Konten Kreator Dikenakan Pajak Atau Tidak? Pajak Apakah Itu?

Konten Kreator Dikenakan Pajak Atau Tidak

Anda seorang konten kreator dan mulai mempertanyakan soal pajak? Atau mungkin sebelum mengerjakan pesanan, Anda diberitahu di awal bahwa fee akan dipotong pajak?

Memang benar adanya seorang konten kreator dikenakan pajak, namun ada catatannya. Ada beberapa faktor sekaligus yang menentukan seorang pembuat konten penghasilannya dikenakan pajak atau tidak. Dan jika ini adalah profesi Anda, ketahui segera pajak apa yang akan dikenakan dan berapa nominalnya.

Pajak Untuk Konten Kreator

Pajak yang dikenakan tak lain adalah PPh 21, sama seperti pajak yang dikenakan orang berpenghasilan pada umumnya. Berapakah besarnya? Persentase pajak PPh 21 adalah sebesar 5%.

Namun perlu diketahui bahwa 5% ini dikalikan dengan penghasilan bruto. Jadi, selama Anda menjadi konten kreator dan mendapatkan tunjangan, bonus, atau lainnya, nominal bruto inilah yang dikalikan dengan 5%.

Masih ada lagi catatan tambahannya, seorang konten kreator tidak berkewajiban membayarkan pajak PPh 21 apabila penghasilan tahunannya di bawah Rp54 juta. Rp54 juta ini adalah PTKP, atau Penghasilan Tidak Kena Pajak.

Misalkan Anda seorang konten kreator dengan penghasilan bruto Rp3 juta sebulan, maka penghasilan selama satu tahun adalah Rp36 juta. Karena nominal ini di bawah Rp54 juta, maka tidak ada kewajiban bayar PPh 21.

Jika Anda menemui gaji Anda dipotong PPh 21 namun penghasilan tahunan tidak lebih dari Rp54 juta, bisa ditanyakan langsung pada atasan.

Lalu bagaimana dengan konten kreator dengan penghasilan tahunan lebih dari Rp54 juta? Nominal penghasilan ini dikurangi dengan angka Rp54 juta. Kemudian nominal yang baru ini lah yang dikalikan dengan 5% sebagai PPh 21.

Misalkan penghasilan tahunan Rp80 juta, maka penghasilan yang kena pajak adalah Rp26 juta.

Tanyakan Pada Jasa Konsultan Pajak Jogja

Mungkin soal perpajakan ini cukup rumit bagi Anda. Bisa saja terjadi konflik antara pekerja dengan pemberi gaji sehingga dibutuhkan jasa konsultan Jogja. Anda akan membutuhkan jasa konsultan Jogja terbaik untuk menyelesaikan masalah ini. Jangan sampai pekerjaan Anda membuahkan gaji yang tidak sesuai.

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *