Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet

Sayuran merupakan bahan pangan pengganti yang berasal dari tumbuhan, mengandung kadar air yang tinggi dan dikonsumsi segar atau diolah terlebih dahulu. cara menyimpan sayuran agar awet yang benar akan membuat sayuran tetap segar dan aman untuk dimakan dalam waktu yang lama.

Beberapa sayuran perlu disimpan di lemari es agar tidak layu dan menjaga kualitas sayuran. Yuk, simak cara menyimpan sayuran agar awet dengan benar agar tidak mudah layu dan cepat membusuk.

cara menyimpan sayuran agar awet
cara

Cara Meyimpan Sayuran Agar Awet

Berikut tips cara menyimpan sayuran agar awet dan tetap berkualitas

Jaga Tingkat Kelembaban

Sayur dan buah mengandung air, kandungan ini harus selalu dijaga agar awet dan tidak cepat busuk. Saat buah atau sayuran dipanen, banyak air yang hilang karena penguapan. Jadi, jagalah kadar airnya dengan cara menyimpannya di dalam plastik berlubang agar tetap bisa bernafas.

Jangan Simpan di Suhu Ekstrim

Suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat buah dan sayur tidak tahan lama sehingga cepat busuk. Terlebih lagi, jika Anda menyimpan sayuran atau buah di dalam freezer, mereka akan langsung rusak setelah dicairkan. Tanda-tanda kerusakan termasuk bintik-bintik coklat pada apel dan kelembutan pada pir. Sebaliknya, jika disimpan pada suhu yang sangat tinggi, makanan akan menjadi lunak, berkerut dan berkerut.

Pastikan tetap kering

Jika ingin menyimpan sayuran atau buah di dalam lemari es, pastikan dalam keadaan kering. Jangan mencuci sayuran terlbih dahulu sebelum kita memasukkannya ke dalam lemari es. Sayuran dan buah yang basah tidak akan bertahan lama dan cepat rusak jika langsung disimpan di lemari es. Namun, saran terbaik adalah tidak mencuci sayuran sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet Dengan Kertas

Simpan sayuran dengan membungkusnya dengan kertas. Kertas mampu menyerap kelembapan berlebih sehingga sayuran tidak cepat busuk. Jika ingin lebih kering, tutup bagian bawah sayuran dengan tisu, lalu bungkus dengan kertas.

Pastikan Kebersihan Kulkas

Kulkas yang bersih juga penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Suhu di dalam lemari es juga bisa menentukan munculnya bakteri atau tidak. Idealnya, suhu di dalam lemari es antara 1-4 derajat Celcius. Jika lebih dari itu, dapat menyebabkan bakteri yang akan mempengaruhi rasa dan aroma makanan. Sedangkan jika lebih rendah akan membekukan sayuran.

Ambil Sesuai Kebutuhan

Jika Anda menyimpan semua sayuran di lemari es dan ingin mengolahnya, maka ambil saja yang dibutuhkan. Anda harus menghindari sayuran yang masuk dan keluar dari lemari es agar tahan lebih lama. Jika sayuran terlalu sering masuk dan keluar dari lemari es, kualitasnya tidak lagi baik dan mudah membusuk karena sering terpapar suhu yang berbeda.

Simpan Sayur di Tempat Khusus

Saat ini sudah banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lainnya yang mampu menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan kedap udara agar sayuran bertahan lebih lama di lemari es. Cover container bisa digunakan untuk piring, mangkok, dll. Selain itu cover ini mampu menahan udara ke dalam container secara optimal dan aman digunakan di microwave.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet Dengan Menyigkirkan Batang

Daun yang tertinggal pada sayuran dan di antara sayuran lainnya dapat terus mengeluarkan uap air, yang merupakan hal yang buruk jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu lama karena membuat sayuran mudah busuk. Anda harus memotong batang sayuran seperti wortel dan batang bit sebelum disimpan.

Perhatikan waktu penyimpanannya Lama

Menyimpan sayuran di lemari es juga membutuhkan perhatian lebih terhadap waktu. Berapa lama sayuran di lemari es. Beberapa sayuran hanya bisa disimpan antara 3-5 hari, semakin lama di lemari es akan mempengaruhi kualitas sayuran bahkan berakhir membusuk.

Jika dibiarkan akan mempengaruhi sayuran lain yang masih bisa disimpan lama di lemari es. Caranya mudah, dalam wadah penyimpanan, tuliskan waktu maksimal penyimpanan sayuran, sehingga setiap kali membuka lemari es, mudah diingat untuk mengecek kondisi sayuran.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet Jaga Kulkas Tetap Bersih

Menyimpan makanan, baik sayur maupun buah, di tempat yang bersih, begitu juga dengan kulkas tempat menyimpannya. Memastikan tidak ada makanan basi atau berbau tidak sedap di lemari es memastikan kualitas dan kesegaran sayuran juga tetap terjaga karena tidak terpengaruh oleh makanan yang busuk.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet Pisahkan Dengan Buah

Jika Anda pernah mendengar bahwa Anda dapat mematangkan alpukat dengan menyimpannya di dalam sekantong apel, Anda benar. Alasannya adalah apel dan pir, serta banyak buah lainnya, menghasilkan gas yang disebut etilen, yang mempercepat proses pematangan buah dan sayuran lain yang kebetulan berada di dekatnya.

Namun, dengan sayuran, pematangan berarti pembusukan: bercak, layu, menguning, dan umumnya rusak. Itu berarti pastikan Anda menyimpan sayuran jauh dari buah-buahan. Tempatkan buah dan sayuran di laci kulkas terpisah.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet Bungkus sayuran hijau

Sayuran hijau harus dikonsumsi dalam 1-2 hari setelah pembelian untuk memastikan kesegaran sayuran dan Anda bisa mendapatkan semua nutrisi dari sayuran. Namun, jika Anda menyimpan sayuran ini, yang terbaik adalah membungkus daunnya dengan handuk kertas agar handuk dapat menyerap kelebihan air.

Sayuran hijau dapat mempertahankan kelembapan berlebih, sehingga cepat membusuk. Setelah dibungkus dengan handuk kertas, masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di lemari es, Anda perlu menyimpan varietas yang berbeda dalam kantong terpisah. Anda dapat melakukannya dengan selada, bok choy, lobak Swiss, kangkung, dan bayam.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet Menggunkan Vacuum Sealer

Vacuum Sealer atau Alat Pres Plastik Kedap Udara adalah alat yang berungsi untuk mengemas produk dengan cara menghampakan udara di dalam kemasan. Teknologi pengemasan makanan memakai mesin vakum ini menjadi alternatif terbaik untuk mengurangi penggunaan bahan pengawet. Cara kerja mesin vakum adalah dengan cara menyedot semua udara dari dalam kemasan sebelum kemasan tersebut disegel.

Tujuannya adalah untuk membuat makanan mejadi lebih awet dan tahan lama. Makanan akan lebih mudah basi dan busuk jika ada terlalu banyak udara di dalamnya. Pengemasan dengan memakai mesin vakum juga membuat makanan menjadi tampak lebih rapi dan praktis, dengan demikian juga meningkatkan nilai jual dari makanan itu sendiri.

Itulah tadi beberapa cara menyimpan sayuran agar awet yang dapat dilakukan. Kita bisa mengkombinasikan beberapa cara menyimpan sayuran agar awet di atas supaya sayuran lebih tahan lama tentunya.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *