Cara membuat kripik jagung tortilla

Cara membuat kripik jagung tortilla-Halo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat kripik jagung tortilla, pembuatan kripik jagung tortilla tidak memerlukan banyak biaya serta tenaga loh.

Cara membuat kripik tortilla

Sebelum masuk pembahasan cara membuat keripik jagung tortilla saya akan membahas sedikit tentang jagung.Tortilla merupakan salah satu produk olahan jagung hasil pemasakan alkali yaitu dengan penambahan kapur (Nixtamalized products) yang paling populer.

Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.

Tortilla biasanya berupa sejenis keripik atau chips yang terbuat dari jagung berbentuk bundar gepeng dengan ukuran ketebalan yang berbeda- beda

Tortilla yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke Dunia Baru dari Spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan Spanyol. Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi, yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortilla jagung.

Tortilla gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab, negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan, walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya. Di Tiongkok dikenal laobing, kue tebal berbentuk bundar seperti pizza, sementara di India ada roti yang terbuat dari gandum.

Keduanya adalah contoh kue dari negara lain yang mirip dengan tortilla. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi keripik jagung tortilla garing kriuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis keripik jagung tortilla chips aneka rasa. Sebelum kita keresepnya mari kita lihat dulu apa manfaat jagungnya.

Jagung manis mengandung banyak vitamin, di antaranya: Asam pantotenat alias vitamin B5, hampir sering ditemukan pada semua makanan, termasuk jagung. Folat atau yang juga dikenal sebagai vitamin B9 atau asam folat merupakan nutrisi penting selama kehamilan. Vitamin B6 dapat mendukung berbagai fungsi dalam tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat jagung 

  1. Melancarkan saluran pencernaan.
  2. Menyehatkan mata
  3. Meningkatkan kepadatan tulang
  4. Mencegah depresi
  5. Mengendalikan tekanan darah
  6. Menangkal radikal bebas
  7. Baik untuk kesehatan jantung

Cara membuat kripik jagung tortilla

BAHAN :

  • Tortilla jagung manis
  • 1 cup tepung jagung/Maize/Makai ki atta, bisa pake merk maizena
  • 1 sdt oregano seed/Ajwain
  • 1 sdt Jinten/Carrom seed/Zeera
  • Air hangat secukupnya
  • Garam secukupnya

CARA MEMBUAT KERIPIK JAGUNG TORTILLA CHIPS :

  1. Campur semua aduk rata, tuangi air hangat sedikit demi sedikit, jangan terlalu lembek.
  2. Uleni sampai lembut dan kalis., tambahkan air jika perlu.
  3. Buat adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.
  4. Beri alas plastik. Gilas perlahan di dalam plastik supaya tidak pecah, karena tepung ini sangat mudah hancur.
  5. Letakkan di atas wajan ceper dengan api sedang, perlahan dan bolak balik sampai adonan menyatu dan tidak hancur.
  6. Ulangi terus sampai adonan bulat habis dan adonan ceper siap di potong-potong sebelum di goreng.
  7. Potong-potong adonan ceper sesuai ukuran yang diinginkan, misalnya dibagi 2, bagi 3, bagi 4 dll.
  8. Goreng peke minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan, Tortilla Chips untuk camilan enak di cocol dengan saus Salsa resep menyusul di artikel selanjutnya.
  9. Sajikan.

Mesin perontok jagung adalah alat mesin pertanian yang digunakan sebagai mesin pemipil jagung. Alat mesin ini bisa memisahkan biji jagung dari tongkolnya menjadi jagung pipilan.

Mesin perontok jagung merupakan alat yang berfungsi untuk melepaskan biji jagung dari tongkol jagung

Cukup sekian isi dari artikel saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba terima kasih…