Cara Mendesain Rumah Minimalis

Saat ini kebutuhan rumah setiap tahun semakin mengalami peningkatan secara signifikan. Desain rumah yang bisa dipilih oleh masyarakat pun juga semakin bervariasi. Salah satu desain rumah yang sedang ramai dibicarakan dan banyak diminati oleh masyarakat adalah rumah yang memiliki desain minimalis.

Dalam mendesain rumah minimalis Anda harus mengedepankan konsep “sedikit tapi optimal”. Setiap elemen yang ada di dalam rumah minimalis harus bisa berfungsi dengan seefesien mungkin. Berikut ini cara mendesain rumah minimalis:

  1. Sedikit Ornamen

Semua desain rumah minimalis hampir tidak memiliki ornamen. Kalaupun ada, ornamen tersebut benar-benar fungsional. Ornamen tersebut juga tidak hanya untuk nilai estetika semata, tetapi juga untuk semakin memperkuat karakter dalam setiap elemen serta bahan pembentuknya.

  1. Tanpa Dinding Batasan Ruang yang Tidak Penting

Desain rumah modern minimalis memang sengaja menghapus dinding pembatas antar ruang yang tidak penting. Hal ini karena hubungan antara ruang jauh lebih diutamakan untuk menciptakan kedekatan seluruh ruang di dalam rumah.

  1. Dominasi Garis Vertikal dan Horizontal

Garis vertikal dan garis horizontal adalah bentuk dasar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dimana hampir selalu ada dalam keseluruhan desain rumah minimalis. Mulai dari bentuk massa bangunan rumah, bentuk ruang, pola ruang, desain furnitur, sampai dengan ekspose strukturalnya.