Kerja Sampingan Mahasiswa Penghasilannya Bikin Ngiler

Sebagai seorang mahasiswa, kamu nggak bisa hanya mengandalkan kiriman orang tua untuk bisa bertahan hidup di perantauan. Butuh sumber penghasilan tambahan untuk sekedar menambah uang jajan, atau bahkan membayar biaya kuliah sendiri. Berikut merupakan kerja sampingan yang cukup menggiurkan dan cocok ditekuni para mahasiswa.

  1. Ojek Online
    Ojek online jadi salah satu sumber penghasilan yang bisa kamu pilih untuk menambah uang jajan selama masa kuliah. Pekerjaan ini tidak butuh modal banyak dan keahlian yang spesifik. Bahkan untuk menelusuri rute penumpang pun kini kamu bisa menggunakan aplikasi peta digital. Penghasilan sebagai ojek online tergolong lumayan lho, apalagi waktu kerja bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. Pilihan bekerja sebagai ojek online bisa jadi alternatif terbaik buat kamu yang ingin menambah penghasilan di sela waktu senggang.
  2. Berjualan Online
    Sekarang semuanya sudah serba digita. Bahkan untuk mencari barang yang diinginkan, orang-orang hanya perlu mencarinya di dunia maya. Cara ini lebih mudah, efektif dan aman. Bagi kamu, ini bisa dijadikan sebagai ladang pekerjaan yang lumayan menghasilkan. Kamu bisa menjual banyak hal, mulai dari makanan ringan, produk fashion, gadget bekas dan lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan potensi dan peluang yang ada di daerah tempat kamu tinggal. Kalau perlu, kamu bisa join dengan pengusaha lokal untuk menjual barang mereka secara online.
  3. Jadi Youtuber
    Sekarang TV sudah mulai ditinggalkan, kebanyakan orang khususnya anak muda beralih ke youtube untuk mendapatkan tontonan hiburan. Saat ini sudah banyak orang yang mendapatkan uang hingga puluhan bahkan ratusan juta lewat mengupload video ke youtube. Kamu bisa mendapatkan uang dari google adsense dan kerjasama dengan brand atau perusahaan yang ingin memasarkan produknya.
  4. Tutor atau Guru Les
    Menjadi tutor atau guru les merupakan peluang besar buat kamu yang berstatus mahasiswa, apalagi bagi mahasiswa jurusan keguruan. Selain belajar untuk menjadi guru dan mengenal karakter ana-anak sejak dini, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan ini. Kamu bisa menawarkan jasa ini pada anak-anak SD, SMP, hingga SMA yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Tawarkan saja dulu harga murah, toh dari pekerjaan ini kamu pun akan belajar menguasai bidang yang mungkin akan ditekuni setelah lulus nanti.
  5. Waiter atau Barista
    Belakangan ini, bisnis cafe, coffee shop dan lainnya sedang menjamur di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan menargetkan konsumen dari kalangan muda, tentu lokasi mereka pun tidak akan terlalu jauh dari pusat kegiatan anak-anak muda, terutama area kampus. Nah daripada nongkrong gak jelas, mendingan kamu tawarkan diri untuk menjadi seorang waitress atau barista. Selain mendapat penghasilan yang cukup lumayan, pekerjaan ini cukup asyik digeluti mahasiswa. Yang paling penting, umumnya pekerjaan ini nggak mengganggu jadwal kuliah lho!
  6. Penulis Lepas
    Punya laptop dan akses Internet gratis dari bapak kost? Jangan cuma dijadikan modal buat main sosial media atau mengakses game online, gunakan fasilitas tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi penulis lepas, atau kontributor di sebuah website. Nilai plusnya, selain tidak mengganggu jadwal kuliah dan mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan, menjadi penulis pun akan ‘memaksa’ kamu untuk lebih banyak membaca. Penting banget buat kamu para mahasiswa yang harus punya pemikiran terbuka, dan wawasan yang luas.
  7. Fotografer dan Videografer
    Memang sih butuh skill khusus untuk menjadi fotografer. Tapi kalau kamu merasa mampu, kenapa tidak ambil peluang ini sebagai pekerjaan sampingan. Kamu bisa menawarkan jasa ini kepada wedding organizer lokal, atau kepada siapa saja yang butuh jasa fotografer dan videografer. Bagaimana dengan modal kameranya? Jangan khawatir, jika kamu terganjal masalah ini, sekarang sudah banyak kok tempat rental kamera yang harganya cukup bersahabat. Dengan modal kamera sewaan, kamu akan mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan.

Intinya, sebagai seorang mahasiswa kamu dituntut untuk lebih kreatif, aktif dan pintar dalam memanfaatkan setiap peluang. Siapa tahu pekerjaan sampingan tersebut justru bisa jadi sumber bisnis kamu di masa depan. Semoga bermanfaat!

Itu tadi enam rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan sebagai Mahasiswa. Kalau kamu ingin berjualan online atau butuh beli kamera untuk jadi videografer tapi dananya belum cukup, kamu bisa dapatkan dana cepat lewat aplikasi pinjaman online Maucash. Yuk wujudkan mimpimu sekarang! Klik tombol di bawah untuk mencairkan dana pinjamanmu!

Pengumuman :

Butuh uang tambahan tak terbatas ? Segera raih peruntungan mu disini ” Idn slot ” dan disini ” Totobet hk ”

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *