Cara Membuat Website di WordPress Yang Mudah

cara membuat website di wordpress

Cara ini bisa memudahkan pengguna biasa untuk membuat websitenya sendiri.Berikut Cara Membuat Website Di WordPress.

Cara Membuat Website Di WordPress Yang Mudah

cara membuat wesite di wordpress

Cara membuat website di wordpress

1.Tentukan Jenis Website dan Niche (Topik)

Langkah yang pertama dan yang paling penting adalah sebelum membuat sebuah website dengan WordPress adalah menentukan beberapa jenis website – bisa berupa jenis blog, situs ecommerce, profil perusahaan, dll.

Topik dari sebuah website sangat beragam, mulai dari sebuah fotografi, kisah perjalanan (traveling), hingga kuliner. Pilihlah topik sesuai yang benar-benar Anda senangi. Melakukan sesuatu hal yang sudah menjadi hobi dan kecintaan tentu rasanya tidak akan membuat memberatkan, bukan? Terlebih lagi sebuah website merupakan proyek jangka panjang. Jangan sampai saatbdi tengah jalan Anda merasa telah terbebani.

Setelah Anda menentukan niche yang akan dipakai, pikirkanlah tujuan yang utama hendak Anda raih melalui sebuah website. Apakah Anda akan berencana untuk membuat sebuah website karena ingin menghasilkan uang secara online? Atau Anda membuat sebuah website karena sekadar ingin mengisi waktu luang saja? Apa pun dengan tujuan yang dipilih, Anda harus konsisten dari awal sampai akhir.

2.Buat Nama Domain

Langkah yang kedua yang tak kalah dengan pentingnya adalah membuat sebuah nama domain. Nama domain yang merepresentasikan brand dan juga website Anda. Oleh karena itu sebuahndalam pembuatannya, Anda juga harus mempertimbangkannya secara matang dan juga memilih dengan hati-hati.

Menurut Anda, apa yang jadi kesamaan dari sebuah web atau apk Wikipedia, YouTube, dan Netflix? Ketiga layanan ini memiliki sebuah nama yang singkat dan unik serta mudah untuk akan diingat, diucapkan, dan diketik pada kolom sebuah browser web. Konsep dari inilah yang harus selalu Anda ingat saat akan membuat nama domain. Anda tidak ingin, kan, website yang sepi pengunjung karena namanya yang susah diingat dan diketik?

3.Pilih Web Hosting

Apa yang akan Anda butuhkan – berapa banyak resource yang dibutuhkan pada website, apa dan bagaimana rencana ide Anda untuk 12 bulan ke depan, dan apakah Anda akan berniat untuk mengembangkan sebuah situs dan memperoleh lebih banyak trafik.

Uptime yang tinggi – website akan terus beroperasi 24/7/365 dan tidak akan sering down. Penting bagi Anda untuk memilih sebuah layanan web hosting dengan uptime serta server yang stabil.
Bantuan untuk pelanggan (customer support) – apabila ada sebuah website down atau mengalami kendala, Anda bisa juga meminta bantuan dari tim customer support.
Mudah untuk digunakan – tidak semua pemilik sebuah website punya latar belakang ada dunia pemrograman. Maka dari itu, sebaiknya sebuah layanan hosting memiliki control panel yang mudah untuk digunakan

4.Install WordPress

Menginstall sebuah WordPress dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan cepat melalui control panel Hostinger. Berikut dari langkah-langkahnya:

Setelah Anda masuk ke dashboard panel Hostinger, klik ikon Auto-Installer.

membuat sebuah website dengan WordPress, install apk wordpress dengan auto-installer

Cari lalu klik ikon WordPress.

cara membuat sebuah website dengan wordpress, install wordpress

Masukkan informasi yang penting di bawah ini:

URL – nama domain atau alamat website dari WordPress yang terdaftar.

Bahasa (Language) – pilihlah bahasa yang utama untuk website WordPress.

Administrator Username – username yang akan digunakan untuk masuk ke halaman dashboard WordPress.

Administrator Password – password yang digunakan untuk masuk ke bagian admin area WordPress.

Administrator email – berikan juga alamat email yang aktif untuk keperluan sebuah email notifikasi (pemberitahuan) dan atur ulang bagian password.

Judul Website (Website Title) – judul web atau nama website Anda.

Tagline Website atau (Website Tagline) – slogan atau juga biasa disebut deskripsi singkat tentang website Anda.
Klik tombol Install.

Baca Juga:Tempat PKL di Jogja

5.Pilih Tema

Cara yang pertama membuat website pada WordPress tak berhenti di bagian langkah saat penginstallan saja. Anda harus jeli memilih tema agar tampilan sebuah website semakin menarik dan berfungsi fungsional.

Apa pun tipe dari blog atau website yang akan dipilih, semuanya membutuhkan sebuah layout dan juga tema. Situs ecommerce misalnya yang mengharuskan pada desain web yang lebih kompleks dari pada desain sebuah blog.

Nah, salah satu dari keunggulan WordPress adalah memiliki koleksi banyak tema untuk semua jenis website. Ada tema juga yang gratis, ada pula tema yang berbayar. Zakra, Shapely, dan Flash adalah dari tiga contoh tema yang gratis. Sementara itu, Uncode, Divi, dan X adalah contoh untuk tema yang berbayar serta kami rekomendasikan.

Untuk menginstall sebuah tema, masuk ke bagian Dashboard WordPress dan arahkan kursor ke sebuah tab Appearance. Pilih Themes lalu klik Add New. Cari bagian tema dari WordPress yang diinginkan, lalu arahkan kursor ke bagian tengah tema, dan klik tombol Install.

6.Install Plugin

Jika akan membuat sebuah web dengan WordPress, Anda juga harus memilih dan juga menginstall plugin yang diperlukan. WordPress juga memiliki sejumlah plugin yang akan mendukung dan menyempurnakan fungsionalitas dari situs, seperti kemampuan untuk menambahkan sebuah admin, perlindungan serta keamanan dari website, dan lain sebagainya.

Cara install plugins:
  1. Klik bagian opsi Plugins yang bisa Anda temukan pada dashboard WordPress.
  2. Klik tombol Add New yang ada pada bagian atas halaman.
  3. Ketik kata kunci atau nama plugin yang Anda inginkan di kolom pencarian. Setelah itu, klik tombol
  4. Install New di bagian samping plugin.
  5. Apabila sebelumnya ketika Anda sudah mengunduh plugin, klik Upload Plugin.
  6. Pilih bagian Choose File untuk menambahkan sebuah plugin dari komputer, lalu klik Install Now.
  7. Untuk mengaktifkan sebuah plugin setelah proses instalasi berhasil, klik Activate pada Plugin.
Baca Juga:Rekomendasi Tempat PKL

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang cara membuat website di wordpress, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih.