblak Kering

Seblak kering merupakan salah satu dari beberapa jenis seblak yang juga sangat populer dan bisa dinikmati. Bumbu pedas merupakan kombinasi yang tak terpisahkan dari seblak, baik itu seblak kering maupun seblak basah.

Rasa pedas inilah yang membuat seblak menjadi khas, jadi jika dibuat tanpa campuran bumbu rasanya ada yang kurang.

Baik seblak basah maupun seblak kering menggunakan kerupuk. Untuk membuatnya, Anda bisa memilih dua jenis kerupuk, yaitu kerupuk udang dan kerupuk bawang. Satu – satunya perbedaan antara keduanya adalah proses membuatnya.

Jika kerupuk yang akan dipanggang dalam seblak basah direndam terlebih dahulu dan direbus hingga empuk, dalam hal seblak kering, kerupuk yang akan dipanggang langsung disangrai dengan bumbu halus hingga menngembang dan mekar.

Tentunya Anda harus berhati-hati saat menggoreng seblak ini agar kering agar tidak gosong dan membuatnya berbulu. Perbedaan lain antara seblak kering dan seblak basah adalah daya tahannya. Seblak basah hanya bisa bertahan beberapa jam atau sehari.

Seblak kering disimpan dalam wadah kedap udara untuk waktu yang lama dan memiliki crunch yang cukup. Kerupuk kering biasanya dibungkus dengan plastik yang disegel dengan tangan atau dengan klip yang rapat.

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg kerupuk (1 kg)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Daun jeruk yang goreng dan remuk kecil – kecil (12 lembar)
  • Bawang putih goreng (3 sendok)
  • Royco (2 sendok teh)
  • Kencur bubuk, sangrai sampai harum (2 sendok teh)
  • Bon cabe / cabe bubuk (6 sendok makan)

Cara membuat :

  1. Rendam kerupuk dalam minyak selama minimal 30 menit atau hingga 2 jam.
  2. Ambil penggorengan. Kemudian tambahkan kerupuk yang sudah direndam minyak, lalu tambahkan minyak sampai kerupuk terendam seluruhnya.
  3. Kemudian nyalakan api, nyalakan api tertinggi. Biarkan minyak mendidih lalu kecilkan api.
  4. Terus ketuk kerupuk sampai terapung, ini tandanya kerupuk sudah matang.
  5. Biarkan mengapung sekitar 2 menit sebelum diangkat agar kerupuk matang sempurna.
  6. Kemudian keluarkan kerupuk. Tiriskan dan letakkan di atas nampan.
  7. Setelah kerupuk dingin, taburi dengan bumbu dan aduk hingga tercampur rata.
  8. Terakhir masukkan ke dalam toples, selesai.

Nah, itu tadi adalah cara membuat kerupuk seblak kering bantat yang bisa kalian coba dirumah, kalian juga bisa mendapatkan mesin hand sealer untuk membungkus kerupuk seblak di Rumah Mesin.

Baiklah, sekian dulu untuk artikel “Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat yang Nampol”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya, peace out!

Ayo Berbagi Tips