Contoh Teks Editorial dan Strukturnya Lengkap

Contoh teks editorial – Teks editorial (opini) adalah artikel yang mewakili opini surat kabar tentang masalah tertentu. Pendapat yang diungkapkan adalah suara terbanyak dari staf editorial, yaitu pemimpin dan editor surat kabar.

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak contoh teks editorial, karena surat kabar tidak lagi menjadi objek langka. Apalagi dengan perkembangan teknologi internet seperti sekarang ini. Yang sedang berkata, contoh teks editorial seperti seorang pengacara mengembangkan argumen untuk mempengaruhi pikiran pembaca.

Karena itu bertujuan untuk mempengaruhi opini publik, menyebarkan pemahaman, dan kadang-kadang bahkan dapat mendorong orang ke masalah tertentu. Dengan kata lain, teks editorial ini adalah berita yang memiliki opini tentang opini tertentu.

Tujuan dari teks editorial
Tujuan dari teks editorial adalah untuk mengundang pembaca untuk berpikir tentang tema-tema yang saat ini sedang hangat di masyarakat. Selain memberikan pandangan pembaca tentang masalah pengembangan. Keberadaan teks editorial telah membantu membentuk masyarakat dan pemikir kritis.

Jenis dan contoh teks editorial
Ada berbagai jenis teks editorial yang berbeda sesuai dengan niat penulis dalam menulis artikel. Ada empat jenis contoh teks editorial yang diketahui, termasuk:

Contoh teks editorial pada teknologi 2018

Judul: Pengembangan teknologi pendidikan di Indonesia

Saat ini, pendidikan sangat penting dalam menjalani kehidupan. Tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa pendidikan rakyat Indonesia akan tertinggal jauh oleh negara lain. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah melakukan banyak upaya mengenai kemajuan pendidikan. Contohnya adalah teknologi yang digunakan dalam proses pendidikan, karena teknologi adalah salah satu faktor untuk pembangunan suatu negara.

Baru-baru ini tidak jarang orang berbicara tentang ujian nasional berbasis komputer. Ini adalah salah satu upaya mengembangkan teknologi di Indonesia

Tes Berbasis Komputer atau sering disebut dengan CBT harus benar-benar diterapkan pada sistem PBB di Indonesia. Pada dasarnya, sistem ini tidak hanya untuk pengembangan teknologi, tetapi juga lebih efisien dan efisien daripada tes berbasis kertas yang harus mencetak pertanyaan di atas kertas. Padahal, ada begitu banyak peserta ujian nasional, yang bisa mencapai jutaan peserta. Tidak hanya itu, biaya pengiriman pertanyaan skrip tidak signifikan.

Penggunaan teknologi ini sebenarnya sangat sederhana. Manfaat yang diberikan tidak signifikan. Manfaat ini tidak hanya diperoleh oleh pemerintah. Bagi para siswa, mereka akan lebih terbantu, karena mereka tidak fokus untuk menodai jawaban. Selama periode ini, faktor respons pada kartu LJK sangat memengaruhi nilai mereka. Cukup klik pada jawabannya. Jadi waktu tidak hilang.

Kendala dari program ini adalah bahwa beberapa orang belum dapat menyetujuinya. Mereka berasumsi bahwa CBT akan memaksakan siswa, terutama siswa yang belum memiliki kefasihan dalam masalah teknologi. Bahkan, dengan ini mereka akan termotivasi untuk lebih mampu dalam teknologi seperti komputer, karena pada dasarnya saat ini ada banyak tes menggunakan sistem CBT. Mereka yang tidak setuju belum bisa diajak berjalan untuk perubahan yang lebih baik. Tren ini dapat memengaruhi kekuatan pengembangan, kreasi, dan kreativitas. Bahkan, untuk menjadi negara maju, perlu diubah, untuk berubah menjadi lebih baik.

Suatu negara membutuhkan kondisi yang setidaknya sejajar dengan negara lain di dunia. Indonesia adalah negara berkembang dan Indonesia sendiri membutuhkan kemajuan.

Analisis teks editorial:

Pernyataan pendapat
Saat ini pendidikan sangat penting, tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa pendidikan, bangsa Indonesia akan tertinggal jauh oleh bangsa lain. Karena itu, banyak upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pendidikan.

argumentasi
Computer Based Test atau CBT seharusnya diterapkan pada sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa di Indonesia. Pada dasarnya, sistem ini tidak hanya untuk pengembangan teknologi, tetapi juga efisien dan lebih efisien daripada tes berbasis kertas yang harus mencetak pertanyaan di atas kertas. Dan biaya pengiriman pertanyaan ke sekolah yang berbeda juga tidak sedikit.

Penggunaan teknologi seperti CBT sangat sederhana. Manfaatnya sangat besar, bagi siswa, mereka akan lebih terbantu, karena mereka tidak perlu lagi berkonsentrasi pada menghitamnya lembar jawaban.

Penegasan kembali pendapat
Di satu negara, kondisinya setidaknya sejalan dengan negara lain di dunia. Indonesia adalah negara berkembang dan sangat membutuhkan kemajuan.

Contoh teks editorial tentang ekonomi

Judul: Meningkatkan TDL tidak lagi menjadi masalah

Mulai 1 Januari 2017, PT PLN (Persero) menaikkan tarif dasar listrik untuk pelanggan 900-volt ampere (VA) yang dianggap tidak layak untuk mendapatkan manfaat dari subsidi. Mulai 1 Juli 2017, tarif mereka akan disesuaikan bersama dengan 12 grup tarif lain yang menjalani penyesuaian setiap bulan. Jadi secara bertahap tingkat pelanggan domestik hingga 900 VA akan meningkat sebesar Rp. 605 hingga Rp. 791 pada 1 Januari 2017, Rp. 1.034 mulai dari 1 Maret 2017 dan Rp. , 1 Maret 2017 dan 1 Mei 2017. Karena itu, mulai 1 Juli 2017, pelanggan domestik 900 VA akan dikenakan penyesuaian tarif otomatis setiap bulan, seperti 12 grup tarif tidak bersubsidi lainnya. Jika Anda mengikuti tarif listrik untuk 12 tarif non-subsidi mulai dari 1 Januari 2017, tarifnya adalah Rp 1.467,28 / kWh.

Kenaikan tarif adalah kebijakan pemerintah untuk memberikan subsidi kepada tujuan. Secara teori, subsidi hanya diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu membelinya, tetapi, pada kenyataannya, sebagian besar dari mereka yang menerima subsidi adalah kelas atas. Hingga 74 persen subsidi listrik dinikmati oleh kelompok kaya. Penarikan subsidi untuk pengguna listrik 900 VA harus mengurangi pengeluaran anggaran negara dan anggaran tersebut dapat digunakan dengan tepat.

Peningkatan bertahap tarif dasar listrik harus mengurangi dampak signifikan pada masyarakat dan mencegah inflasi jangka pendek. Pengguna listrik 900 VA yang langganannya harus dicabut jangan khawatir bahwa akun akan meningkat. Pengeluaran listrik hanya sebagian kecil dari total pengeluaran. Bukan berarti itu tidak akan berpengaruh apa pun, tetapi ini akan memiliki sedikit efek. Bagi mereka yang mampu, peningkatan listrik ini tidak akan mengubah kesejahteraan mereka.

Peningkatan tarif listrik dasar untuk pengguna listrik 900 VA seharusnya tidak menjadi masalah yang diperpanjang karena tidak secara signifikan mempengaruhi kesejahteraan mereka. Apa yang telah menjadi kebijakan pemerintah harus didukung karena tidak mungkin bagi pemerintah untuk mengembangkan kebijakan yang sewenang-wenang. Tentu saja pemerintah telah mempertimbangkan banyak hal untuk kebaikan bersama.

Sumber : http:// https://materibelajar.co.id/

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *