Cara Membuat Sate Taichan dan Sambalnya Yang Enak juga Mudah Dimengerti

cara membuat sate taichan dan sambalnya

Hallo semuanya,gimana kabar kalian?semoga sehat ya,pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat sate taichan dan sambalnya.

Sate Taichan

Cara Membuat Sate Taichan dan Sambalnya.

Baca juga : Cara Membuat Sate Taichan yang Enak dan Mudah

Sate Taichan adalah varian sate ayam yang sengaja diperkenalkan oleh seorang pelanggan di gerai sate Sunardi atau Amir. Pada tahun 1981 Sunardi mulai menjual sate ayam dengan bumbu kacang di atas gerobak bernama Amir, yang kemudian menjadi “merek”-nya.

Bosan berkeliling, ia membuka warung di kawasan Jalan Asia Afrika Senayan dekat Gelora Bung Karno. Suatu hari seorang pelanggan asing (expatriate) datang bersama temannya yang merupakan warga negara Indonesia.

Ia ingin makan sate ayam tapi bingung cara mengolah sate ayam di Indonesia yang dilumuri saus kacang dan rasanya manis. Dia juga bersikeras membuat sate ayam sendiri yang akan dia makan.

Beberapa tusuk sate yang masih mentah diambil kemudian ditaburi jeruk nipis dan ditaburi garam. Sate kemudian dipanggang sebentar selama 3-5 menit, setelah matang disiram dengan banyak sambal sebelum dikonsumsi. Jangan sentuh saus kacang atau kecap seperti yang biasa dilakukan Amir.

Tampilan sate ayamnya juga berwarna putih, tidak coklat seperti sate ayam madura biasa. Di Korea, cara membuat sate ayam sederhana ini disebut sate taichan, dan ketika Amir bertanya bagaimana cara membuat sate ayam, orang asing itu juga menyebut nama “taichan”.

Konon sate jenis ini menjadi pendorong minuman di Korea karena diyakini memadukan rasa pedas sate Taichan dengan alkohol adalah kombinasi yang tepat. Ya, orang Korea adalah penggemar masakan pedas.

Namun, agak membingungkan asal usul warga yang mempraktikkan cara unik mengolah sate di gerai Amir, ada yang menyebut Jepang dan ada yang menyebut Korea.

Saat ini, sentra jajanan di Jalan Asia Afrika di depan gerbang barat Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, menjadi salah satu sentra sate Taichan yang kerap dianggap sebagai barometer rasa.

Tips Bisnis Sate Taichan

Lokasi bisnis

Lokasi perusahaan merupakan faktor penting. Carilah lokasi yang strategis dan tentunya disesuaikan dengan budget Anda. Ada beberapa pilihan misalnya di pinggir jalan tol dengan mendirikan tenda, yang tentunya menghemat biaya. Namun, jika Anda menginginkan bisnis atau lokasi permanen, pilihlah lokasi yang benar-benar strategis dan diperhitungkan.

Harga

Harga sate ini hampir sama dengan sate ayam lainnya yaitu berkisar antara 12.000 hingga 14.000. dan itu termasuk harga yang terjangkau untuk semua orang.

Produk

Pastikan Anda bisa membuat sate super enak yang bisa membuat ketagihan pembeli Anda jika Anda serius ingin terjun ke bisnis ini. Sate ini merupakan lauk yang bisa dinikmati setiap hari. Hal penting lainnya adalah memastikan bahwa prosesnya matang atau tidak. Jangan sampai satenya matang.

Melayani

Rasa sate memang sangat penting, tapi jangan lupakan pelayanannya, karena pelayanan yang baik berkontribusi pada perkembangan bisnis sate. Pelayanan yang lebih baik membuat pembeli merasa senang dan nyaman sehingga pembeli selalu datang.

Promosi

Iklan dapat dilakukan melalui media sosial karena memperhitungkan biaya rendah. Penggunaan media sosial juga efektif dalam mempromosikan bisnis ini, apalagi jika bisnis tersebut masih tergolong baru.

Efek Samping Sate Taichan

1. Picu Kanker

Makanan yang diolah dengan cara dibakar pada kenyatannya dapat menyebabkan kanker.

Melansir laman resmi Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdaan Masyarakat Kemenkes RI, kandungan protein pada ayam, ikan, dan daging dapat bereaksi dengan suhu tinggi dari pembakaran dan membentuk senyawa karsinogenik.

Untuk mengurangi pembentukan senyawa karsinogenik, Anda perlu merendam daging dalam bumbu tradisional dan alami serta menghindari memasaknya dalam waktu lama pada suhu tinggi.

2. Kandungan gizi menghilang

Semua jenis daging menawarkan kandungan protein yang baik bagi kesehatan tubuh.Protein dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Protein juga diperlukan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh.

Tapi sayangnya, pengolahan daging dengan cara dibakar pada suhu yang tinggi bisa menghilangkan kandungan protein tersebut.

Solusinya, Anda perlu membakar daging pada suhu rendah atau dengan api kecil dalam jangka waktu yang lama agar seluruh bagian daging dapat matang secara lebih merata tanpa menghilangkan semua kandungan protein.

3. Picu asam lambung

Kinerja lambung menjadi lebih berat ketika mencerna makanan yang dibakar, sehingga asam lambung rentan naik atau meningkat.

Oleh karena itu, orang yang memiliki penyakit asam lambung dan maag tidak disarankan untuk terlalu sering mengonsumsi makanan yang dibakar karena bisa memperburuk keadaan.

Cara Membuat Sate Taichan dan Sambalnya

Bahan Cara Membuat Sate Taichan dan Sambalnya :

  • 300 gram ayam filet, potong dadu ukuran kecil 
  • 1/2 buah jeruk nipis 
  • 1 sdt garam 
  • Bawang putih bubuk 1 sdt
  • 1/2 sdt merica bubuk 
  • 1/4 sdt gula pasir 

Bahan sambal sate taichan

  • 5 butir bawang merah 
  • 3 siung bawang putih 
  • 10 buah cabai rawit 
  • Garam 1/2 sdt
  • 1/4 sdt gula pasir 
  • Jeruk nipis

Cara Membuat Sate Taichan dan Sambalnya :

  1. Lumuri potongan yam dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit, kemudian cuci bersih.
  2. Masukkan bawang putih bubuk, garam, dan merica ke dalam potongan daging ayam. Aduk hingga tercampur rata dan diamkan selama 15 menit. 
  3. Tusuk potongan daging ayam, kemudian bakar di atas teflon yang sudah dipanaskan. Bakar sampai matang. 

Bumbu Sambalnya :

  1. Haluskan semua bahan kecuali jeruk nipis. Lalu, tumis hingga harum dan beri perasan jeruk nipis sesuai selera. 
  2. Tata sate taichan yang sudah matang di atas piring saji. Sajikan dengan sambal, potongan jeruk nipis, dan taburan bawang goreng. Bisa juga disantap dengan nasi putih atau lontong. 

Nah itulah Cara membuat sate taichan dan sambalnya yang mudah dan enak,cukup mudah untuk dipraktekkan di rumah sendiri serta dijamin sehat dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan.

Ayo Berbagi Tips