Cara Membuat Roti Sobek Manis yang Gampang dan Enak

cara membuat roti sobek manis

Roti sobek adalah makanan yang cocok untuk disantap beersama keluarga di rumah. Nah, kali ini saya akan membagikan resep cara membuat roti sobek manis.

Sejarah Roti

Roti adalah makanan yang dibuat dengan cara memfermentasi tepung terigu dan air dengan ragi, namun ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Namun kemajuan teknologi telah memungkinkan manusia untuk mengolah roti dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, dan telur, serta menambahkan kadar protein untuk mendapatkan tekstur dan rasa tertentu.

Roti adalah makanan pokok banyak negara Barat. Roti adalah bahan dasar dalam pizza dan merupakan lapisan terluar dari sandwich. Roti biasanya dijual dalam bentuk irisan, terbungkus rapi dengan plastik dan masih segar.

Roti dianggap sangat penting dalam beberapa budaya sehingga menjadi bagian dari upacara keagamaan.

Roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Bukti di Eropa 30.000 tahun yang lalu menunjukkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk mengaduk makanan.

Pada saat itu, tepung mungkin sudah mulai diekstraksi dari umbi-umbian, seperti cattail dan pakis. Tepung ini ditaburkan di atas batu datar dan dibakar di atas api untuk membentuk roti pipih primitif.

Sekitar 10.000 SM, dengan munculnya era Neolitikum dan perkembangan pertanian, biji-bijian menjadi komponen utama roti. Biji ragi belum diketahui, sehingga adonan mengembang secara alami tanpa campur tangan manusia.

Cara Membuat Roti Sobek Manis yang Gampang dan Enak

Cara Membuat Roti Sobek Ubi Ungu Manis

Bahan :

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 200 gram ubi ungu, kupas dan cincang
  • 1 telur
  • 25 gram gula pasir
  • 1 sendok teh ragi
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 15 gram mentega
  • 150 ml susu cair

Cara Membuat :

  1. Panaskan kukusan dan kukus ubi ungu dengan api sedang selama 20 menit.
  2. Setelah itu tumbuk ubi ungu dengan tumbukan selagi masih panas. Jika Anda memilikinya, simpan.
  3. Siapkan wadah dan masukkan tepung terigu, gula pasir, garam, ragi dan ubi ungu yang sudah dihaluskan.
  4. Selanjutnya, tuangkan susu cair dan telur kocok dan aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Kemudian ketuk dengan mixer sebentar.
  5. Tambahkan mentega dan aduk lagi selama 20 menit hingga rata. Tutup dengan bungkus plastik dan biarkan selama 1 jam sampai mengembang.
  6. Pindahkan ke piring atas yang dilapisi perkamen, tutup kembali, dan biarkan selama 1 jam hingga mengembang.
  7. Kemudian masukkan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 150 derajat Celcius selama 20-30 menit. Jika sudah matang, keluarkan roti ubi ungu dan angkat.

Cara Membuat Roti Sobek Susu Manis

Bahan :

  • 250 gram tepung terigu
  • 30 gram mentega
  • 30 gram gula pasir
  • 180 ml susu cair
  • 3 gram garam
  • Ragi instan 5 gram

Cara membuat:

  1. Coba campur tepung, gula, susu cair, dan ragi instan dalam mangkuk.
  2. Mixer dengan kecepatan rendah hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam, lalu aduk kembali dengan kecepatan sedang hingga adonan elastis. Elastisitas di sini berarti adonan tidak akan sobek walaupun dioleskan.
  4. Biarkan adonan dalam mangkuk yang diminyaki.
  5. Tunggu sekitar 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  6. Peras adonan dan bagi adonan dengan berat masing-masing 40 gram. Tutup dengan wrap atau kain dan diamkan selama 15 menit.
  7. Kecilkan lagi adonan lalu gulung lagi. Susun di piring atas dan biarkan hingga mengembang dua kali lipat (sekitar 45 menit).
  8. Taburkan tepung di permukaan dan panggang pada suhu 180 ° C selama 15-20 menit.

Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Mencegah penyakit jantung

Menurut sebuah penelitian, makan ubi ungu dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Manfaat tersebut berasal dari kandungan potasium di dalamnya.

Ubi ungu juga mengandung serat yang menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, komponen anti inflamasi pada ubi ungu juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Menjaga berat badan

Selain menurunkan kadar kolesterol, kandungan serat ubi jalar ungu dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet atau yang menjaga berat badan. Keunggulan ini juga didukung oleh kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya.

Mencegah kanker

Ubi jalar ungu mengandung antosianin. Antosianin merupakan zat yang memberi warna ungu pada ubi jalar dan bersifat antioksidan. Senyawa ini dapat memerangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker, terutama pada ginjal, usus besar, dan payudara.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat lain dari ubi ungu adalah menjaga kesehatan mata. Keunggulan ini karena kandungan beta-karoten yang tinggi. Tak hanya itu, kandungan vitamin C, seng, dan tembaga pada ubi jalar ungu juga dapat mencegah penyakit mata terkait usia seperti degenerasi makula.

Mengurangi risiko peradangan

Mengkonsumsi ubi ungu diduga dapat mengurangi risiko peradangan dan peradangan akibat radikal bebas. Ini karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Gembong yang Enak dan Lembut

Itulah resep cara membuat roti sobek manis yang gampang dan enak. Tentunya resep ini bisa anda coba di rumah.