Cara Membuat Saus Pisang Nugget Yang Enak dan Mudah

cara membuat saus nugget pisang yang enak

Biasanya Nugget pisang di sajikan hanya original saja,tetapi saat ini sudah dengan berbagai topping.Berikut Cara Membuat Saus Pisang Nugget Yang Enak,Serta ini Cara Membuat Pisang Nugget.

Cara Membuat Saus Pisang Nugget Yang Enak dan Mudah

cara membuat saus nugget pisang yang enak

1.Saus Coklat

Bahan-bahan:

  • 1 porsi
  • 200 gram Dark Cooking Chocolate (DCC)
  • 2 sendok makan Tepung Maizena
  • 600 ml Air
  • 2 sendok makan Gula Pasir

Langkah:

  1. Potong-potong coklat batangan lalu masukkan dalam panci. Campur juga dengan gula & maizena.
  2. Tambahkan sedikit air. Aduk merata.
  3. Masak semua hingga sampil di aduk terus sampai mendidih. Angkat coklat dan dinginkan. Masukkan lelehan coklat dalam botol atau gelas.

2.Saus Coklat putih

  1. Cacah cokelat putih Batang menjadi potongan kecil. Gunakan alat pisau dapur yang tajam untuk memotong cokelat putih menjadi beberapa potongan yang sama,
  2. Kalian juga bisa menggunakan tangan untuk mematahkan cokelat batangan atau pemarut untuk memarut cokelat putih menjadi irisan yang lebih kecil.
  3. Rebus air dalam panci ganda. Isi panci ganda dengan air setinggi sekitar 2.5 cm. panaskan panci dan air dengan api sedang-tinggi hingga air mulai mendidih.
  4. Panaskan potongan cokelat putih di atas air. Kecilkan api.Tambah cokelat putih cacah ke dalam bagian atas panci ganda lalu letakkan bagian atas hingga duduk di atas air. Aduk coklat terus cokelat putih hingga lumer/meleleh
  5. Angkat cokelat putih yang sudah meleleh dari kompor setelah sebagian besar telah lumer tapi masih ada beberapa gumpalan. Cokelat putih akan terus meleleh setelah diangkat dari api selama coklat terus di aduk, dan menarik coklat di awal untuk mencegah cokelat putih terlalu panas.
  6. Ketika lelehan cokelat putih terlalu panas, lelehan cokelat putih menjadi bergumpal berubah kasar.kalian tidak mungkin bisa mmengembalikan coklat seperti ke bentuk yang bisa digunakan bila sudah terjadi.
  7. Apabila tidak bisa melumerkan gumpalan yang terjadi di cokelat putih setelah coklat di angkat dari kompor, letakkan saja kembali di bagian atas perebus ganda dan panaskan coklat selama 30 hingga 60 detik lagi.

Catatan:

  1. Jangan biarkan ada cairan lain masuk ke dalam cokelat putih saat lumer. Cairan lain bisa menyebabkan cokelat putih seize up dan berubah bergumpal. Bila itu terjadi dimungkinkan, Anda harus menghindari uap yang terjadi dari bagian bawah perebus ganda masuk ke dalam lelehan cokelat putih. Anda juga harus memastikan alat untuk mengaduk yang digunakan untuk mengaduk cokelat tetap kering selama proses pengadukan terjadi. Sendok yang terbuat dari logam lebih baik daripada sendok kayu atau plastik.
  2. Jangan tutup bagian atas panci ganda saat cokelat putih mulai meleleh karena uap yang terjadi akan kondensasi dan menumpuk di bagian bawah tutupnya. Bila air uap kondensasi menetes ke dalam lelehan cokelat putih di bawahnya, lelehan cokelat putih akan rusak.
  3. Bila kelian perlu memasukkan bahan yang cair ke dalam cokelat putih, seperti ekstrak atau pewarna makanan, hal yang terbaik adalah memasukkannya ke dalam cokelat putih yang sebelum mulai melumerkan cokelat putih. Hal ini akan membuat suhu cairan dan cokelat tetap sama, meminimalisasi terjadinya resiko cokelat putih kepanasan.
  4. Emulsi pada cokelat putih bila hal ini diperlukan. Bila lelehan cokelat putih kepanasan dan menggumpal, kalian mungkin bisa menyelamatkannya dengan hal yang memasukkan sedikit mentega atau shortening.
    Angkat juga lelehan cokelat putih dari kompor sebelum mencoba menyelamatkannya.
  5. Masukkan sedikit mentega atau shortening ke dalam cokelat putih yang bergumpal sekali waktu untuk mencegah masuk yang terlalu banyak. Anda akan memerlukan 1 sdm mentega untuk setiap 170 gr leleha. cokelat putih.
  6. Anda juga bisa menggunakan sedikit minyak sayur tanpa perasa, susu hangat, atau krim hangat. Pastikan semua bahan-bahan tadi cair yang ditambahkan dihangatkan terlebih dahulu hingga suhunya sama dengan suhu cokelat putih. Jangan pernah masukkan cairan dingin karena. akan memperburuk masalah.
  7. Gunakan lelehan cokelat putih yang telah diemulsi ulang dengan bahan lain untuk campuran membuat saus, frosting.
  8. Kalian bisa menggunakan penggorengan Deep Fryer untuk menjalankan bisnis nugget pisang serta resep saus nya.

Mungkin itu yang bisa di sampaikan informasi tentang cara membuat saus nugget pisang, semoga bisa bermanfaat buat pembaca dan kedepanya. Sekian dan Terimakasih.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *