Jenis Flow meter untuk CPO

CPO atau minyak sawit mentah adalah salah satu produk minyak dari kelapa sawit yang menghasilkan palm olein atau dikenal sebagai minyak goreng kelapa sawit. Karakter CPO begitu ekstrem di mana masih mengandung asam, getah dan mungkin masih kotor dengan banyak partikel serat dari fib pondok kelapa sawit saat diproses.

Dengan kondisi dan karakteristik minyak CPO tersebut maka untuk proses pengukuran di perlukan flow meter yang mempunyai keunggulan tertentu yaitu :

  • Harga CPO yang mahal membutuhkan flow meter dengan akurasi yang baik, diusahakan akurasi adalah 0.1% .
  • Sifat CPO yang mengandung asam harus di pilihkan flow meter CPO yang tahan korosi
  • Temperature CPO yang diatas suhu normal sebaiknya menggunakan flow meter yang hasil pengukuranya tidak terpengaruh adanya perubahan temperature, sebaiknya menggunakan mass flow meter.
  • Karena adanya busa atau udara dalam cairan CPO saat dipompa sebaiknya menggunakan flow meter  cpo yang tidak berorentasi volometrik meter tapi berorentasi mass flow meter
  • Karena CPO merupakan cairan yang tidak bersih alias mengandung partikel solid ( kotoran serabut dan getah ) sebaiknya menggunakan flow meter dengan sensor yang  tidak berputar.
  • Karena Alasan Proses dimana Pressure sangat di butuhkan,  maka diusahakan menggunkan flow meter amico yang tidak terlalu pengaruh pada perubahan pressure.
coriolis%2Bmass%2Bflow%2Bmeter

Mengingat turunan dari CPO yang berupa Fatty acid, Stearin dan olein dimana dalm proses banyak menggunakan temperature yang cukup tinggi serta, cukup asam serta sebaiknya menggunkan flow meter coriolisCoriolis mass flow meter merupakan flow meter yang secara langsung menghitung mass dari cairan sehingga perubahan volume karena perubahan temperature tidak merubah hasil dari pengukuran flow yang lewat flow meter.

Karena meteran flow coriolis menggunakan bahan stainless steel untuk tipe standar ini dapat mewakili ketentuan industri pengolahan makanan yang menuntut kelas food grade dan tahan terhadap korosi sehingga meteran aliran food grade juga dapat dikatakan

Mengenai harga CPOS yang bukan meter aliran massa Coriolis yang sangat cocok untuk mencegah dan mengurangi kerugian CPO dan lelang, yang disebabkan oleh perbedaan perhitungan dan pengukuran keakuratan meter aliran massa JE NIS Coriolis mencapai akurasi tinggi 0,5% hingga 0,2% tergantung pada spesifikasi yang Anda inginkan.

Karena meteran aliran massa Coriolis ini dapat dipesan dengan custem, dapat digunakan untuk berbagai stadart dari Stadart JIS, ANSI, DIN dan lainnya serta jenis bahan yang juga dapat digunakan untuk asam yang memiliki pH ekstrem, suhu ekstrem – 45 hingga + 210 ° C, dan juga dapat diterapkan pada tekanan hingga 345 bar.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *