Khasiat Minyak Virgin Coconut Oil yang Menakjubkan

Virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa dara, diyakini mempuyai kualitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa biasa, karena melewati beberapa proses ekstraksi yang berbeda. Virgin coconut oil dihasilkan langsung dari santan kelapa segar tanpa melewati proses pemanasan, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman sehingga tidak merubah sifat alami minyak. Ternyata, khasiat minyak virgin coconut oil yang Menakjubkan. Yuk, ketahui informasi lengkapnya!

Khasiat Minyak Virgin Coconut Oil

1. Mampu Menangkal Virus dan Bakteri

Kegunaan minyak virgin coconut oil bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menjaga dan menambah daya tahan tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Penyakit diketahui dapat bersumber dari  bakteri, kuman, hingga virus.

VCO diketahui memiliki kandungan asam laurat sebanyak 50% dari asam lemak di dalamnya. Asam laurat ini lah yang menyebabkan sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, serta anti-virus yang dapat membantu tubuh untuk melawan berbagai sumber penyakit mematikan.

2. Melindungi Kesehatan Kulit dan Rambut

Selanjutnya kegunaan minyak virgin coconut oil mampu membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Siapa yang tak suka melihat rambut dan kulit yang sehat dan bagus? Tentu banyak orang yang mengidam-idamkanya.

Untuk memperoleh kulit dan rambut yang sehat, Anda dapat menambahkan VCO sebagai bahan pelengkap saat memasak. Minyak VCO dapat meningkatkan kadar air dalam tubuh hingga mengurangi gejala eksim penyebab kulit kusam, kering dan gelap.

Berikut ini caranya: 

  • Sebagai pelembab rambut, tuang minyak seperlunya. Usapkan perlahan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Balut rambut dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam. Selanjutnya, bilas dengan shampoo.
  • Untuk menumbuhkan rambut, pijat kulit kepala secara menyeluruh dengan 1 sendok teh VCO selama 5 menit. Lakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu.
  • Untuk melawan ketombe, campur Virgin Coconut Oil dengan essential oil dan usapkan ke kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 20 menit. selanjutnya, Bilas dengan shampoo.

3. Memeperbaiki Sistem Pencernaan

Sementara itu, kegunaan minyak virgin coconut oil yakni dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Minyak kelapa dapat membantu tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi yang dibutuhkan seperti kalsium, vitamin, dan magnesium.

Minyak kelapa juga terbukti untuk meningkatkan bakteri baik dengan menghilangkan bakteri jahat di dalam usus. Dengan begitu, pencernaan dapat bekerja secara maksimal untuk menyerap berbagai nutrisi.

4. Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi virgin coconut oil setiap hari dapat mengalami pengurangan lemak yang signifikan terutamadi daerah perut. Walaupun minyak kelapa merupakan salah satu tipe lemak, namun bisa dibilang tipe lemak yang sehat dan mampu membantu menurunkan berat badan.

Ini disebabkan adanya kandungan jaringan lemak asam medium yang akan digunakan oleh tubuh untuk energi alih-alih menyimpannya sebagai lemak, dan hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Pemulihan Herbal Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang umumnya diderita oleh sebagian besar kalangan lanjut usia. Namun, hal ini tak menutup kemungkinan bagi anak muda untuk terserang Alzheimer.

Untuk mengurangi resiko ini, para generasi muda harus dapat menerapkan pola hidup sehatdari rutin olahraga dan dengan memilih nutrisi yang tepat saat mengonsumsi makanan. Seperti mengonsumsi makanan dengan kandungan VCO di dalamnya.

Kandungan katon pada VCO terbukti dalam penelitian dapat menciptakan sumber energi alternatif selain insulin yang dihasilkan dari otak. Sumber energi ini yang ternyata dapat membuat otak tetap berfungsi secara normal.

6. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Berdasarkan penelitian terhadap sejumlah orang di dataran Pasifik Selatan yang menjadikan VCO sebagai bagian dari pola makan menunjukkan hasil menakjubkan. Masyarakat diketahui dapat hidup lebih lama dengan jantung yang sehat.

Hal ini disebabkan 60% energi berasal dari kalori minyak kelapa yang dikonsumsi. Dengan mengonsumsi kelapa yang mengandung minyak di dalamnya, tubuh secara cepat meningkatkan banyak energi.

7. Mencegah Stretch Mark

Di Asia, minyak kelapa biasanya digunakan ibu hamil untuk mencegah stretch mark. Bukan hanya mencegah, jika Anda memang sudah memiliki stretch mark, oleskanlah virgin coconut oil pada area tersebut secukupnya, minyak kelapa akan membantu menghilangkannya.

8. Mengurangi Kejang

Sampai saat ini, berbagai bentuk pengobatan terhadap penderita epilepsi pada kalangan anak-anak. Salah satunya yakni penggunaan terapeutik yang juga diimplementasikan pada diet ketogenik.

Diet tersebut tak lain menjadikan seseorang untuk mendapatkan asupan rendah karbohidrat namun tinggi lemak. Kandungan MCT dalam minyak kelapa diketahui tepat untuk meningkatkan keton dalam tubuh dan mengurangi kejang-kejang.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *