Gil Santistevan, Master Seni Beton

Gil Santistevan dalam membuat pekerjaan beton dekoratif berasal dari kebosanan, bukan kebutuhan. Energi kreatifnya dipicu dengan
beberapa sketsa sederhana dengan sekop di beton yang dia tuangkan di trotoar dan selokan di Colorado sambil menunggu beban beton
berikutnya.

Sekarang, lebih dari 50 tahun setelah putaran dan lingkaran pertamanya di jalan masuk, Santistevan mengagumi sejauh mana industri ini
telah berkembang dan bagaimana dia mencari nafkah dengan membuat beton dekoratif. Anda dapat melakukan segala macam hal dengan
konkret yang tidak pernah terpikirkan oleh orang-orang saat itu, kata Santistevan, 71, yang sekarang menjabat sebagai konsultan untuk
putranya Kevin, yang menjalankan bisnis pengecatan dan pengecatan beton yang berbasis di Vacaville, California.

Anda dapat menyukai pekerjaan dengan hal-hal sederhana, seperti memotong kotak di teras, hal-hal mudah yang tidak akan dilakukan oleh
orang beton ready mix biasa karena bos tidak ingin dia melakukannya. Sapu dengan satu cara, lalu sapu dengan yang lain, tambahkan beberapa
warna, segelnya dan Anda mendapatkan anyaman keranjang yang indah, jelas Santistevan.

Karir Santistevan sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan stamping. Melihat melalui matanya, seseorang dapat beralih dari
kesederhanaan hari-hari awal menggunakan teknik sederhana untuk menciptakan seni baru dalam beton ke kombinasi noda dan perangko saat
ini untuk menciptakan permukaan yang, dalam beberapa hal menyembunyikan asal-usulnya dalam beton sederhana. Santistevan mulai sebagai buruh pada 1940-an. Pada tahun 1949, ia mendapatkan kartu serikatnya, memberinya hak untuk mendapatkan $1,52 per jam untuk membuat terowongan air melintasi pegunungan dan kanal di Fort Collins dekat Denver Colorado. Saya membantu pada hari Sabtu dan sepulang sekolah, dan saya terpaku pada beton, kenang Santistevan.

Pada waktunya ia pindah ke posisi sebagai form setter dan finisher di catch basin, dan curbs and gutters di area Denver. Di Commercial
Concrete, sebagian besar pekerjaannya melibatkan perbaikan efek pelebaran jalan dan jalan raya di Denver; dia belajar bagaimana melakukan langkah-langkah, menggantikan langkah-langkah pemilik properti sebelumnya yang dikonsumsi dengan pelebaran palang jalan. Dia
melakukan overlay, kantilever, dan langkah mengambang, mengambil apa yang bagi beberapa orang mungkin merupakan situasi perbaikan
cepat dan menjadikannya sesuatu yang unik, istimewa, dan berkesan.

Awal Karir Santistevan

Langkah pertama dalam beberapa langkah ini akan membantu menjadikan fitur umum ini sebagai cinta pertamanya.Pada tahun 1965, Santistevan pindah ke California, ditarik oleh musim yang lebih panjang. Dia mendapatkan pekerjaan dengan seorang pria yang akan menjadi mentornya, Peter Antonini, yang menjalankan bisnis beton sukses yang berbasis di Vacaville, sebuah komunitas di California Utara yang tumbuh pesat dengan rumah trek baru. Dia melakukan pekerjaan biasa, membuat jalan masuk, trotoar, tangga, dll.

Antonini menunjukkan kepada Santistevan cara membuat desain tangga yang lebih baik dan lebih rumit. Baik mengerjakan anak tangga atau
bentuk beton lainnya, dia sekarang menggunakan teknik beton yang lebih bagus daripada yang dia gunakan pada pekerjaan jalanannya di
Denver beberapa tahun sebelumnya.

Tapi dia menambahkan tikungannya sendiri. Dia dan krunya akan bekerja di antara 10 dan 12 jalan masuk dan 8 sampai 10 kelas sehari.
Dengan alat apa pun yang berguna, sering kali dengan sekop, Santistevan akan mengukir bentuk geometris sederhana di beton. Kami dulu
pergi ke belakang mesin untuk bermain-main. Di tengah terak, Anda tidak bisa keluar. Dulu saya coba liat bikin bentuk dibeton, kenangnya. Hasil akhir coretan yang dibuat dengan potongan pada sambungan, lingkaran dan pola beton yang berputar-putar, tepi yang
terbuka, beton yang berkeringat jauh sebelum tikar dibuat — orang mulai memperhatikan bentuk yang sedang dibuat, pertama dalam model
rumah.

Orang-orang akan melihat model rumah selesai dengan pekerjaan beton kami dan mereka ingin mereka berdandan sendiri, kenang
Santistevan. Tetapi teknik yang dia gunakan masih primatif dalam penciptaannya.

Dia segera memperluas keterampilannya dengan menempatkan batas melengkung di tempatnya. Dia dan krunya membentuk batas tangga
perumahan dengan papan berpihak, yang, tentu saja, selalu tersedia berlimpah di dekat proyek perumahan baru. Untuk putaran langkah,
salah satu efek favoritnya, Santistevan akan sering menggunakan papan penyok kayu merah. Terkadang pembangun atau arsitek menyarankan
desain untuk melengkapi desain rumah; di lain waktu dia membuat sketsa sesuatu di atas kertas, meminta izin dari calon pemilik untuk
mencoba sesuatu yang berbeda. Dalam karirnya, jarang sekali Santistevan ditolak desainnya.

Bisnis berjalan baik di awal tahun 1970-an. Dia menjalin kemitraan dengan Antonini untuk melakukan lebih banyak pekerjaan beton kustom
di rumah baru perusahaannya, kebanyakan pada akhir pekan dan satu hari dalam seminggu. Dia bekerja empat hari seminggu untuk Antonini,
membentuk dan memasang beton di rumah baru. Ketika dia melakukan pekerjaannya sendiri, dia mengenakan biaya $ 90 untuk tangga lima
langkah, bertingkat lima, dan lebar enam kaki. Dia melakukan pengaturan dan membentuk dirinya sendiri, seringkali tiga kali sehari.
Pada tahun 1976, ia membentuk perusahaannya sendiri, mempekerjakan antara 6 dan 10 orang. Mereka membuat dek, teras, garasi, jalan
masuk untuk beberapa pembangun rumah yang lebih besar di daerah tersebut, termasuk Shay Homes, K&B Homes dan Lewis Homes, beberapa di
California dan pembangun rumah paling terkemuka di negara itu. Lima tahun kemudian, Santistevan membeli perangko pertamanya. Itu

adalah produk aluminium dan harganya masing-masing sekitar $ 25,00. Mereka benar-benar bekerja dengan baik dan benar-benar meningkatkan apa yang kami lakukan, katanya. Santistevan mendapati dirinya perlu membuat lapangan hijau dan area di luar batas merah di lapangan tenis di sejumlah sekolah baru yang sedang dibangun di California.

Dia menggunakan warna Davis, mencampurkannya sendiri ke dalam tong sampah berukuran 30 galon dengan pasir dan semen. Saat itu ia tidak mengandalkan warna truk karena mungkin berbeda dari satu muatan ke muatan lainnya. Dengan mencampurkan miliknya di tong sampah besar, dia memastikan bahwa dia sudah cukup untuk melakukan seluruh pekerjaan.

Ketika dia tidak bekerja di sekolah, dia melakukan pekerjaan residensial di daerah California Utara. Orang punya uang dan mereka menginginkan sesuatu yang unik. Reputasinya menyebar — begitu pula kepercayaan dirinya. Saya hanya akan melihat ke halaman dan menemukan sesuatu. Jika kami tidak memiliki rencana, saya hanya akan mengikuti rencana yang telah saya gunakan sebelumnya. Entah itu atau saya hanya akan membuat sesuatu yang baru. Saat saya menyiapkannya, saya menemukan berbagai cara untuk melakukannya, katanya.


Seringkali, titik fokus pekerjaannya di rumah adalah apa yang kebanyakan orang anggap sebagai cara untuk naik atau turun. Saya suka tangga dan ketinggian yang berbeda karena langkah-langkahnya indah, indah sekali, katanya. Langkah-langkah bisa membuat banyak perbedaan. Saya seorang pria beton yang baik, dan itu adalah sesuatu yang tidak terlalu bisa dilakukan oleh banyak pria beton.

Bayangkan saja Gedung Putih dan betapa indahnya langkah-langkah itu. Setelah lebih dari 30 tahun menciptakan sebagian besar efeknya dengan tangan dengan intervensi teknologi minimal, dia memutuskan untuk mencoba perangko logam dengan muka terbuka pada tahun 1981. Dia pernah mendengar tentang perangko itu, tetapi tidak pernah melihatnya beraksi. Dia mencoba peruntungannya dengan membuat tangga ke dek kayu.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *