Cara Membuat Kue Choco Chips

cara membuat kue choco chips terkenal dan ikonik dibuat oleh koki wanita Amerika. Seperti apa ceritanya? Seorang koki wanita Amerika bernama Ruth Graves Wakefield lahir pada tahun 1903. Dia tidak hanya pencipta resep, tetapi juga koki yang berpendidikan tinggi. Wakefield juga seorang ahli gizi, guru, pemilik bisnis, dan penulis buku masak.

Wakefield dan suaminya memiliki sebuah pondok di Whitman, Massachusetts, pada tahun 1930. Itu disebut ‘The Toll House Inn’ yang memiliki penginapan itu. Semua makanan yang disajikan di penginapan dimasak oleh Wakefield sendiri.

Wakefield menjadi terkenal di daerah di mana pondok itu didirikan karena menciptakan makanan lezat, apalagi makanan penutup yang inventif dan unik. Dan yang paling ikonik dari penemuan resepnya adalah chocolate chip cookies yang kini menjadi kue terkenal di seluruh dunia.

Penemuan kue kering keping cokelat pertama kali dilakukan saat ia ingin membuat sejumlah kue kering cokelat mentega yang merupakan resep kolonial untuk para tamunya. Namun ketika dia membuat kue, dia menyadari bahwa dia telah kehabisan bahan seperti tepung. Ada juga yang mengatakan bahwa Wakefield kehabisan kacang untuk campuran kuenya.

cara membuat kue choco chips

Dengan bahan seadanya, Wakefield akhirnya mengubah resepnya sedikit dengan mengganti kacangnya dengan choco chips. Dia terkejut ketika melihat choco chipsnya tidak meleleh. Dari situlah, asal mula kue keping cokelat dibuat.

Karena Wakefield juga seorang penulis buku masak, ia akhirnya memasukkan resep kue ikoniknya pada tahun 1938. Ia menamai resepnya dengan ‘Toll House Chocolate Crunch Cookie’. Hingga akhirnya popularitas kue kering keping cokelat ini melambung tinggi saat Perang Dunia II. Bahkan para prajurit Perang Dunia II mengirim surat kepada keluarga tersebut meminta lebih banyak kue keping coklat karena mereka menyukainya.

Cara Membuat Kue Choco Chips

Ternyata cara membuat kue choco chips tidak terlalu sulit, saya sudah mencoba resep ini dan berhasil. Bahan bahannya juga mudah ditemukan. Bahan utamanya tentu sajaj coklat, coklat biasa diolah dengan mesin coklat.

Bahan Bahan

  • 250 gr mentega
  • 250 gr gula halus
  • 2 sdt baking powder
  • 2 sdt pasta coklat (opsional)
  • 350 gr tepung terigu protein rendah (kunci biru)
  • 30 gr coklat bubuk
  • 200 gr choco chips
  • 2 butir telur utuh

Cara Membuat Kue Choco Chips

  1. Mixer dulu mentega dan gula halus. Disarankan menggunakan gula bubuk agar langsung tercampur dengan adonan. Aduk hingga mengembang dan warnanya berubah menjadi putih pucat sekitar 8-10 menit.
  2. Tambahkan telur kemudian kocok kembali dengan kecepatan tinggi hingga tercampur rata.
  3. Kemudian tambahkan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder yang telah disaring terlebih dahulu agar tidak menggumpal. Tambahkan pasta cokelat.
  4. Aduk kembali sebentar hingga tepung menyatu dengan adonan.
  5. Tambahkan 3/4 chocochip ke dalam campuran dan aduk dengan spatula. Teksturnya kurang lebih seperti ini.
  6. Kemudian panaskan oven dengan suhu 180°C selama 10 menit.
  7. Olesi loyang dengan mentega lalu ambil 2 sendok untuk membentuk adonan. Masukkan 1/2 sendok makan adonan dan bentuk bola seperti ini.
  8. Letakkan di loyang agak berjauhan karena nanti adonan akan melebar. Usahakan beri jarak ukuran adonan, karena saya pernah coba sekali yang rapat dan akhirnya mentok.
  9. Setelah rapi taburi bagian atas adonan dengan 1/4 sisa choco chips. Sehingga nantinya bagian atasnya akan semakin cantik dan rasa coklatnya juga akan terasa. Kalau suka coklat bisa ditambah chocochips.
  10. Kemudian panggang dengan suhu 180 ° C bagian atas dan bawah selama 20-25 menit. Disesuaikan dengan ketebalan adonan. Untuk memanggang ini saya menggunakan oven listrik, tapi oven kompor juga bisa.
  11. Setelah matang, angkat panci. Biasanya adonan yang baru diangkat terlihat lengket dan lengket, jadi tunggu sekitar 5 menit sampai agak mengeras sebelum mengeluarkan adonan dari loyang. Tunggu hingga benar-benar dingin dan renyah.

Jika sudah dingin, Anda bisa memasukkannya ke dalam kotak kue. Bagaimana? Mudah kan cara membuat kue choco chips. Selamat mencoba, resepnya dijamin anti gagal club. Bisa juga untuk cemilan keluarga.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *