Cara Membuat Roti Bolang Baling

Artikel ini akan membahas tentang cara membuat roti bolang baling. Jadi bagi kalian yang mencari resepnya silahkan baca sampai habis.

Bolang Baling

cara membuat roti bolang baling

Bolang baling merupakan makanan ringan yang rasanya manis dengan tekstur yang lembut. Oleh karena itu, bolangballen menjadi jajanan favorit anak-anak sekolah dasar. Memang, di masa lalu, penjual bola pasti ada di antara pedagang lain sebelum sekolah dasar.

Namun, dari tahun ke tahun semakin sedikit pedagang bolang baling di sekolah dasar sampai benar-benar tidak ada yang menjualnya pada sekolah dasar. Masalah ini disebabkan oleh kurangnya pamor jajanan pada jajanan lain seperti mainan, cilok, lumpia, telur mini dan lain-lain.

Tapi Anda masih bisa menemukan penjual peluru di pasar atau di pinggir jalan. Namun semua berubah ketika seorang dealer odading (bernama Bolang Baling dari Bandung) mempromosikan odading mereka melalui sebuah video di media sosial.

Saking eksentriknya, video promosinya viral di dunia maya. Ini menarik perhatian publik untuk oding. Jadi kita bisa melihat berapa banyak orang yang menjual bola penyangga di semua tempat.

Cara membuat roti bolang baling


Nah bagi anda yang tidak suka jajanan pinggir jalan dan lebih suka membuat jajanan sendiri. Disini saya akan berbagi resep dan cara membuat bola-bola lembut.

Bahan :

250 gram tepung terigu
1 telur
1 sendok teh Fermitan
1/4 sendok teh vanili
100 ml air hangat
2 sendok makan mentega
4 sendok makan gula pasir
Gula wijen untuk taburan

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan wadah, lalu tuang ragi, gula dan air hangat. Aduk selama 5 menit dan jika berbusa berarti ragi aktif tapi jika tidak berbuih berarti ragi sudah mati dan lebih baik diganti.
  2. Ambil tempat lainnya kemudian masukan tepung,vanila, mentega, telur, dan Fermipan. Aduk hingga semua bahan tercampur dan tidak lengket lagi di tangan.
  3. Istirahatkan adonan sekitar 45 menit sampai 1 jam’an. Tunggu hingga adonan mengembang hingga 2 kali lipat dari adonan aslinya.
  4. Setelah mengembang, ambil adonan dan pipihkan, lalu olesi bagian atas adonan dengan air dan taburi biji wijen. Dan 15 menit lagi istirahat.
  5. Setelah 15 menit, potong adonan menjadi kotak-kotak dan letakkan adonan yang sudah dipotong di atas tepung agar tidak lengket.
  6. Siapkan wajan, masukkan minyak dan masak minyak sampai mendidih.
  7. Kalau minyak sudah panas dan mendidih masukan adonan bolang baling dan masak sampai matang ke kecoklatan
  8. Jika sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan.

Efek Samping Rutin Memakan Makanan Manis

Inilah beberapa bahaya yang mengancam kalau kalian keseringan memakan hidangan yang manis.

Jadi pengen makan terus

Satu studi menemukan bahwa kadar gula yang berlebihan dalam tubuh meningkatkan risiko resistensi terhadap leptin, hormon yang mengontrol nafsu makan dan rasa lapar. Leptin dibuat dalam sel-sel lemak dan beredar dalam darah. Tugas hormon ini adalah memberi sinyal ke otak bahwa perut sudah kenyang.

Kadar gula darah yang tinggi dapat mengganggu kerja leptin dengan mengirimkan sinyal tersebut ke otak. Akibatnya, Anda tidak akan berhenti makan karena otak Anda tidak mendapatkan sinyal penuh meskipun Anda sudah makan banyak. Resistensi leptin inilah yang meningkatkan risiko obesitas.

Risiko diabetes dan obesitas meningkat

Kandungan gula dari makanan manis akan menumpuk sebagai lemak perut. Jenis lemak ini berbahaya karena dapat menyebabkan otak Anda selalu menerima sinyal lapar. Hasilnya, timbunan lemak di perut semakin banyak. Terlalu banyak lemak perut bisa menjadi faktor penyebab berbagai masalah kesehatan, seperti peradangan dan tekanan darah tinggi.

Efek negatif ini juga bisa terjadi jika Anda menambahkan gula pada makanan dan minuman. Karena kalori dalam gula jauh lebih berbahaya daripada makanan lain, dampaknya terhadap kesehatan jauh lebih besar. Namun, bila sudah terlanjur mengidap diabetes, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan seperti Konilife Glucotrim (Rp115.500) yang dapat menjaga kadar gula darah dan membantu penyerapan kolesterol serta penguraian lemak tubuh.

Kemungkinan terkena penyakit jantung juga meningkat

Tak hanya bisa menyebabkan kenaikan berat badan, konsumsi makanan manis yang berlebihan juga berisiko terkena penyakit jantung koroner. Makanan manis akan mempengaruhi kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, molekul dalam gula yang disebut “glukosa 6-fosfat” dapat menyebabkan perubahan pada otot jantung yang menyebabkan gagal jantung.

Memicu pertumbuhan sel kanker

Darah dalam darah yang terlalu banyak dapat meningkatkan kadar insulin pada tubuh, sehingga banyaknya kadar insulin tersebut akan membuat pertumbuhan sel kanker. Terutama kanker payudara, usus besar dan rahim. Bagaimana bisa?

Setiap sel dalam tubuh Anda membutuhkan glukosa, yaitu gula, untuk energi. Glukosa akan diangkut ke setiap sel dan jaringan di tubuh Anda. Padahal, meski tanpa karbohidrat, tubuh Anda tetap bisa membuat gula dari lemak dan protein.

Jadi jika Anda kebanyakan makan makanan manis, berat badan Anda justru akan bertambah. Kelebihan berat badan ini bertanggung jawab atas perubahan kadar hormon seks atau insulin.

Gigi rusak

Gula, yang sering ditemukan dalam minuman dan makanan manis, dapat merusak gigi. Bakteri di dalam mulut akan berkembang pesat jika kebutuhan makanan utama yaitu gula terpenuhi dengan baik.

Artikel cara membuat roti bolang baling yang dapat saya bagikan, jika kalian masih ingin membaca artikel tentang bolang baling dapat membaca artikel ini. Atau baca artikel menarik lainnya pada website ini.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *