Jangan Tunggu Kotor! Jaga Kebersihan Stroller Bayi Dengan Cara Ini

Kebersihan Stroller

Stroller atau kereta bayi saat ini semakin banyak digunakan. Tapi sayang, banyak yang masih mengabaikan kebersihannya juga. Padahal kebersihan stroller sangatlah penting. Tidak perlu tunggu sampai kotor, stroller harus rajin dibersihkan.

Penggunaan stroller yang cukup sering membuatnya cepat kotor. Terlebih lagi jika anak sudah mulai makan. Stroller harus sering-sering dicek kebersihannya walau tak tampak kotor.

baca juga: cuci sofa Batam

Kapan Stroller Bayi Perlu Dibersihkan?

Nah, untuk yang ingin tahu apakah stroller sudah harus dibersihkan atau belum. Berikut adalah beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan:

  • Tercium Bau Tak Sedap

Jika mencium bau tidak sedap pada stroller, cobalah cari tahu dari mana asalnya. Lalu bersihkan dari sumber bau tersebut. Namun bila tampak tidak ada apapun, mungkin itu artinya stroller memang sudah harus dibersihkan. Hal ini bisa jadi karena Anda sebelumnya tidak melakukan pembersihannya dengan baik.

  • Ada Kotoran yang Terselip

Baby stroller memiliki bagian yang tertutup dan berongga. Di bagian ini kadang terselip kotoran seperti sisa makanan. Untuk itu, cobalah cek bagian ini.

Jika terdapat kotoran di sela-sela tersebut, itu artinya stroller perlu segera Anda bersihkan. Dan pastikan membersihkannya hingga benar-benar bersih.

  • Terasa Lengket

Tumpahan susu atau makanan sangat mungkin mengotori stroller. Meski sudah dihilangkan pun, biasanya itu akan meninggalkan rasa lengket. Nah, jika seperti itu, maka artinya Anda harus membersihkannya lagi.

baca juga: cuci springbed Batam

Cara Jaga Kebersihan Stroller Bayi

Kebersihan stroller sebenarnya tidak sulit untuk dijaga. Hanya saja kebanyakan orang malas melakukannya. Selain itu, ada juga yang beralasan tidak tahu caranya. Nah, bagi Anda yang masih belum tahu, berikut cara menjaga kebersihannya:

  • Lepaskan Bagian-Bagian Stroller

Untuk memulai, sebaiknya bawalah stroller ke tempat kosong yang luas. Seperti halaman rumah atau ruangan kosong. Yang terpenting tempatnya terang dengan sinar matahari yang cukup.

Setelah itu, bongkar beberapa bagian stroller. Seperti kain tempat duduk, kanopi, keranjang dan roda. Sehingga nantinya mudah untuk dilakukan pembersihan.

Perlu diingat juga, setiap stroller memiliki karakteristik berbeda. Untuk itu, buka buku panduannya dan lihat instruksi yang ada. Jangan asal bongkar dan pastikan tidak ada bagian yang hilang.

  • Bersihkan Kotoran yang Menempel

Untuk pembersihan awal, Anda bisa gunakan alat vacuum cleaner. Alat ini akan membantu menghilangkan kotoran halus. Seperti debu dan remahan biskuit.

Selain itu, Anda bisa juga gunakan kuas dan sikat gigi. Lakukan pembersihan dari bagian terluar hingga sudut yang tersembunyi. Mulailah dengan membersihkan bagian sandaran dan kursi atau dudukan.

  • Lap Bagian Kerangka Stroller

Bagian ini bisa berisiko dijilat oleh bayi. Maka dari itu, selalu jaga kebersihannya. Laplah bagian ini dengan kain microfiber secara rutin. Atau minimal gunakan tisu basah untuk membersihkan. Hindari juga penggunaan detergen berbahan keras.

  • Cuci Bagian Dudukan Stroller

Tidak semua brand stroller dudukannya bisa dicuci dengan mesin cuci. Karena itu, cari tahu dulu sebelum mencucinya.

Jika memang harus dicuci manual, usahakan mencucinya dengan lembut. Jangan menggosoknya terlalu kuat dan keras. Hal ini untuk mencegah supaya kain tidak menjadi kasar dan rontok.

Disarankan, gunakan saja kain microfiber atau sikat halus. Serta pastikan untuk gunakan sabun khusus food grade yang aman bagi bayi.

  • Bersihkan Bagian Roda

Ada banyak kotoran yang mungkin berkumpul pada bagian roda. Contohnya saja tanah, pasir, lumpur dan lainnya. Oleh sebab itu, jangan lupakan bagian ini saat membersihkan stroller.

Caranya, Anda bisa gunakan sikat ringan dan detergen. Sikat-sikat roda hingga semua kotorannya bersih. Setelah itu pasang kembali roda dengan benar sesuai petunjuk pemasangannya.

Perlu Anda ingat kembali, stroller harus dibersihkan secara rutin. Jangan karena belum begitu kotor, Anda jadi tidak membersihkannya. Ingat, kebersihan stroller wajib Anda jaga demi si kecil juga.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *