Inilah 4 Jenis Bahan Tambal Gigi Jogja

Tambal gigi merupakan cara yang paling efektif untuk memperbaiki gigi yang sudah bolong atau rusak. Jika gigi dibiarkan bolong maka sisa makanan akan terperangkap di dalamnya sehingga menyebabkan munculnya bakteri dalam gigi. Efeknya, gigi akan terasa sangat nyeri karena terbentuknya celah dan menyentuh akar gigi.

Jenis bahan tambal gigi terbagi menjadi beberapa macam yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Namun, tentu saja harus disesuaikan juga dengan kondisi gigi Anda, maka dari itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum ditambal.

Berbagai jenis tambal gigi

Gigi yang berlubang disebabkan banyak faktor seperti sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, minum alcohol, merokok dan lainnya. Cara yang paling bagus untuk merawat gigi yang berlubang adalah dengan melakukan tambal gigi.

Berikut ini 4 jenis bahan yang digunakan untuk tambal gigi:

1. Amalgam (perak)

Pada umumnya, proses tambal gigi menggunakan bahan amalgam yaitu material campuran yang terdiri dari 50% perak, seng, timah, tembaga dan juga 50% merkuri.

Jika dibandingkan dengan bahan tambal gigi yang lainnya, amalgam lebih dipilih karena memiliki tekstur yang kuat, harga terjangkau dan bisa tahan hingga 15 tahun.

2. Komposit

Bahan tambal gigi ini merupakan kombinasi material plastik dan resin yang dicampur kemudian digunakan untuk menambal lubang gigi. Sebenarnya tekstur awal dari komposit bersifat lunak, lalu disinari dengan sinar biru sehingga berubah menjadi keras seperti tekstur gigi asli.

Kebanyakan orang yang memilih bahan komposi karena memang warna dan kekerasannya hampir mirip dengan gigi asli.

3. Porselen (keramik)

Bisa dibilang bahan tambal gigi ini harganya cukup mahal  tapi peminatnya cukup banyak. Tingkat kekerasannya seperti keramik dan warnanya juga mirip dengan gigi asli. Selain itu, bahan porselen juga lebih awet sehingga mampu bertahan hingga 15 tahun.

4. Glass ionomer cement (GIC / semen ionomer kaca)

Jenis tambal gigi GIC (Glass Ionomer Cement) ini terbuat ari bahan akrilik dan juga material kaca yang khusus. Warnanya memang warna putih tapi tidak mirip dengan warna gigi asli.

Bahan tambal gigi ini sering digunakan untuk tambal gigi pada anak-anak khususnya menambal bagian garis gusi. Selain itu, bahan ini dapat melepaskan fluoride sehingga gigi dapat terlindungi dari kerusakan yang lebih parah.

Silakan Anda pilih salah satu dari 4 jenis tambal gigi Jogja yang ada diatas. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar bahan yang dipilih bisa cocok dengan gigi Anda.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *