Langkah Mencuci Tangan yang Benar agar Bebas dari Penyakit

Sebagian besar kuman penyakit menempel pada tubuh melalui media tangan. Sebab itulah sangat penting untuk mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar. Tak hanya bersih, tangan harus terbebas dari kuman. 

Kuman penyebab penyakit bisa berada dimana saja. Saat Anda pergi ke toilet, risiko terkena kuman cukup tinggi. Begitu juga saat Anda memegang hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, bisa tertular penyakit seperti flu. Hepatitis, dan tifus.

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Penyakit

Mencuci tangan harus dilakukan sesering mungkin untuk mencegah penyebaran penyakit. Cara yang diterapkan juga harus benar supaya kotoran dan kuman penyebab penyakit hilang. Berikut ini adalah tahapan mencuci tangan yang benar.

  1. Gunakan air mengalir saat membasahi tangan. Jenis air yang digunakan bisa dingin ataupun hangat
  2. Tuangkan sabun ke telapak tangan lalu gosok hingga menghasilkan busa
  3. Gosok semua bagian tangan, mulai dari sela jari, kuku, punggung tangan, dan pergelangan tangan
  4. Usap dan gosok semua bagian tangan kurang lebih selama 20 detik
  5. Bilas menggunakan air mengalir sampai semua busa hilang
  6. Gunakan handuk bersih ataupun tissu untuk mengeringkan kedua tangan

Enam langkah diatas cukup mudah dilakukan. Meski begitu, banyak yang melakukan kesalahan saat mencuci tangan. 

Misalnya mencuci tangan tanpa menggunakan sabun. Cara ini hanya mampu menghilangkan kotoran saja. Padahal tujuan utama mencuci tangan adalah melenyapkan kuman penyakit. Sebaiknya pilih sabun berbentuk cair karena lebih praktis dan aman.

Kesalahan dalam Mencuci Tangan

Pemakaian mesin pengering juga dirasa kurang efektif karena tidak mampu mengeringkan secara maksimal. Jika Anda menggunakan mesin tersebut, posisikan tangan tepat dibawah mesin. Kemudian tunggu sekitar 45 detik supaya tangan benar-benar kering.

Kesalahan yang juga sering dilakukan setelah mencuci tangan adalah menyentuh barang lagi. Hal ini tentu dapat menyebabkan tangan terkontaminasi. Gunakan tissu atau jenis pelindung lainnya jika Anda ingin memegang barang usai mencuci tangan.Cara mencuci tangan yang baik dan benar harus diaplikasikan oleh semua anggota keluarga baik anak-anak maupun orang tua. Penyebaran kuman penyakit melalui tangan tidak dapat terdeteksi dengan kasat mata. Sebab itulah Anda harus waspada dengan rajin mencuci tangan

Ayo Berbagi Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *