Cara Merawat Marmut Bagi Pemula Yang Mudah

cara merawat marmut bagi pemula

Hewan ini sangat lucu,marmut itu berbeda dengan hamster,hewan ini kebanyakan jinak.Berikut cara merawat marmut bagi pemula.

Cara Merawat Marmut Bagi Pemula Yang Mudah

cara merawat marmut bagi pemula

Cara merawat marmut bagi pemula

1.Persiapkan Kandang Marmut

Marmut mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam kandang. Tentu hal yang terpenting adalah mempersiapkan sebuah kandang marmut yang aman sekaligus yang nyaman.

Material untuk membuat kandang marmut dapat berupa dari jeruji plastik maupun yang besi. Gunakan juga bagian pelapis dasar kandang berbahan yang lembut untuk mencegah adanya gesekan yang menimbulkan iritasi pada bagian kaki marmut.

Bahan-bahan bisa berupa serbuk kayu atau dari potongan kertas dapat digunakan karena cukup lembut. Sekaligus dapat bahan itu menyerap air kencing dan kotoran dari marmut sehingga mudah untuk dibersihkan.

2.Sediakan Mainan Di Dalam Kandang

Untuk mencegah ada rasa bosan selama di dalam kandangnya, kalian juga bisa menyediakan mainan di bagian dalam kandang marmut untuk membuatnya agar tetap bahagia dan menghindari marmut stres.

Di sini kamu bisa juga untuk meletakkan lebih dari sebuah mainan dalam kandang, sehingga marmut memiliki banyak variasi mainan tidak hanya hal yang biasa dilakukan.

Berikan tabung bekas tisu toilet atau bisa gunakan pipa palaron yang agak besar.

Selain itu mainan ada juga yang berupa roda berputar atau bola plastik juga bisa jadi pilihan. Namun pastikan pada mainan tersebut menggunakan material plastik yang keras dan tidak akan mudah ditelan oleh mereka.

Baca Juga:Mesin Pencacah Rumput

3.Berikan Tempat Persembunyian

Penting juga untuk memberikan sebuah tempat persembunyian di bagian dalam kandang. Pasalnya di alam liar, marmut merupakan sebuah hewan buruan yang bersembunyi di dalam bagian tanah apabila merasa terancam.

Memastikan juga ketersediaan hal ini juga dapat mencegah marmut untuk stres yang dapat disebabkan oleh gangguan dari bagian luar kandang, misal adanya seekor predator atau hewan peliharaan lain yang kamu miliki.

4.Atur Asupan Makanan Marmut

Cara memelihara seekor marmut yang paling penting berikutnya adalah dari asupan makanan dan jiga minumannya.

Untuk memastikan adanya kandungan nutrisi dan vitamin yang tepat, paling mudah kamu bisa memberikan sebuah makanan marmut yang kemasan yang sudah diformulasi khusus sesuai kebutuhan mereka.

Selain itu juga bisa memberikan berbagai jenis sayur-sayuran yang hijau (bayam, kangkung, selada hijau) sebagai sebuah makanan pokok utamanya.

Ada pula untuk makanan pendamping, seperti sayur wortel dan ubi jalar yang bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu. Pastikan juga adanaya ketersediaan air minum yang dapat kamu berikan melalui wadah yang khusus.

5.Sikat Bulu Dan Potong Kuku Marmut

Menyikat pada bagian bulu atau grooming bukan hanya untuk mayoritas seekor kucing maupun anjing. Khususnya untuk jenis ras marmut banyak berbulu panjang, hal ini perlu sesekali untuk marmut kamu lakukan.

Melakukan sebuah grooming secara rutin tentu akan berdampak pada kesehatan seekor marmut. Pasalnya pada kondisi marmut yang kotor terkadang membuatnya terserang berbagai penyakit, seperti diare.

Maka dari itu apa bila kamu juga bisa sesekali untuk memandikan marmut apabila dirasa perlu. Selain itu dokter hewan juga merekomendasikan untuk memotong kuku pada marmut.

Hal ini bisa dilakukan dalam waktu sebulan sekali untuk menjaga kuku marmut tetap sehat dan aman, terlebih saat kamu mengajak seekor marmut bermain dengan anak kecil.

6.Ajak Marmut Berinteraksi

Hal yang terpenting lainnya dalam memelihara seekor marmut adalah ajak mereka untuk bermain. Beberapa orang yang pemilik pemula sering hanya membiarkan marmut di dalam kandang dalam waktu seharian penuh.

Padahal marmut juga dikenal jinak, lembut, lincah, dan sangat menikmati berbagai waktu mereka saat bermain dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Hal ini juga dapat mencegah marmut untuk stres sekaligus menjaga kondisi tubuhnya, misal dengan mengajak marmut berolahraga dan berlarian di atas lantai diluar kandang mereka.

Beberapa Jenis Marmut Yang Umum Dijadikan Peliharaan:

Jenis Marmut

Berbagai jenis Guinea Pig – Small Pet Journal
Setelah kamu mengetahui bagaimana cara memelihara marmut agar tetap sehat dan juga lincah, mungkin kalian mulai berpikiran untuk memeliharanya di rumah, kan?

Marmut American:

Sering juga banyak disebut marmut lokal karena jenis ini menjadi yang paling populer dan akan dipelihara oleh banyak orang. Marmut ini juga memiliki ciri ciri bulu pendek dan lembut, serta memiliki sejumlah kombinasi warna yang Bagus.

Marmut Abyssinian:

Jenis marmut yang ini adalah berbulu panjang ini dikenal dengan kepribadian yang sedikit agak agresif. Namun begitu juga mereka juga tetap jinak untuk berinteraksi dengan anak-anak. Bulunya yang panjang memang juga membutuhkan lebih banyak perhatian untuk dalam menjaga kebersihannya.

Marmut Peruvian:

Bulu jenis marmut yang ini mungkin cenderung sangat panjang seakan menyapu semua permukaan tanah saat mereka berjalan. Tentu juga akan memerlukan perawatan ekstra agar bulunya tetap lurus dan tidak mudah untuk kotor akibat sisa dari makanan dan lainnya.

Marmut Silky:

Banyak yang bilang marmut yang ini sekilas mirip dengan marmut jenis peruvian. Hanya saja yang sangat membedakannya adalah rambutnya lebih tertata sehingga pada bagian wajahnya bisa nampak lebih jelas. Marmut yang ini juga perlu perawatan yang ekstra untuk merawat rambutnya.

Marmut Texel:

Marmut jenis ini terbilang sangat unik karena memiliki bulu yang tidak biasa. Jika marmut yang lain mempunyai bulu yang lurus, marmut Texel mempunyai bulu yang agak ikal bahkan sehingga memiliki tampilan yang sangat berbeda. Jenis marmut yang ini terbilang cukup langka, maka dari itu harga di pasaran cukup tinggi untuk memelihara seekor marmut jenis Texel.

Marmut Teddy:

Mendengar kata Teddy mungkin kita langsung teringat oleh boneka beruang yang cukup terkenal itu ya. Marmut yang satu ini memang mirip dengan boneka teddy lho karena memiliki badan yang besar. Untuk harganya di pasaran sendiri, marmut ini juga dibanderol dengan cukup mahal yaitu sekitar 2 juta

Marmut Sheba:

Marmut yang ini merupakan jenis marmut yang liar tetapi sangat cantik. Alasan kenapa marmut ini dikatakan marmut yang cantik adalah bulunya yang agak sedikit kusut dan juga halus. Selain itu juga marmut jenis ini mempunyai ekor yang panjang dari marmut yang lain, maka dari itu harga di pasarannya pun juga dibanderol dengan harga yang mahal/fantastis sekitar 5 juta rupiah.

Marmut Skinny:

Jika pada hewan kucing memiliki ras yang tanpa bulu, guinea pig yang sering dikatakan pada marmut ini juga punya lho ras tanpa ada bulu. Namanya adalah marmut skinny. Jenis yang ini juga bisa dikatakan langka lho karena jarang sekali untuk orang yang membudidayakan marmut ini. Perawatannya pun juga sangat perlu perhatian yang ekstra karena tubuhnya yang tidak mempunyai bulu yang lebat.
Harga marmut yang satu ini ditemukan di pasaran pun beragam, mulai dari puluhan ribu bahkan hingga jutaan rupiah. Seperti harga marmut jenis American yang berkisar Rp50-100 ribuan per ekornya.

Baca Juga:Cara Merawat Marmut

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang cara merawat marmut bagi pemula , semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *