Inilah Hal-hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Booth Pameran

Jasa Kontraktor Pameran


Sepintas, fungsi booth memang hanya sebagai tempat mendisplai produk-produk sebuah perusahaan. Namun, bila ditelisik lebih jauh, booth memiliki fungsi lebih dari sekadar tempat meletakkan barang-barang.

Booth juga digunakan perusahaan sebagai garda depan marketing. Perusahaan justru sangat memanfaatkan booth sebagai ajang memamerkan produk serta tempat berkompetisi antarperusahaan. Beberapa perusahaan yang mendirikan booth berlomba-lomba menarik konsumen lewat booth mereka.

Karena itulah, booth yang disiapkan  harus menarik agar pengunjung makin banyak. Hal itu memungkinkan peningkatan konsumen sehingga kesempatan bertransaksi juga meningkat.

Sebelum membuat booth yang menarik, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

Konsep Jasa Kontraktor Pameran

Segala rencana memang memerlukan konsep, begitu pula dalam membuat booth. Sebelum booth dibuat, review kembali bisnis perusahaan agar konsep yang dibuat tidak keluar dari jalur.

Peninjauan tersebut meliputi aspek merk produk, sejarah perusahaan, sasaran bisnsi, sasaran pasar, produk/jasa yang dipromosikan, pesaing, proses penjualan, merek dan cara komunikasi pemasaran pada pameran.

Dari tinjauan tersebut, kemudian rangkumlah menjadi sebuah konsep visual. Termasuk pula visual desain dan perancangan booth. Rancangan booth yang baik adalah yang bisa menginterpretasikan jiwa perusahaan Anda.

Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan jasa kontraktor pameran booth. Konsep yang segar biasanya bisa ditangani oleh kontraktor pameran profesional.

Lokasi

Sebelum merancang booth, tentukan lokasi pendirian booth. Sebaiknya pilih lokasi yang strategis agar pengunjung lebih mudah menjumpai perusahaan Anda. Jangan sampai booth Anda terhalang oleh booth-booth lain.

Tipe Booth

Di Indonesia, ukuran terkecil booth untuk pameran biasanya 3×3 m dan tinggi 2,4m. Stand pameran dapat berupa stand massif maupun stand bongkar pasang (knockdown), sedangkan untuk konfigurasi booth yang biasa digunakan antara lain adalah in-line booth, peninsula booth, corner booth, island booth dan split-island booth.

Target Pasar

Salah satut tujuan mendirikan booth sebagai tempat mendisplai produk adalah untuk menarik konsumen. Di dalam booth, biasanya terjadi komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Di sanalah tugas perusahaan meyakinkan konsumen akan manfaat dari produk atau jasa perusahaan .

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *