Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan

kapulaga

Kapulaga adalah tumbuhan yg berkembang secara liar di pantai barat wilayah India didaerah pegunungan Malabar. Kapulaga populer menjadi salahsatu rempah yg biasanya dipakai oleh beberapa orang India buat dijadikan masakan dengan aroma cita rasa yang enak. Tetapi pada akhirnya market dunia membidik tumbuhan ini untuk dijadikan salahsatu tumbuhan rempah penting dalam urusan kuliner, hingga beberapa negara mulai mengembangkannya.

Di dlm buahnya ada biji kecil dengan warna hitam sekitar 14-16 biji. Bila disaksikan sekilas, tumbuhan ini terlihat mirip tumbuhan jahe, atau lengkuas. Batang dari kapulaga berkembang tegak dgn tinggi sekitar 1 sampai tiga mtr. Pelepah dari daun tumbuhan ini menutupi semua batang hingga batangnya disebutkan dengan batang semu. Daun dari kapulaga lebar & panjang, pinggirnya rata, dengan warna hijau, dgn tulang daun yang menyirip.

Tanaman ini mempunyai bunga yang majemuk yg berkembang berupa bonggol, mahkota yang dimilikinya berupa tabung dengan warna putih agak kekuningan. Mahkota dari bunga ini berbuah dgn biji dengan warna hitam kecil yg ada pada buahnya. Buah dari kapulaga berkembang mulai dari sekitar pangkal batangnya di atas permukaan tanah. Kapulaga berkembang bersama dengan tandannya. Di setiap tandan yang dimiliki ada lima sampai delapan biji-buah kapulaga. & di dlm buahnya itu ada empatbelas sampai enambelas biji kapulaga dengan warna hitam.

Kapulaga berkembang berumpun dgn buahnya yg menyebar disekitar pangkal batangnya. Buah ini berkembang bersama dengan pungkasnya yang menyebar di atas permukaan tanah. Tidak hanya jadi tumbuhan penghasil bumbu untuk menyedapkan masakan, sebetulnya tumbuhan ini mempunyai manfaat & kegunaan lain yg masih sedikit diketahui oleh warga net. Kapulaga memiliki kandungan protein, minyak atsiri, sineol, vit. C, lemak, borneol, gula, silikat, terpineol, mirtenal, mirkena, sebinena, betakamer, karnova, & Kersik. Dengan banyaknya senyawa-alami yang dimilikinya membuat kapulaga banyak dicari orang. baca juga crystal x makassar

Berikut ini beberapa khasiat dan kegunaan dari kapulaga yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh spt:

1.Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Dgn konsumsi kapulaga secara konsisten membuat jantung bisa memompa darah dengan konstan. Kegiatan dari jantung yg sehat akan membuat perputaran darah bertambah hingga dapat terhindar dari tekanan darah sangat rendah atau terlampau tinggi.

2.Tingkatkan skema kebal badan

Anti-bodi yg lemah atau mode ketahanan tubuh yg gampang labil membuat masalah kesehatan dengan cepat bisa masuk kedlm badan. Dgn kandungan senyawa patogen & zat anti-bakterial yg dipunyai oleh tumbuhan kapulaga, maka bakteri jahat penebar masalah kesehatan akan dieliminasi. Masalah kesehatan akan sulit masuk ke badan sebab benteng anti-bodi yg kuat sudah dibuat. artikel lainnya foredi murah

3.Bermanfaat untuk kesehatan ginjal

Ginjal yg tak sehat bisa dgn gampang jadi masalah kesehatan yg benar-benar berbahaya. Untuk jaga supaya ginjal bisa berperan dgn baik, karena itu kapulaga bisa digunakan. Karakter diuretik yg ada dlm kapulaga sudah ditelaah oleh beberapa periset. Riset ini tunjukkan jika karakter diuretik mempunyai potensi untuk menahan masalah kesehatan yg ada hubungan dgn kandung kemih. Terhitung didalamnya masalah kesehatan ginjal.

4.Bermanfaat untuk kesehatan tulang

Vit. C & mangan adalah 2 zat yg diperlukan oleh tulang supaya selalu dalam kondisi sehat & kuat. Ke-2 zat ini terdapat dlm kapulaga. Jadi, bila mengonsumsi kapulaga diharapkan tulang akan terlepas dari permasalahan osteoporosis atau biasa disebut dengan pengeroposan tulang.

5.Hilangkan ngilu otot, kejang-kejang, & gusi yang meradang

Kapulaga mempunyai karakter penghilang rasa sakit (analgesik) & karakter anti-inflamasi. Karakter anti analgesik ini dapat menahan rasa sakit misalnya ngilu otot, kejang. Selain itu, karakter anti-inflamasi bisa menurunkan peradangan yang terjadi di gusi.

6.Menyembuhkan masalah pencernaan

Gas berlebihan yg berada di dalam perut bisa menyebabkan perut jadi kembung dan masalah pencernaan yang lainnya. Kapulaga mempunyai kandungan senyawa yang bisa membuat perut berasa nyaman dan membuat proses cerna jadi lancar.

7.Menyembuhkan masalah pernafasan

Anti-spasmodik dapat menyembuhkan tenggorokan yg menderita sakit batuk. Triknya dapat dgn cara mencampurkan rebusan bunga dari kapulaga dgn madu. Lalu minum air rebusan tersebut dengan teratur.
Wedang cengkeh kapulaga ialah salahsatu type minuman alami yg mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Langkah pemakaiannya hampir serupa, yakni dgn mengeringkan buah-buahan kapulaga, mengsangrainya, lalu menumbuknya dengan kasar. Bisa dikonsumsi dgn langkah diseduh dan disaring ampasnya kemudian airnya diminum secara rutin. Tidak ada bedanya dengan menyeduh teh. Minumlah dengan teratur saat pagi & sore setiap hari sampai kamu dapat rasakan dampak kegunaannya. Tidak hanya itu, kapulaga dapat di rebus bersama dengan dgn rempah-rempah lainnya yang bermanfaat buat tubuh. Dengan banyaknya kegunaan dari rempah ini, jadi jangan bingung bila tumbuhan ini disebut jadi tumbuhan rempah dengan harga termahal ke-3 sesudah saffron & vanili.

Demikian informasi mengenai khasiat dari kapulaga untuk meningkatkan kesehatan tubuh, semoga info ini dapat bermanfaat buat anda dan keluarga.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *