Dust Mite, Tempat Berkembangbiak, Dampak, dan Cara Mengatasinya

dust mite

Siapa yang tidak tahu dengan dust mite? Ini adalah tungau debu yang dapat memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan.

Dust mites adalah kerabat dekat dari laba-laba. Tungau debu ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil.

Kurang lebih ukurannya berkisar 0.5 mm untuk panjangnya dan 250 hingga 320┬Ám untuk lebarnya. Maka dari itulah, tungau debu ini tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang.

Kita bisa melihatnya dengan menggunakan mikroskop. Selain itu, tungau debu ini juga bisa kita sebut sebagai Dermatophagoides pteronyssinus.

baca juga: sedot tungau tangerang selatan

Dimana Dust Mite Ini Kita Temukan?

Pada dasarnya, tungau ini memakan sisa-sisa material organik. Seperti halnya kulit manusia yang banyak ditemui pada tempat tinggal kita. Dengan kata lain, tungau debu ini memakan sel-sel kulit yang dihasilkan oleh manusia.

Tungau debu ini berkembangbiak pada lingkungan yang hangat dan juga lembab. Anda bisa menemukan tungau ini pada lingkungan sekitar rumah.

Seperti halnya tempat tidur anda, karpet kain maupun furnitur lainnya. Tempat-tempat tersebut merupakan lingkungan yang paling ideal bagi tungau untuk bertahan hidup dan berkembangbiak.

Pertanyaan yang kini timbul dalam benak kita adalah, apakah tungau debu ini sangat berbahaya? Seperti apa sebenarnya dampak yang ditimbulkan oleh tungau debu ini pada kesehatan kita?

cek juga: jasa pembersih tungau tangerang

Benarkah Dust Mite atau Tungau Debu dapat Menyebabkan Alergi?

Tungau debu ini ternyata dapat menyebabkan alergi ketika bersentuhan dengan kulit tubuh kita. Hal ini dapat terjadi karena enzim-enzim yang keluar dari perut tungau ini adalah proteasi beserta kotorannya.

Pada dasarnya, tungau debu ini tidak menggigit kita. Akan tetapi, sebagian orang mengaku pernah tergigit oleh tungau ini.

Kulit yang terpapar tungau debu akan menunjukkan kemerahan dan juga bentol-bentol. Bahkan, terdapat beberapa orang yang alergi dengan tungau debu ini dan akhirnya menimbulkan peradangan hingga kontraksi dari saluran udara paru-paru.

Atau lebih sering kita sebut sebagai asma. Bukan hanya itu saja, melainkan juga dapat mengakibatkan mengi, sesak nafas, maupun kesulitan bernafas lainnya.

Cara Menghilangkan Tungau Debu 

Mengingat dampak yang bisa tungau debu ini sebabkan, tentu saja menghilangkannya adalah pilihan dan keputusan yang sangat tepat. Ada cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan tungau debu tersebut.

Salah satunya adalah dengan menggunakan alat dust mite vacuum. Alat merupakan penyedot debu dan tungau.

Jangan anda pikir, hanya dengan menjemur kasur, bantal maupun yang lainnya saja sudah cukup. Anda perlu bantuan alat ini.

Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan tungau debu pada ranjang, karpet, bantal, guling, dan semacamnya. Hanya dalam waktu yang singkat dan cepat, dust mite atau tungau debu ini akan hilang. Sangat efektif dan efisien untuk kita gunakan bukan? Maka dari itu, silahkan anda gunakan sekarang juga!

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *