Cara Paling Aman Mencuci Karpet Bulu Sendiri Di Rumah

Karpet Bulu

Mencuci karpet bulu bukanlah perkara yang bisa dianggap sepele. Salah teknik tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada karpet. Wajar saja jika banyak yang memilih cara yang lebih aman. Misalnya dengan menyucikannya di tempat laundry karpet.

Meskipun demikian, sebenarnya Anda bisa mencucinya sendiri. Namun dengan catatan harus dilakukan dengan cara teknik yang tepat. Selain itu pun butuh kehati-hatian selama proses pencuciannya.

baca juga: jasa bersih rumah Batam

Nah, untuk Anda yang ada niatan untuk mencuci karpet bulu sendiri di rumah, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Pasalnya pada kesempatan kali ini akan dibagikan tips mencuci karpet bulu dengan teknik yang benar.

Persiapan untuk Mencuci Karpet yang Berbulu

Sebelum proses pencucian karpet dilakukan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Dalam hal ini Anda harus membersihkan terlebih dahulu debu dan kotoran yang ada di dalam karpet bulu.

Nah, dalam hal ini Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sikat lembut. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk memudahkan saat proses pencucian karpet nanti. Sebab jika Anda langsung mencucinya, umumnya karpet justru menjadi sulit dibersihkan.

Kenapa? Hal ini disebabkan debu atau kotoran pada karpet justru akan semakin menempel pada karpet tersebut. Agar hal ini tidak terjadi maka debu dan kotoran perlu dibersihkan terlebih dahulu.

Dalam hal ini alat terbaik yang bisa digunakan adalah vacuum cleaner. Namun jika di rumah tidak memilikinya, maka sikat halus pun bisa digunakan. Namun harus diingat ada beberapa hal yang harus diperhatikan betul.

baca juga: cleaning service Batam

Misalnya saat Anda menggunakan vacuum cleaner. Sebaiknya lakukan di dua sisi. Tetapi khusus untuk sisi bagian atas atau bagian karpet yang berbulu, disarankan untuk melapisinya dengan kain.

Tindakan ini dimaksudkan agar sedotan dari vacuum cleaner tidak sampai merusak bulu karpet. Tetapi untuk sisi karpet bagian bawahnya Anda tidak perlu lagi melapisinya dengan kain.

Proses Mencuci Karpet yang Berbulu

Setelah proses pembersihan debu selesai dilakukan, barulah proses mencuci karpet bulu bisa dilakukan. Ingat, untuk proses pencuciannya ada teriknya tersendiri. Artinya Anda tidak bisa mencucinya secara asal-asalan.

Untuk mencuci karpet yang berbulu, sebaiknya bentangkan karpet tersebut dengan cara digantung pada tempat jemuran atau semacamnya. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk memudahkan Anda selama proses pencucian karpet bulu nantinya. Selain lebih mudah, Anda pun bisa lebih leluasa saat mencucinya.

Tujuan lain mencuci karpet dengan cara digantung seperti ini adalah air bisa lebih mudah mengalir. Sebab jika karpet dicuci di lantai, air bisa dibilang akan mengembang. Dan keuntungan lainnya adalah lebih praktis.

Kenapa lebih praktis, sebab Anda tidak perlu lagi susah-susah mengangkat karpet setelah selesai dicuci. Dikarenakan karpet sudah tergantung di tempat jemuran, maka Anda bisa sekaligus menjemurnya.

Jadi seperti itulah cara paling aman untuk mencuci karpet yang berbulu. Memang sekilas terlihat sangat mudah dilakukan. Tetapi tetap diingatkan untuk selalu hati-hati dan teliti. Jangan sampai setelah dicuci karpet bulu Anda justru rusak.

Sekarang semua keputusan ada di tangan Anda. Apakah ingin mencucinya sendiri, atau justru sebaliknya. Memilih jalan yang bisa dibilang paling mudah dan efektif. Misalnya saja seperti mencucinya di tukang laundry terdekat.

Namun jika tetap ingin mencucinya sendiri di rumah, mungkin tips di atas bisa dijadikan sebagai pedoman. Semoga ulasan sederhana tentang cara paling aman mencuci karpet bulu ini bisa memberikan manfaat.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *