Inilah Tips Membuat Kolam Ikan yang Tepat dan Mudah

Tips Membuat Kolam Ikan

Jika Anda mempunyai hobi memelihara ikan, bisa membuat kolam pada area yang kosong. Misalnya Anda bisa menggali di depan atau taman belakang yang kosong. Berikut ini tips membuat kolam ikan yang bisa Anda coba. Simak ulasan ini jika Anda hobi memelihara ikan.

baca juga: tukang kolam ikan bandung

Berikut Tips Membuat Kolam Ikan

Memelihara ikan terbukti memberi efek positif untuk pemiliknya. Diantaranya seperti mengurangi depresi, mempercantik rumah, menghilangkan stress, melatih tanggung jawab, serta membawa keberuntungan. Untuk Anda yang ingin memelihara ikan dalam jumlah banyak atau besar pasti aquarium tidak bisa menampung ikan tersebut. Berikut ini tips membuat kolam ikan koi.

Memilih Lokasi

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih lokasi yang akan dibuat. Biasanya kolam terletak di taman depan atau taman belakang. Tata cara ini sesuaikan arus lalu lalang seluruh penghuni rumah.

baca juga: jasa taman bandung

Membuat Ukuran

Tips membuat kolam ikan hias berikutnya membuat ukuran. Sesuaikan bentuk dan besar kolam. Jangan sampai Anda tertunda tergoda untuk membongkar sesuatu demi membuat kolam yang besar. Cukup dengan kolam yang sesuai dengan area agar sesuai dengan konsep keinginan. Pada area terbatas Anda bisa membuat kolam bertingkat dengan efek air terjun.

Memilih Material

Pemilihan material sangat berperan penting untuk membuat kolam. Biasanya material yang digunakan adalah keramik dan batu alam. Batu alam sangat cocok untuk kolam ikan dengan gaya minimalis atau natural.

Batu alam banyak dijajakan dalam wujud bongkahan bahkan sudah ada yang berpola sehingga membuat mudah saat memasang. Hanya saja Anda harus melapisi batu alam dengan kuas ting supaya tidak ditumbuhi lumut dan merusak.

Sedangkan keramik sangat sesuai untuk kolam ikan dengan gaya modern dan minimalis. Pilihlah keramik dengan warna cerah agar poland ikan lebih menarik dan terlihat lebih lapang. Tetapi Anda harus rajin menguras air serta menyikat keramik agar tidak terlihat kotor. Jika Anda memilih keramik berwarna gelap membuat kolam terlihat lebih elegan.

Mempersiapkan Bahan dan Alat

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kolam tidak sulit untuk didapatkan. Alat yang dibutuhkan adalah meteran, batu bata, cangkul, pasir, waterpass, semen, ember, cat waterproof, dan yang lainnya. Setelah menyiapkan bahan galian tanah lokasi yang akan digunakan untuk membuat kolam.

Mengatur Perairan

Kolam yang sudah jadi belum sempurna jika tidak ada air. Cara membuat kolam yang tidak terbatas dengan mengatur sistem perairan yang baik agar ikan rasa nyaman. Untuk seberapa jenis Anda perlu membuat sistem perairan yang mengalir terus menerus dengan pompa dan filter.

Jadi saat membuat kolam tidak bisa asal-asalan. Anda bisa mengikuti tips membuat kolam ikan tersebut.

Ayo Berbagi Tips