Cara Membuat Sambal Sate Taichan Yang Gurih dan Lezat

Cara Membuat Sambal Sate Taichan

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga selalu sehat,pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat sambal sate taichan yang gurih dan lezat.

Sate Taichan

Aneka kuliner yang beraneka ragam telah menarik banyak perhatian di Indonesia. Anda akan dengan mudah menemukan berbagai macam hidangan dengan harga yang berbeda.

Di setiap daerah Anda akan menemukan banyak kuliner khas Indonesia dengan cita rasa yang khas. Meski memiliki nama kuliner yang sama, rasa yang ditawarkan pasti akan berbeda di setiap daerah.

Sate merupakan salah satu pilar utama masakan Indonesia yang mencakup lebih dari satu jenis, seperti Sate Madura, Sate Padang, Sate Klatak, dan berbagai jenis Sate lainnya. Salah satu sate terpopuler saat ini adalah Sate Taichan dan ini merupakan peluang bisnis yang sangat populer saat ini.

Sudah pernah mencoba sate taichan? Sate Taichan adalah sate ayam biasa yang dipanggang tanpa menggunakan berbagai bumbu dan hanya menggunakan garam dan jeruk nipis sebagai bumbunya. Sate Taichan disajikan dengan sambal dan bisa disantap dengan lontong.

Kisaran harganya berkisar Rp 2.500,00 / tusuk sate atau Rp 20.000,00 / porsi. Jika Anda pergi ke kawasan Senayan Anda akan menemukan banyak warung sate taichan.

Tahukah Anda Asal Usul Sate Taichan

Tentu saja jika kita melihat nama “Taichan” kita ingat bahwa sate ini berasal dari China atau Jepang. Asal usul sate Taichan belum dikonfirmasi dengan benar.

Menurut beberapa informasi yang ada, Sate Taichan berawal dari kedatangan pasangan muda Jepang-Indonesia yang ingin membeli sate di salah satu stand sate Madura di kawasan Senayan, Indonesia.

Orang Jepang tidak terlalu suka sate kacang, yang biasanya ada di Indonesia. Kemudian laki-laki itu berinisiatif dan membakar sendiri tusuk sate, hanya menambahkan garam dan jeruk nipis untuk membumbui sate.

Setelah dimasak sebagai lauk dengan sate, pria itu menambahkan sambal sebagai pengganti saus kacang. Saat penjaga toko menanyakan nama satenya, pria itu langsung menjawab, “Sate Taichan”. Disini Sate Taichan mulai berkembang di Indonesia.

Awalnya, Sate-Taichan hanya dijual oleh 2 dealer Sate di kawasan Senayan yaitu Pak Amir sebagai cikal bakal Sate-Taichan dkk, namun kini Sate-Taichan sudah berkembang di seluruh Indonesia.

Manfaat Ayam

Cara Membuat Sambal Sate Taichan Yang Gurih dan Lezat

Baca juga : Cara Membuat Sate Taichan yang Enak dan Mudah

Sumber Protein Yang Baik

Salah satu manfaat utama ayam adalah sebagai sumber protein yang baik untuk otot. Padahal, menurut Departemen Pertanian AS, dada ayam adalah salah satu sumber protein terbaik.

100 gram dada ayam mengandung 14,8 gram protein. Secara umum, kebutuhan protein manusia adalah 1 gram per 1 kilogram berat badan.

Tentu saja, mengonsumsi 100 gram dada ayam saja sudah memenuhi seperempat dari kebutuhan protein harian seseorang dengan berat sekitar 60 kilogram Tak hanya itu, kandungan protein yang tinggi pada ayam juga membantu pembentukan otot.

Ini karena ayam mengandung protein asam amino yang sangat baik untuk otot kita.

Mengandung Vitamin dan Mineral

Selain sebagai sumber protein, ayam juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Manfaat ayam vitamin B berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Daging ayam juga mengandung vitamin D yang dapat membantu menyerap kalsium dan memperkuat tulang. Selain itu, vitamin A yang dikandungnya juga sehat untuk penglihatan dan berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Manfaat daging ayam juga bisa didapat dari kandungan mineralnya, seperti zat besi, yang bisa mencegah anemia. Selain itu, potasium dan sodium di dalamnya juga baik untuk kesehatan gigi otak.

Cara Membuat Sambal Sate Taichan

Bahan Cara Membuat Sambal Sate Taichan :

  • 500 gr dada ayam bersihkan potong kotak”
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada
  • Bahan sambel :
  • 40 buah cabe rawit
  • 4 buah cabe merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 6-7 buah bawang merah
  • 2 buah jeruk limau
  • Secukupnya garam, gula dan penyedap non msg

Cara Membuat Sambal Sate Taichan

  1. Dada ayam yg sdh d potong kotak”lumuri dgn air jeruk nipis. Diamkan 10 menit. Setelah itu cuci kembali, lalu lumuri dgn bawang putih yg sudah d haluskan, garam dan juga lada. Aduk” dan diamkan 20 menit.
  2. Bahan sambel d rebus semua (kecuali jeruk limau) sampai layu. Lalu haluskan dgn blender d tambah dgn air rebusan tadi (agak banyak). Setelah itu tumis dgn sedikit minyak, tambahkan garam, gula dan penyedap non msg. Tumis hanya Sampai ada buih d pinggir wajan matikan. (Kondisi sambel msh ada airnya). Pindahkan k wadah, kucuri dgn air jeruk limau.
  3. Setelah d diamkan dada ayam tdi d tusukkan ke tusuk sate lalu bakar d teflon atau alat grill lainnya.
  4. Siap d santap. saya makan sama telur krispi, enak deh.. kriuk d padu sate ayam yg msh lembut.

Nah itulah Cara Membuat Sambal Sate Taichan Yang Gurih dan Lezat,cukup mudah untuk dibuat sendiri dirumah,bahan-bahannya juga mudah didapatkan serta terjamin kesehatannya.

Ayo Berbagi Tips